PP (premier post): Catatan pasien dokter gigi bag. 1

Terlahir sebagai orang yang mempunyai gigi “yg mendekat merapat, yg merapat lebih merapat lagi!” wkqkqk :D memustuskan saya untuk memasang kawat gigi/behel.

sebelum bercerita lebih jauh ada baik-nya kita mengingat-ingat lagi apa itu dan apa ini :)

“Orthodontik identik dengan perawatan kawat gigi/ behel.. Diluar perawatan ini populer dengan sebutan braces. Saat ini penggunaan behel tidak saja dikarenakan terdapat masalah pada gigi pasien akan tetapi banyak juga yang menggunakannya semata2 untuk ikut trend (krn giginya sebenarnya sudah ok)
Masalah-masalah gigi yang sebaiknya melakukan perawatan antara lain:
prostusif (maju), crowded (bertumpuk)– author onomenulis termasuk dalam kasus ini, tidak bisa mengatup dengan sempurna dan lain-lain.

Keuntungan menggunakan behel:
- gigi rapi sehingga paras menjadi lebih enak dilihat
- gigi rapi bisa menghindari tidak terjangkau sela2 gigi pada saat menyikat gigi, gigi lebih bersih
- dapat merubah rahang yang asimetris akibat kecelakaan

Lama perawatan:

Lama perawatan tergantung ringan atau berat kasus sekitar 1-2 tahun. Dengan catatan pasien rajin melakukan kunjungan 3 minggu – 4 minggu sekali .
umumnya pada saat perawatan gigi dicabut 2-4 karena dibutuhkan ruangan untuk menggerakkan gigi (kL0 kasusnya spt saya gituuu)

setelah bertanya sana sini, rekomendasi kakakku, informasi teman, dan searching di komunitras netter se dunia asli Indonesia kaskus akhirnya jatuhlah pilihan ke klinik yang kata teman-teman saya worth it sama duit yang kita keluarkan. berlokasi jalan sumpah pemuda J-8 Kampus palembang yang bernama imaya dental clinic. di kinik ini ada dua dokter gigi yang bro/sis bisa pilih seputaran kampus palembang.

ada situsnya juga lho >>>klik disini<<<

tempatnya nyaman, dan perawatnya ramah-ramah, lucu, cantik, dan akrab dengan pasien, apalagi dokternya lho ayu tenan! yup mereka adl Drg. Ima aziz chakra dan Drg. Hannie Anastasia tidak salah jika memilih dokter gigi ini wkqkqk. konsep tempat prakteknya pun didesain moderen minimalis sehingga kesan dokter gigi itu menyeramkan sirna seketika (aku sihh gak, yg takut anak-anak dibawah 10 tahun kali…:evil:)

setelah berdiskusi dengan dokter nya pilihanku jatuh ke kawat metal, tak perlu lama dalam tempo dua hari kawat pun menghuni rongga mulutku, lihat gbr:

ngeri pas melihat pertama kali gigiku,acak-acakan behelya naik-turun majuuu mundur wkqkqk….

semoga dalam 2 tahun ke depan aku bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. amin…

CAT:

mulai dari sekarang aku akan memposting pengalaman perawatan gigi ku untuk shortcutnya bisa teman2 lihat link catatan warna dibawah…, jgn pindah ke lain hati tetap pantengin onomenulis or kalo si rambut pirang bilang… keep in touch ya! di blog ku. ;)

“It was not easy for me to imagine when I became an orthodontist. The patience is required to treat dental patients. Good communication must also be built to make patients feel comfort. Thus, the result of dental treatment can be optimized.

It was is difficult for me to imagine when I became an orthodontist whose patients who wants to know what happened during the treatment process.” (hal yg terbayang dalam benak saya jika berada di posisi seorang dokter gigi)

karena ketika search di google banyak nyasar ke sini… :mrgreen: saya kasih link kategori IDC disini: (KLIK)



About these ads

86 thoughts on “PP (premier post): Catatan pasien dokter gigi bag. 1

  1. mas saya juga tinggal di palembang,
    kalo di imaya dental clinic harga untuk braket metal, keramik, dan kristal safir itu berapaan? bisa tolong jelasin ke aku, soalnya pas aku nge-klik situs nya dalam kondisi maintenance, tengkyuuu.

    • kalo penjelasannya dokter ima waktu itu klo gak salah:

      1. braket metal Rp. 5,5M
      2. Keramik Rp. 7,5M
      3. Kristal safir Rp. 12M

      itu diluar perawatan pra pemasangan, kalo aku meliputi:

      konsultasi Rp. 3K
      Pembersihan Karang Rp. 200K or 300 K yg mana bener lupa aku…

      jadi tergantung kondisi gigi saudara, kalo parah… semisal berlobang harus ditampal dulu or banyak karangnya harus dibersihkan bertahap (klo bener2 akut):). bahkan temen saya yg masang behel di dokter yg sama bisa sampe 1 bulan perawatan pra pemasangannya lho:(
      klo saya cuma 1 hari, hahahaha.
      klo ada pertanyaan lain tanya aj kesini sebisa mungkin aku jawab, keep in touch!

  2. Wah bener… Imaya dental clinic bener2 recomended deh..
    Gue sama temen2 gue semua pada pasang disana..
    Very profesional.. Friendly..dan dokternya sangat komunikatif..
    Tapi jangan lupa reservasi dulu ya (important tips).. Pasiennya asli.. Rame bo..
    Tapi loe akan di kasih jadwal yg fix buat loe.. Jadi ga bakal nunggu lama..
    Ok sekian dulu komentar dari irene..:)

    • iya betul sekali dokternya profesional dengan harga terjangkau. jarang bisa ketemu dokter seperti ini, dan saya termasuk orang yang cukup beruntung menjadi salah satu pasiennya ;)

      ok deh irine thanks udah mampir, keep in touch…

    • kalo mau pasang kawat ya treatment dulu mbak… dibersihin karang2 giginya or klo dunia kedokteran bilang scalling. trus klo ad yg lobang di benerin dulu. kalo di bleaching or whitening sih saya pikir ngak karena itu kan beda perawatan (kecuali klo mbak memang minta sama dokternya ntar dikasih) harganya juga mahal diatas Rp400k
      lokasi dimana mas? palembang kah? kok pake nama maya… hampir kupikir anda adalah ledis eh ternyata jentelmen wkqkq

  3. Ehh,, saia cewk loo,, cma keslhan tehnis saja ituu,, hi2,, :D
    Rncana nya mggu ni mo psang sama drg.Ima,, :)
    Aq d muara enim,, tau kan??

