TIPS: buat sendiri “waste ink bottle” EPSON L100/L200/L800

lanjutan artikel kemaren… ini ono bagikan tips bagaimana membuat waste ink bottle untuk produk EPSON L100/L200/L800 anda.

menurut ono sendiri kekurangan printer infus yang satu ini adalah tidak disediakannya waste ink tank yang memadai untuk sebuah printer infus asli pabrikan epson… karena kebanyakan kasus yang ditemui di lapangan adalah… perlunya sebuah wadah waste ink yang besar untuk printer infus dikarenakan print head yang telah dipasang CISS (continous ink supply system) menuntut print head cleaning yang lebih “extra” dibandingkan inkjet cartridge… CMIIW

setelah berbikir selama beberapa hari dan telah dilakukan eksperimen ringan mengenai percobaan saya ini, saya berhasil membuat “waste ink bottle sederhana dengan botol asli epson jepang! lho kok bisa… :mrgreen:  ” serta saya sudah coba sendiri di printer epson L200 saya dan hasilnya LUAR BIASA! ok. ikuti tipsnya dibawah…

yang anda perlukan adalah

BAHAN YANG DIPERLUKAN:

  1. obeng minus kecil
  2. mata bor buat ngelubangin botolnya… atau pake apa saja yg bisa bikin “round hole” di botol…
  3. cutter
  4. double foam tape
  5. selang aquarium diameter sedang… 30 cm saja (klo ada yg jenis silikon… lebih bagus buat bhn kimia kayak tinta :) )
  6. elbow selang aquarium 3 buah
  7. sambungan lurus selang aquarium 2 buah
  8. korek api gas secukupnya :mrgreen:
  9. dan bahan utamanya adl…. BOTOL TINTA BEKAS EPSON nya… pake aj yang bekas warna hitam biar matching :roll:
  10. kapas facial wajah, 2 lembar saja

CARA MEMBUAT :

step by step perhatikan gambar dibawah ya,,, pastikan anda melakukannya dengan benar.

LANGKAH 1 :arrow: Buka cover waste ink pad pada bagian belakang printer… letaknya persis dibawah stiker yang terdapat serial number printer anda… nah klo udah kebuka, akan terlihat popok pad pembuangan tinta dengan selang yang dicoret warna pint spt gambar diatas 8)

Langkah 2 :arrow: Lubangi cover waste ink pad yang anda buka tadi dengan mata bor… gunakan saya tangan untuk memutarnya, karena media yang di bor tidaklah terlalu keras… lakukan pelan2 agar hasilnya rapi, klo caranya benar hasilnya akan tampak seperti gamabr dibawah

Langkah 3 :buat konstruksi selang dari botol pembuangan seperti tampak pada gambar dibawah… gambar yang pertama adalah gambar mulut botolnya, ada dibikin lubang pernapasannya supaya gak ada kickback ke printhead klo lagi bersihin printhead…

JIKA ANDA SUKSES HASILNYA AKAN TAMPAK SEPERTI GAMBAR DIBAWAH.. :)

masukkan juga 2 lembar kapas ke dalam botol, gunanya untuk mencegah agar tinta tidak “leak” sebelum kering di botol. otreeeee :)

Langkah 4 :arrow: cabut selang dari waste ink pad… perhatikan gambar selang yang pertama (ada bekas tinta pink) nahhh itu yang dicabut… dan sambungkan dengan selang dari botol… (yg ada sambungan I di selang silikonnya… (perhatikan gambar diatas).

langkah pamungkas :arrow: setelah selesai… bentuk selang seperti gambar dibawah, dan rekatkan botol dengan double foam tape sepanjang 5 cm dibelakang printer… lakukan proses cleaning untuk memastikan karya anda bekerja. SELESAI!

Ini prakaryanya ketika sudah jadi di di printer L200 saya…

kenapa gak mau pake waste ink pad pabrik mas..? karena waste ink pad pabrik gampang penuh, apalagi klo sering proses cleaning head yg notabenenya sering dilakukan klo printhead tersendat kerjanya. nahhh klo sudah bisa ngoprek waste ink bottle di L200. ada lagi cara nge-reset printernya… softwarenya asli pabrik deh kayaknya, but disebarkan oleh orang lain. salah satu tools disana adl meng-restart counter ink pad menjadi =0 kembali. sehingga printer bisa digunakan seperti sedia kala jika terjadi blinking. silahkan ngulik situs http://www.print2share.net untuk mendapatkan filenya.,,, ngulik aj ke topik yg membahas “adjustment program EPSON L200″ pasti ketemu.

silahkan di oprek=oprek dulu alatnya agar sukses menjadi dokter printer… akhir kata: salam onomenulis :mrgreen:

151 gagasan untuk “TIPS: buat sendiri “waste ink bottle” EPSON L100/L200/L800

  1. tapi pas nyetak hasil nya bagus kok gan,,,cuman dah dua mingguan – sebulanan baru tinta nya nge buyar,,,
    apa settingan kertas di preferens nya ngaruh ga ,,klo ane make kertas fuji film mate,,harus nya cocok settingan nya kertas apa yah gan,,sorry gan mumpung ada dokter nya kebanyakan nanya,,,

  2. mas aq mutar2 di google cari reset l800 ke bawa ksni commen2nya sngt mmbantu, jd klo blh minta reset l800nya donk…….
    thanks….banget sblm & ssdhnya

  3. Bro tlg info resetter L800.. dplg nya dmana bro, n untk cetak fhoto bgusnya pke kertas merk apa.. sya udh lama cri merk mitsubishi tp blum ketemu di plg.. tks bro ats infonya..

  4. resetter L800 pake ja yg resetter buat l100/L200 – WICReset -
    tapi inget, tinta warna dasar pake yg asli, kalo gak warnanya ancur alias burem dan sedikit garis..

  5. sblumya makasih
    l200 ane brusan diservis gratis total, nunggu 2 minggu baru kelar katanya ganti prithead setelah nyampe rumah buat ngeprint ga keluar gambar eh ternyata selang posisi locked