    • HAHAHA… ok deh mbak, aku sempat bingung soalne ketika di search yang muncul malah nama cowok (email mbak) :mrgreen:
      jauh sekali di muara enim? 8O apakah tidak menyulitkan dalam hal kontrol behel?

  4. aq kuliah kmrin d plg, jdi uda trbiasa aja bolakbalik plg-muaraenim,, :)
    D muara enim juga ga ada drg. Yg sp.ortho,,
    Ckckckkk,, :(

    Rncana jumat ini mau perwatan, trs sbtu na lgsg pasang,, tpiy kok, gi2 aq ga d ronsen ych sma drg. Ima? Atw emng trgntng dr gi2nya,,?

    (humm,, jdi knsull nii,, hahaa,, :D )

    • HMmm IMHO ya mbak…
      sebelumnya saya jelaskan dulu rontgen pra pemasangan itu ada 2 yaitu chepalometrik dan panoramik, begini deskripsi singkatnya:
      Menurut Saya, dua2nya penting, baik cephalometri dan panoramik; cephalometri untuk menganalisa keadaan rahang terhadap tengkorak, inklinasi gigi depan terhadap tengkorak, arah pertumbuhan rahang bawah dan faktor2 skeletal lainnya. Cephalo juga berguna untuk memprediksi perlu tidaknya retainer sehubungan dengan pengaruh dari faktor2 skeletal. Kalau ada faktor skeletal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rahang, selesai perawatan disarankan untuk memakai retainer untuk mempertahankan susunan gigi yang sudah bagus, supaya tidak kembali berantakan/relaps.
      Kalau foto panoramik itu untuk melihat keadaan rongga mulut dan sekitarnya secara keseluruhan..ada atau tidak lesi, bagaimana keadaan tulang, posisi dan ada/tidaknya benih gigi.

      mengenai perlu tidaknya rontgen itu saya rasa dikembalikan lagi sama bu dokter ima… dia kan lebih berpengalaman dan sering ikutan seminar sampe ke luar negeri baru2 ini aj aku dengar dari perawatnya lagi pergi ke korea selatan :mrgreen:
      saya aj gak dirontgen nya, bahkan bulan depat mo nyabut 4 gigi bertahap pun tetap gak dirontgen :)

      kalo masih penasaran ya silahkan aj di tanya ama bu dokter, pasti dia akan memberikan alasan yang tepat, ok sekian dulu ya mbak :)

  5. Waaah….saya baru 3 hr pasang,,gigi saya bag atas ancur bangeet ada bbrp yg ilang akibat accident wktu kecil,,tp stelah psg behel saya dsuruh rontgen wat mastiin ga ada gigi yg trtinggal ddlmny….dr.Ima TOP bangeeet deh pokokny,,gw djelasin ampe detail bgt,,pokokny smw lengkaaaap…..solusi trpercaya…..

    • wahhh parah ya bro. itu yang patah IMHO biasanya disuruh implant gigi, alias tanam brooo….
      baru2 ini dokter Ima dan dokter hannie (satu praktek tempatnya) belajar ke korsel buat beginian (cari aj fotonya d fesbuk mereka) dokter gaul dan trend follower mereka hehehehe….

      tapi asli banget bro bisa liat postingan saya dari gigi yg awalnya morat-marit jadi rapiii hanya dalam waktu lima bulan. silahkan di explore…

      terima kasih sudah berkunjung dan keep in touch yaa…

    • terima kasih sudah berkomentar bintang…

      ya gigi saya dicabut 4 buah, bisa dilihat di postingan berseri sebelumnya… klik older post atau scroll ke bawah saja untuk melihat postingan lama. ok!

      kalo dicabut yaa gitu deh, sama seperti dokter kebanyakan bilang “gak sakit kok…” :mrgreen:
      tenang aj dokternya profesional kok, sekarang peralatan dan obat bius dokter udah maju benar,, kekhawatiran bintang bisa ditepis jauh-jauh. saya saja dicabut 4 buah, kenapa anda harus takut? :)

  6. duh sdih bnget ya allah ak pngen msng behel tpi blum juga smoga ad yg mw bntuin ak biar ak bsa cpet-cpet msng behel xxx???amin-amin ya rorbal alamin

  7. Maaf, saya mau tanya,
    saya pasang di dokter gigi sp.orth di bandung, sdh jalan 10 bulan, dan pindah ke palembang.
    Berapa biaya yang akan saya keluarkan apabila saya pindah ke drg.ima ?
    Baik dari biaya pindah dan kontrol (ganti karet & kawat niti).
    Saya bawa surat rekomendasi dokter dari bandung, rontgen chepalometrik dan panoramik serta cetakan gigi sblm perawatan.
    Mohon bantuannya untuk memberikan informasi..
    Ditunggu.
    TQ

    • terimakasih sudah berkomentar…

      sari sebenarnya saya hanya berbagi informasi yang sederhana saja kepada pasien orthodontie lainnya…:idea: hal yang sari tanyakan sudah bersifat spesifik kebijakan dokter dan saya tidak bisa menjawabnya. saya sarankan sari menghubungi asisstant dokter ima resepsionist klinik di telp 0711 315078/357233 dan buatlah appointment sama dokter nya untuk mendiskusikan kepindahan dokter tsb.
      ini merupakan sugesti saja, jika mbak sari punya dokter lain silahkan saja.
      sepanjang saya kontrol behel dgn dokter ima ganti karet/ligature chain, ganti archwire (kawat), tambah double hook, pasang coil spring tidak ada penambahan biaya! hanya dikenakan 100rb per kontrol ini sudah termasuk alat2 nya, murah bukan? kecuali sis pengen pasang ligature motif spt bunga/bintang/rumput laut dll. kena charge 20rb. itu saja dan lepas braket 50rb. 8O

      dokter ini salah satu dokter yang reputasinya sudah diperhitungkan di palembang, dengan tempat praktek yang sangat nyaman sekali 8) ! coba deh main-main ke tempat prakteknya :arrow: jalan sumpah pemuda J8 palembang (dpn momea futsal)

  8. wew.. pengen pasang juga..
    tapi masih dilarang sama mama..
    soalnya gigiku ngga terlalu ancur.. rapi, tp agak sedikit menonjol yg atas..
    kalo yg bawah, yg bermasalah cuma satu yang agak ‘nyeleneh’.. :D

    gimana ya cara ngeyakinin mama biar diijinin? :(

    • waaahhh klo masalah naklukin orang tua kamu ya pinter2 kamu lah sis.

      simple dari ono ya begini:

      1. cari waktu paling tepat yaitu waktu diman ortu kamu sedang lagi PEWE (posisi enak) dan tidak ada beben pikiran. contoh: waktu pagi hari minggu yg santai, sarapan pagi atau ketika jalan2 makan di luar. dan katakan ini kpd ortu cowok or cewek (yg mana yg paling royal kasi uang ke kamu).

      2. jgn membuat ortu kamu merasa tertekan, santaiiii saja. butuh anggaran yg gak sedikit buat kedepannya. jd wajar kalo ortu kamu pikir2 dulu

      3. klo belum dikabulin mungkin ortu kamu berpikir ada hal lain yg lebih utama, spt pendidikan kamu dll. jd sabar saja ya… mungkin masuk waiting list dulu :)

  9. lagi searching info perawatan gigi di palembang dapat ketemu situs ini.. jadi tertarik mo nanya jg ah… ada ga ya behel yang transfarans yang bikin ga kelihatan banget kl lg pake behel? kira kira berapa ya biayanya? terus, aku baca di situs jg ada dokter gigi di Jakarta, namanya dokter Linus, banyak testimoni yang bilang kl masang behel sm dokter Linus ga sakit.. nah kl sm dokter Ima sakit ga? kalopun sakit brp lama? sariawan jg ga? lama ga sariawannya? thanks sharing infonya yaa…

    • wah wah… yang bilang masang behel itu sakit siapa ya? TIDAK SAKIT SAMA SEKALI yang ada malah mulut yg pegal mbakk coz harus pasang pembuka rahang selama 1 jam lebih,
      kalo pasang behel yg mbak maksud ada dua macam, pertama behel yg ceramic (8 jt an dan tidak termasuk biaya pra pasang) warna braket behel behel ini putih susu, kalo orang ngeliat nya dari jarak 1 meter pasti kelihatan (lebih dari itu tidak mungkin), yg ada hanya archwirenya saja yg terlihat dari jauh.
      kedua, behel dari jenis kristal safir (12 jt an :shock: dan tidak termasuk biaya pra pasang) kenapa yg ini paling mahal? :arrow: alat untuk masangnya spesial dan gak semua dokter gigi bisa, klo dokter Ima pasti bisa… selain itu perawatannya terbilang hemat karena hanya perlu kontrol behel 4 bulanan sekali (CMIIW) jenis kristal safir bisa mbak liat contohnya di artis JENG KELIN (dia pake behel ini… gak kelihatan kan? itu karena kristal safir tergolong batu mulia yg beningggg sekali dan memantulkan sinar… wajar klo dipake sbg kaca di jam2 mahal swisss).

      NO PAIN, NO GAIN 8) yg namanya sariawan itu pasti lah… apalagi klo ada gigi yg di ekstraksi (cabut) karena pergeseran gigi, untuk penyesuawan awal pemasangan sariawan lumayan mbak (klo saya 2 mingguan) dan bisa diatasi dgn obat kumur dan analgesik dari dokter. “mungkin maksud mbak adalah ketika gigi bergeser sakkiiittt” yaaa wajar itu kata saya, karena gak ada satupun orthodonti treatment bikin gigi kita gak sakit, dan sakit itu tidak selamanya cuma sementara kok, anak smp aj berani, kok kita takut? ;)

      nahhh itu saja pendapat saya, semoga berguna :mrgreen:

  10. untuk adik ini…wah penjelasannya lengkap sekali ya..udah kaya dokter gigi..kapasitas adik ini apa ya? sepengalaman saya,untuk mahasiswa koas kedok.gigi sj pengetahuannya ga mungkin sedalam ini apalagi orang yg awam. Di media seperti ini anda tidak diperkenankan lho promosi tempat praktek dokter gigi. Kalo pengetahuan anda sj tentang bracket sudah sejauh ini, harusnya anda juga tau bahwa ada undang-undang ttg praktek kedokteran no 29 th 1992 kan?

    Regards,

    teman sejawat

    • maaf sebelumnya saya berbicara dgn siapa? mas/mbak? anda tidak memperkenalkan diri terlebih dahulu, itu dinilai kurang sopan.

      CMIIW ya… jika saya terlalu berlebihan dalam mengulas laporan orthodontie saya, tolong drskripsikan bagian mana yang salah dan melangkar kode etik agar dilain waktu tidak terulang lagi?

      mengenai UU yang anda maksud segera saya sudah membacanya… dicari lewat paman google

      “Praktek kedokteran adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh dokter dan dokter gigi terhadap pasien dalam melaksanakan upaya kesehatan;

      kutipannya:
      “Dokter dan dokter gigi adalah dokter , dokter spesialis dokter gigi, dan dokter spesialis lulusan pendidikan kedokteran atau kedokteran baik di dalam maupun luar negeri yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan… dst”

      itu UU bukan tahun 1992 tapi tahun 2004 udah direvisi sama presiden kita pak SBY.
      ———–
      baru saja saya sudah mengedit postingan saya, silahkan di cek.

  11. Dear Ono,
    Alhamdulillah sudah mendapatkan perawatan yang memuaskan dari drg di Indonesia. Saya sebagai bagian rakyat Indonesia dan “orang medis” merasa bahagia sekali dan berterimakasih dengan pendapat terus terang dari saksi seperti Ono.

    Karena pada kenyataannya :
    1. Dr/drg Indonesia kurang “dianggap kemampuannya oleh pasien lokal dan non lokal. Buktinya : tercatat, pasien Indonesia yang berobat negara tetangga sekitar hampir 2 juta kasus/tahun. Dan sebenarnya utnuk kasus yang seharusnya mampu kita tangani.

    Kenapa demikian ? karena engga ada yang tau lhoh bahwa dr/drg Indonesia itu sebenarnya mampu…..!!!
    Kok bisa ??? dr/drg tidak layak/boleh berpromosi.

    2. Kesempatan dr/drg Indonesia sangat kurang dalam mengembangkan diri didunia riset…. padahal mereka punya segudang ide dan kiat buat menangani kondisi minimal…. biasa khan orang Indo terkenal kreatif…… …
    Kenapa ? mungkin karena ngga ada sponsor yah…. (hehehehhe …. beuraaattt…!!)

    3. Dalam forum international, sangat sedikit kesempatan dr/drg Indonesia bersuara, itupun kalau datang dan kalau diundang,…. biasanya lebih banyak ngga dateng atau ngga diundangnya kali…??) Kenapa….?(coba tanyakan pada yang bergoyang diatas tanah….. )

    Memandang dari gambaran diatas, kami orang medis mohon doa saja agar dunia kedokteran kita, umum dan gigi, tidak lagi tertinggal dari negara lain, dikenal dan diketahui kemampuannya (karena memang mampu!!)

    Sekalilagi… terimakasih Ono atas tulisannya…..

    Salam,
    Za Radityo

    • wahhh wahh tengkiuuu responnya mas tante za radityo, bukan negara Indonesia tercinta klo birokrasinya ribet bin sulit.
      bahkan inverstor negara arab yg dikenal dengan “dana tidak terbatas nya” pun kerap geleng-geleng kepala ketika berniat invest di bumi pertiwi.

      inilah sebenarnya yang harus dikoreksi di Indonesia… saya SANGAT-SANGAT MIRIS MELIHAT NYA!
      Di Indonesia sampai saat ini promosi rumah sakit masih dianggap hal yang tabu, karena kata “promosi” berkonotasi membujuk serta mengarahkan seseorang agar mengunjungi rumah sakit/klinik tertentu. Padahal, promosi jika disampaikan dengan jujur dan mendidik, akan bermakna positif. Promosi merupakan salah satu wadah yang efektif untuk menginformasikan adanya layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. setuju?

      Ketika rumah sakit di Indonesia masih ragu dan takut berpromosi, rumah sakit di negara lain justru gencar menjadikan Indonesia sebagai ajang promosi. Mereka bukan hanya memasang iklianiklan, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan kehumasan (public relations) untuk menarik masyarakat Indonesia agar mau menjadi konsumen mereka. bagaimana dengan layanan kesehatan Indonesia? anda pasti tahu jawabannya…
      Tak heran, arus berobat ke luar negeri semakin tinggi. Berubahnya nilai-nilai secara global dan masuknya Indonesia ke dalam persaingan pasar bebas, mengharuskan kita mengubah paradigma tentang rumah sakit. Perlu dipahami, rumah sakit/klinik atau sarana kesehatan tidak bisa lagi dipandang hanya sebagai institusi sosial belaka, melainkan sudah menjadi institusi yang bersifat sosio-ekonomis. :cool:

      kalau saja ada undang-undang yang berkata begini bertuliskan:
      “dokter di Indonesia boleh mempromosikan dirinya dengan syarat: Promosi harus jujur, bertanggung jawab, dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, promosi tidak boleh saling menjatuhkan reputasi dokter satu sama lain, Promosi tidak boleh menyinggung perasaan dan merendahkan martabat negara, agama, tata susila, adat, budaya, suku dan golongan. Promosi harus dijiwai dengan rasa persaingan yang sehat.”

      tentunya semua dokter-dokter di Indonesia akan tersenyum lebar! :mrgreen:

      sekian dulu… salam dari onomenulis!

    • ah pasti yang nulis ini seseorang dibalik layar… wakakak.. kongsian gitu lohh..

      cm komen numpang lewat aja nih y…
      mana ada orang mau benerin behel sampe keluar negri,, wakakka ngaco, masa konsulnya harus ke luar negri… kalo operasi2 gitu yang berhubungan dengan organ tubuh bagian dalem mah baru nalar tuh argumen,, tapi ini cuma masang behel sampe keluar negri,,, sedangkan perawatan behel itu menahun… ah lawak lah,,, XD

      intinya pasang behel itu ke drg yang berkompeten, terutama yg Sp.Ortho.. gag ada argumen pasang behel di luar negri dikarenakan masalah lokal dan non lokal,,, ngaco banget tuh,,, wakakak,,, yang bener donk kasih argumen…. XDD

      • waaa…. DILARANG FLAMMING DI BLOG SAYA!
        kamu yang pake ID dan email PALSU… sepertinya anda tidak mengerti maksud za radityo adalah kasus dari TOTAL ORANG YANG INDONESIA YANG BEROBAT KE LUAR NEGERI dan BUKAN HANYA KASUS DOKTER GIGI(kasusnya macam2 mas, kayak: sakit perut, diare, mata merah hehehe…. bukanlah! maksudnya ya itu seperti penyakit penyumbatan pembuluh darah di jantung, melahirkan, lasik surgery dll. yang sebenarnya bisa ditanganin dokter lokal… jadi bukan cuma benerin behel mas. pahami dulu apa yang dikatakan orang baru berkomentar, ntar salah kaprah! kayak kamu.

        kongsian? gak lah yaw… sembilan bulan saya nulis diari perawatan gigi saya dokter saya tidak tahu-menahu! baru sekitar 3 minggu yang lalu dokter saya tau dan dia pun terkejut kok bisa yaaa saya nulis artikel beginian, hebat banget kamu….saya yang malu… hehehehe ;)

        saya tidak menyarankan anda ke dokter gigi langganan saya, jika anda bertanya siapa dokter gigi saya ya… saya kasih tau. kalo gak ya sudah… gak maksa kok. tulisan saya kan cuma pendapat pribadi saya, sekali lagi bukan kongsian cing! :evil:

  12. mas.. Saya noya, tgl d plmbg jg.. Mau tanya kr2 untk bhel gi2 atas aja brapa ya mas di imaya itu ? Pgn rapiin gi2 atas saya..mahal gk mas ? Soal’a sy anak rntauan, minta duit buat behel sush amt sm ortu
    thanx b4 :)

    • mau yang mana behel nya bro sis noya? banyak jenis…

      ada damon bracket system (sistem cekat) tanpa ligature… sehingga penekanan pada gigi bisa diminimalisir pake ini gigi gak sesakit behel konvesional biasa (spt yg saya pake);
      ada juga braket metal (spt yg saya pake), braket keramik (dari segi estetika bolehlah… tapi sama saja dgn metal. (braketnya warna putih susu) dan kristal safir.

      klo kamu lihat postingan dan komentar diatas kamu pasti menemukan jawaban dari pertanyaan kamu. cek saja :)

      salam dari ono

  13. makasi mas udh d tggpi.
    O ya, saya cwe mas bkn cwo :D

    saya gk ngerti mslh behel mas, tp sy pgn’a yg biasa aja, yg pnekn’a kuat, biar cpt rata gi2 klnci saya :)

    pgn’a siy kyk org2 kbykn yg bwrna itu loh, sy pgn’a wrna biru mas.. Ada tman saya blg pmsgn behel gi2 atas sktr 2 juta.. Di imaya sgitu jg gk ya ? Soal’a sy trtrk liat pkmbgn prwtn’a mas, kyk’a hsl’a memuaskn mas :)

    • yang warna itu karetnya sis… (ligaturenya), warnanya macam2 tergantung stock di kliniknya…
      wahhh gigi kelinci TONGGOS DONG wkqkqkqk :mrgreen: hummmm…. 2 juta? wahh gak dapet deh kayaknya sis, mungkin sekitar 3 jutaan kali ya… tergantung kliniknya juga sihh. hak dokternya ngasi pasaran pasang berapa, walaupun UU yang mengatur tentang praktek dokter bilang harga jasa seorang dokter haruslah wajar ada juga dokter yang harganya aneh2 hehehe…

      saran saya kamu observasi lapangan aj dulu… pergi deh ke dokter gigi secara acak, kamu tanya2 aj dulu ke front officernya, jgn langsung ke dokternya ntar malah bayar konsultasi lagi 8)
      kalo menurut anda apa yang saya tulis ini mencerminkan bahwa saya puas dengan servis dokter saya, YAK! betul…! 100 buat anda. klo pengen seperti saya main-main deh ke jalan sumpah pemuda J8 depan momea futsal/markas radio momea FM
      ingat ya carilah dokter ya komunikatif, ruang tunggunya nyaman, harga nya wajar, menurut anda sendiri dan satu lagi kamu merasa “klik” dengan dokter bersangkutan. hal ini perlu karena kamu bakalan punya puluhan appointments sama si dokter, jadi telitilah sebelum eksekusi!

  14. Hi.. Ternyata masih ada orang yg berpikiran sangaaat sempit (si Temon..hihihi).. Jelas2 yang ditulis saudara ono mengenai lokal dan non lokal adalah dalam hal kualitas dan mutu pelayanan yang diberikan.. Kenapa orang pergi keluar negri…??? Karena gengsi kah..?? Lebih duit kali ya…?? Wah kalau kita berpikiran seperti ini lagi2 kita berpikiran sempit.. Tentu saja mereka yang keluar negri mencari mutu dan kualitas pelayanan yang baik.. Untuk itu seharusnya dokter2 di indonesia agar terus berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan mereka dan buktikan kepada dunia… Tapi dengan tindakan nyata dooong.. Bukan omong doang..hehe ntar apa kata dunia…hahaha.. Tentunya hal ini berlaku di seluruh bidang kedokteran seperti yang dijelaskan saudara ono.. Saya sih berharap anda bukan seorang dokter karna kasian deh dunia kedokteran indonesia kalau punya dokter yang berpikiran seperti anda.. Coba anda pikir lagi komentar anda.. Apakah mentang2 pasien ortho ribet kalo keluar negri so dokter indonesia ga perlu meningkatkan kualitas ??? Ciaaan dong pasiennya… :(, dalam hal bagaimana memilih dokter yang baik juga ga sesempit yang anda utarakan.. Kenapa ada dokter pasiennya sepi tapi ada dokter yg pasiennya rame.. Yah jawabannya ya karena yg satu tidak bagus dan yang satu bagus…hihihi.. intinya kita harus mencari dokter yang baik berdasarkan kualitas dan hasil pelayanan yang diberikan..dan apa yang dilakukan saudara ono dengan membuat blog ini tentunya sangat membantu kita kita dalam memilih jasa dokter supaya ngga kecewa..asalkan jujur dan tanpa rekayasa..

    Sukses buat mas ono untuk blognya..:)

    • halo pak dokter… hahaha.
      tengkyu supportnya. :)

      buktikan bahwa pelayanan dokter kita sanggup menyaingi mereka baik dalam mutu profesional, empati maupun kemampuan berkomunikasi dengan pasien. Dan buktikan bahwa dokter di Indonesia BISA secara sungguh-sungguh (sincere) peduli (concern) terhadap patient safety dan patient satisfaction. Bangkitlah dokter Indonesia dengan cara yang benar Dan benar-benar demi kepentingan pasien di Indonesia.

  15. Mas, sy tinggal jauh dr palembang (sekitar 5 jam), sy jg kerja jd otomatis ada waktu cm sabtu minggu doank, sy dah pake behel… uda 2 taun tp sy kurang puas dg hasilnya, sy pengen pindah ke dr Ima… kira2 kalo sabtu buka jam brapa ya? trus kalo kontrol bisa sebulan sekali ga? soalnya drg disini nyaranin 2 minggu skali, tp repot bgt kalo 2 minggu sekali… mohon infonya ya..

    • pindahan dokter ya sis??? hummm….
      coba diskusikan dulu sama dokter anda knp toh dok gigi saya ini begini… begitu… dan minta penjelasannya dgn rinci, anda sebagai pasien berhak tau lho, kan seharusnya yang terjadi tidak ada yang boleh ditutup-tutupi mengenai kondisi anda. :neutral:
      klo masih tdk puas dgn hasilnya mintalah surat rekomendasi untuk kepindahan anda (wajib) dak boleh langsung kabur ya :mrgreen: ntar dokternya bingung “nih pasien saya kemana lagi….”, bawa juga cetakan gigi anda (gipstone, CMIIW) supaya dokter anda selanjutnya tau progress anda.

      saya sendiri gak bisa menjawabnya mbak… pengalaman pribadi: kontrol saya sebulan sekali (4 minggu), pernah juga 3 minggu sekali (pas pake wing/pin). jadi tergantung dokternya juga mbak, mereka lebih ahli karena udah S1 kedokteran dan tau mana yang terbaik untuk gigi kita.

      jam kerja klinik:
      senin-jum’at: 09.00-12.00 trus nyambung lagi di 16.00-20.00 atau sampe tepar…. (asli boook rame bgt) hahahahha :mrgreen:
      sabtu: 09.00-12.00 truss sorenya dari 13.00-16.00 (off sampe jam 4 sore gak lebih).
      coba mbak call ke staff IDC di 0711-315078/357233 (dgn sdri Ema)

      hmmm anda masih dekat kok cuma 5 jam,,, ada pasien (kenal juga lewat blog ini) “maya” bolak balik dari muara enim cuma buat giginya ke IDC. hehehehhe :roll:

    • sebelumnya saya ucapkan: terima kasih sudah mampir di blog saya…
      keknya kamu comment double post deh bro… hehehehe.

      coba-coba dijawab ya bro.
      Pemakaian kawat gigi/pesawat orthodonti sudah bisa dimulai sejak masa gigi bercampur/masa pergantian gigi, sekitar usia 8 tahun OK, jadi gigi serinya sudah tumbuh semua sehingga analisa model lebih mudah dilakukan. Kalau paling tua, sebenarnya tidak bisa diberi batasan pasti juga, karena di jurnal ilmiah (di luar negeri) pernah memakai subjek usia 58 tahun, researchnya mengenai pemakaian implan sebagai penjangkar kawat gigi. hasilnya keren banget, udah kakek2, sisa giginya tinggal yang depan, jadi gigi belakang dipasang implan sebagai tempat penjangkar (seperti cincin yang dipasang di gigi geraham). setelah gigi depannya terkoreksi/rapi, baru mahkota implannya dipasang. Hasilnya KEREN.

      Hanya saja, seperti yang saya tulis di pembuka trit, pada usia di atas 40 tahun, proses pembentukan tulang lebih lambat dibandingkan proses penghancuran, jadi lebih banyak penghancuran daripada pembentukan kembali. yang ada nantinya malah jadi kacau, karena kalau tidak seimbang bisa jadi perubahan profil/penampakan wajah. Jadi perlu dipertimbangkan lagi baik buruknya. sejauh yang ada sih memang masih relatif aman2 saja, namun tentu masih ada resiko yang perlu dipertimbangkan seperti yang saya sebutkan di atas.

      Detailnya panjang nih kalau mau diketik semua..coba deh bro Aaron googling dengan keyword: remodelling-resorpsi-aposisi-orthodonti appliances mechanism.

  16. 2 gigi seri atas saya yang paling depan, punya ukuran yang agak besar, jadinya posisnya agak maju….

    klo keadaanya seperti itu, apa bisa dipasang behel?
    trus gimana prosesnya?
    apakah gigi yg kegedean itu dipotong dulu atau dipaksa masuk sehingga gigi2 yg lain2 tergeser semua atau gmn?

    mohon pencerahannya gan…

    • hmmm… kasus anda sih masih ringan. coba lihat deh gigi saya (scroll up ke atas dan TARAAAA,,,,,,, menyeramkan bukan? heheheheheh :mrgreen:
      coba dijawab ya:

      Jawabannya: bisa banget. :roll:
      prosesnya: tergantung tingkat keparahan gigi kamu… saya gak bisa jelasin ini lebih lanjut, silahkan temui yg ahli dibidangnya (dokter langgananmu) :)
      rencana perawatan: dianalisa dulu sama drg Sp.Ort nya dari duplikat rongga mulut (model) dan foto rontgennya, berapa kekurangan ruangnya, dengan membandingkan ruang rahang yang tersedia dengan ukuran gigi yang ada.

      kalau kekurangan ruangnya cuma sedikit bisa dengan mengasah sedikit permukaan gigi (slicing), baru susunan giginya diatur sesuai kaidah oklusi ideal (ono baru saja mengalaminya, coba liat postingan ke-11) buka kategori blog di imaya dental clinic pada menu blog saya… jika anda mengakses lewat komputer/laptop)

      kalau kekurangan ruang di atas 4 mm bisa dengan ekspansi rahang (rahangnya dipacu supaya tumbuh meluas agar diperoleh ruang kosong) atau dengan pencabutan gigi geraham kecil (di belakang gigi taring, sebelah kiri dan kanan–sama seperti saya klo kasus yg ini), setelah diperoleh ruangan yang cukup untuk tempat giginya berbaris rapi sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan sebelumnya, baru gigi geliginya diatur sesuai dengan kaidah oklusi gigi yang ideal. semoga membantu dan dapat dipahami.

    • Kalau bicara tipe, pesawat orthodonti cuma ada dua tipe, lepasan dan fix. lepasan yang bisa dibuka sendiri oleh pasien klo gak salah namanya itu… INVISALIGN (CMIIW)

      dan tipe fix yang harus dipasang dan dilepas oleh drg dan tidak bisa oleh pasien sendiri jenis ini seperti yg saya pake (metal), ceramics, safir, damon system (advanced punya! lebih singkat masa perawatan dengan sakit yg lebih sedikit namun harga mahal!) :)

      Kalau merek klamer/kawat yang digunakan, karet warna-warni dsb, semua punya kelebihan dan kekurangan masing2, yang perlu lebih difokuskan bukan mereknya melainkan: kasusnya apa? tujuan perawatan ini untuk apa? bagaimana prosedur yang harus dilakukan? hasil yang diharapkan sejauh mana? maintenance pasca perawatan ,perlu retainer/tidak.
      kenapa harus pilih yang 20 juta kalau yang 7 juta bisa menghasilkan efek perawatan yang sama sesuai dengan yang diharapkan (dengan asumsi dokter yang merawat kompetensinya sama walau beda tarif, atau 1 dokter menawarkan bermacam merek kawat gigi). pernah dengar sih dari salah satu pengasuh thread, katanya krisdayanti pakai kawat gigi seharga puluhan juta. tapi coba perhatikan efeknya, apa ada perubahan yang signifikan? perasaan begitu2 aja deh..Kalau cuma untuk ikut tren, untuk apa sih..mendingan uangnya dipakai untuk meningkatkan knowledge, skill dan kepribadian yang lebih baik…
      :arrow: gimana bingung ya? konsul aj dulu ke dokter gigi terdekat.
      saya rasa mereka lebih berpengalaman untuk menjelaskannya secara detil lebih daripada yg saya utarakan di blog ini…

  17. ngeri jg wktu bc catatan mas, apalgi smpe ngeliat foto2 perkembangan gigi mas mulai dr awal smpe rapi..
    aq baru 2 hr pasang behel, tp kata dokter gigiku harus di cabut sbnyak 4 buah. wah, wktu dengar, rasanya sperti d sambar petir, soalnya aq takut banggeeeettt yg namanya cabut gigi, apalg smpe gusi dsuntik…
    aq jg kepeikiran, klo seandainya gigiku sdh dcabut, trus pergeseran giginya tdk berhasil, kan gawat.. itu yg membuat sy smakin takut tuk cabut gigi..
    o..ya,gigi dalam sebelah kiriku jg kawatnya keluar sedkit, apa nda brpengaruh tuh..
    mohon infonya,,
    tks

    • NO PAIN NO GAIN… rheeda itu kata awal dokter saya drg. IAC
      pasang behel dimana sis?
      jgn takutlah coz kan sekarang dokter gigi rata-rata udah pro semua dan alat-alatnya dah pada canggih sis. beda banget sama 10 tahun lalu…
      klo kamu dicabut berarti kasus rheeda termasuk kategori crowded berat yg dimana butuh ruang diatas 4 mm buat pergeseran gigi, setau saya (CMIIW) klo kategori crowded biasanya dokter gigi akan mencabut premolar kamu (P1) alias geraham bungsu/kecil… letaknya disetelah taring (kaninus), klo kamu dicabut 4 buah berarti kamu 2 diatas dan 2 dibawah. sama kasusnya seperti saya.

      HMmm maksus sista rheeda kawatnya keluar sedikit apanya? apakah archwire (kawat lurus ditengah braket yg melintang) keluar di braket M2 (geraham terdalam kamu)?? itu namanya “POKEY ARCHWIRE” dan harus dipotong! kunjungi segera dokter gigi kamu… klo kamu biarkan takutnya bikin pipi sebelah dalam kamu atau gusi kamu berdarahh… kena pokey ini. biasanya sihhh gratisss krn dokternya cuma pake tang potong kecil. ok semoga berguna info saya :)

      salam onomenulis.

  18. alamat sy dmakassar (sulawesi-selatan) mas,..
    Iya,kawat yg sy mksud kawat yg mas sebutkn di atas..
    (hehehe, sy g’ tau nama alat2 ortho sich..)

    sy pasangx di dokter gigi,tp stelah pasang bracket, gigi atas dn gigi bawah sy tdk bisa rapat dn tdk bs mngunyah dgn baik,, (maksud sy yg mngunyah cuma gigi geraham atas sebelah kiri, ktemu dgn ujung braket M2 , soalnya braket M2 yg sbelah kiri tdk rapat, dn agak naik sdikit..shingga yg ketemu cm gigi geraham atas dn braket M2 yg bawah)..

    pokok ee, menderita bnget deh klo lg ngunyah..

    • kasus anda sama seperti di awal perawatan saya… biasanya sering lepas braketnya jadi hati-hati klo makan ya…
      4-5 bulan lagi udah normal kok. sampai waktu itu tercapai disarankan jgn makan yg keras2 karena tumpuan braket/gigi atas kamu itu lum sempurna takutnya braket bawah jadi lepas… hati2 sama makanan yg keras, sebaiknya tidak dimakan untuk 6 bulan kedepan.

  19. nyasar hasil blogwalking…keren banget ya hasil perawatannya. Jadinya pakai yang sistem damon bukan ya? (aku sempat baca post2 sesudahnya). Aku baru pasang hari ini, linunya setengah mati…tapi posisi gigiku ga terlalu parah sebetulnya, ada tips buat perawatan ga ya biar ga copot karet/kawatnya…aku coba sikat gigi pake merk “GUM” kok terasa keras banget. lalu gimana cara bersihin pake brush/dental flosh? idealnya berapa kali sehari?

    huhuhu maap ya kebanyakan tanyak :P

    -elga- (ms.)

    • wow… ketemu sama blogger juga, welcome to onomenulis :mrgreen:
      nahhh saya buka pake sistem damon sis sistem damon kan pake cekat/non ligature klo saya masi pake ligature, klo dibaca di link disini saya pake braket metal biasa tapi dengan advanced tech… cekidot deh. klo tips perawatannya siii gak ada yg special. yg harus diperhatikan adalah hindari makanan keras/yang memaksa gigi kita memotong strukrur makanan itu sendiri… contohnya: menggigit apel gak disarankan buat behel user takutnya lepas… ada baiknya dipotong2 terlebih dahulu untuk meringankan perkerjaan si-gigi; menyikat gigi musti pelan2 saja sis… tekanan menyikat yg ideal adalah 30-40 mm atau untuk bahasa alusss nya klo menyikat gak boleh terlalu ditekan ntar sikatnya selip dan nabraaak braketnya kan bisa berabe (patah/ copot dari giginya :( )… untuk tips menyikat gigi khusus behel user bisa sis liat http://wp.me/pSfR6-4j
      klo pake floss biasanya aku pake 4 hari sekali… floss nya aku pake yg udah ada gagangnya jadi gak perlu lagi ribet2 ikat-ikat di tangan… baca aj tulisan terakhir saya ada disitu kok gambarnya. klo faktor2 braket sering lepas (kayak saya) ada hubungannya dengan bad habit coba sista liat link disini
      ehhh aku masukin ke kolom tuker link ya blog mu.
      tenang sis… sebanyak apapun pertanyaan nya aku bantu jawab semampu saya… santai saja :mrgreen: salam onomenulis..

  20. ono… saya mau tanya dong… apa bener pencabutan gigi bagusnya setelah pemasangan behel??

    mana yg maksimal sebelum pasang atau sesudah? ada teman saya yg sebelum pasang udah dicabut… ada yg gak. bingung saya. mohon infonya dan terima kasih

    • jawabannya mirip2 sama pengunjung yg mampir di postingan disini jadi saya copas langsung disini ya:

      Sebelum kamu dipasangkan behel sama dokternya kan harus dianalisa dulu-apakah memang diperlukan tindakan pencabutan atau tidak, jadi belum tentu langsung dicabut. berdasarkan ilmu googgling saya hehehehhe… “pencabutan dilakukan seiring waktu/di tengah perawatan, sehingga kita-kita sebagai pasien tidak perlu mengalami kekurangan fungsi pengunyahan yg terlalu dini karena pencabutan. CMIIW semoga berguna

  21. mau tanya nih…
    gigi saya rasanya sakit sekali kalau sedikit tersentuh atau ada tekanan… kalau mingkem ajah yang atas dan yang bawah giginya kalu bersentuhan agak sakit… (makan nasi aj rasanya seperti gigit batu bata) dan jika ngelap muka pake handuk , kan kena mulut… agak sakit giginya kalu kepegang… gejala yang demikian normalkah saya takut aja kalau kawatnya terkena tekanan sedikit ajah jadi goyah… dan menyebabkan gigi saya terganggu pada masa perawatannya.

    • Hihihi, tenang ja kok, itu hal yg normal selama masa perawatan dan diawasi oleh ahlinya (dalam hal ini yaaa dokter gigimu). hal itulah yg tidak disukai para pasien saat pertama kali pemakaian kawat. Tenang aj, nanti seminggu juga hilang kalo sudah terbiasa. Tapi nanti waktu kontrol, alat orto bakal diaktivir (ditarik lagi) & siap2 nyut2 lg, tapi paling sekitar 2-3hr (4 hari pada awal setelah kontrol merupakan waktu force terkuat si ligature nya)

      Tenang aj, kawat orto dilem dengan bahan sinar jd melekat kuat (gak tau saya nama alatnya tapi yg warnanya merah or biru dan bikin mulutnya sedikit kering kalo kena sinarnya…) & bila seandainya juga lepas, datang saja ke drgnya, bisa ditempel lg…

      silahkan dikunyah-kunyah dulu pendapat saya dan Lekas sembuh.

  22. mas ono…Secara saya jg mo pasang behel, jadi mau tanya sedikit,

    Lagi-lagi soal biaya.. Mau tanya sama kamu, apa biaya pemasangan dipengaruhi tingkat kesulitan/posisi gigi yang semakin sulit, harga pemasangan semakin mahal?

    soalnya ketika sharing sama temen saya ada yg dokter ngasih harga segini dan ada yang ngasih harga sekian… tapi klo melihat harga yg ono posting diatas kek nya termasuk murah lahhh n gimana harga kontrol nya? apakah mahal? tolong newbie nya dipandu ya :)

    • klo masalah biaya setau saya hak seorang dokter mau nentuin harganya berapa. gak bisa di generalisir harga disini kok mahal ehhh di dokter saya kok jatuhnya lebih murah, kontrol disana 2oorb dan di tempat saya cuma “cepek”. hal ini harus disingkirkan jauh2.
      mangkanya saya tekankan sama pengunjung yg mau pasang behel agar observasi dulu kebeberapa dokter gigi dan tanya2 sama temen2 nya yg udah duluan pasang sekalian membandingkan antara service=cost, nya apakah menurut pribadinya “worth it” atau malah yg lainnya. semuanya dikembalikan sama kamu nya.
      anda 30 tahun tentu bisa memasang kawat gigi… knp tidak. teman blogwalking saya wiedie yg dari JKT udah 32 tahun baru pasang behel. untuk bite correction… dan mengatasi crowded ringan di rahang bawahnya jadi emang gak ada patokan pasti untuk masalah umur. cuma yg mesti ditekankan ya pengerusakan sel lebih cepat dan perbaikan sel lebih lambat untuk orang yg berusia 40th keatas. itulah kenapa orang tua klo patah tangan or apalah lebih lambat sembuhnya dibandingkan anak muda… nah kira2 begitulah gambaran umumnya. semoga berguna :mrgreen:

  23. Maaf, saya mau tny dong..
    Kondisi gigi saya yg bagian atas hmpr sm sprt foto diatas. Gigi atas sy bagian dpn sblh kanan itu mundur dan br 3 hari yg lalu sy pakai behel. Yg mau sy tnykan, bth wkt brp lama ya agar gigi saya berubah mnjd rapih??
    Pliiz..infonya. Trimakasih. Gbu

    • tergantung pesawat orthodontie yg dipilih, adaptasi recepient, umur, dan dokter gigi nya :) gak bisa digeneralisir/ disamaratakan karena beda orang beda kasus nya. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi dokter gigi terpercaya di kota anda :mrgreen:

  24. misi , mau nanya nih..
    ada yang minat pakek behel tapi giginya tuu udah bermasalah banget.
    gigi atas bagian depannya tuu keropos alias bolong tapi udah di tampel kok..
    itu kira-kira bisa gak yaa pakek behel trs bahaya gak sih buat tampelannya ?
    trs kalo ada gigi geraham yang bolong ( udah ancur banget sih ) mesti di cabut dulu yaa ?
    heeemm , ini yang penting..
    masalah biaya yang dikeluarin buat pasang behel yg braket metal brp’an yaa ?
    atas bawah brp ? kalo atas aja brp ?

    thank’s before ono :)

    • spesifik banget nih kasusnya… gak saya gak bisa jawabnya, langsung konsultasikan saja ke dokter gigi mai :)
      klo udah ancur banget biasanya dicabut aja… crown (mahkota) nya udah ilang/patah ya… biasanya mesti di operasi kecil untuk mengangkat akar gigi yang tertinggal di dalam, coba konsultasikan ke dokter gigi yang anda percaya, dan anda akan dirujuk ke drg. Sp.BM (bedah mulut)…
      semoga mencerahkan :)

  25. aku di imaya jg loooh ;)
    udah mo jalan 2 tahun pasang disana
    oya, aku baca di komen2 sebelumnya, dokter ima sm dokter hanni pernah ke korsel ya..
    boleh aku tau jejaring mereka ?
    tengkyu masbro :)

    • Widya tks udah mampir… Jejaring social dokter ima adanya cuma fesbuk search aja “ima aziz chakra” klo dokter hannie aq lupa namanya coba aja liat mutual friendnya dok ima n kamu klo sudah berteman… Pasti ada, dok hannie jg ad foursquare.

  26. dibayar berapa kamu bwt pomosi dblog? atau km slh 1 kelinci percobaaan yah,,, setau saya drg. ima buka sp. ortho (jangan tertipu lho teman2) klo mw yakin perawatan ke sp. ortho,, ke tempat drg. emilia sp.ortho aja,, itu lho di daerah kenten,,

    • Flaming is also known as bashing; is hostile and insulting interaction between internet users.
      Odelia yg baik… Reputasi itu dibangun atass kepuasan pelangggan, service, dan aftersales yg baik, dan sebaliknya jika dibangun atass dasar red ocean strategy, negatif judging, mocking, inhabitual would make your business underestimated and dificult to develop… Onomenulis also kown as independent blogger… No one can distrub or influence what I post :)

  27. bullshit bgt lho… blgny independent blogger,, isinya promo imayaa semua hahaha… ketauan bgt ada kongkalikong niy,, kt temen saya jg dsna dh mulai sepi tu,, lama2 org2 tau kok mana yg berkompeten mana yg ga’… balik2 lg klo

    peringatan bwt yg baca niy blogger imaya BUKAN sp. ortho (jangan tertipu),,, klo emang pny duit syg, mending sekalian pasang behel ke sp. ortho jelas kredibilitasnya,,,

  28. bang.. Terus stlah 2thun hasilnya gimana? Apakah struktur giginya teratur.. ?
    Terus kira2 selama 2thun perawatan habis berapa duit.. ?

    • Ikuti postingannnya… Tekan home, lihat sidebar blog, klik kategori “imaya dental clinic” tiap bulan semenjak postingan ini dibuat sampe hari ini saya selalu menulis postingan ttg gigi saya. Alhamdulilllah hasilnya memuaskan… Sebab ditangani dokter profesional. 2 tahun kira abis duit 1,5jt-2jt untuk kontrol rutin, harga gak mengikat ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s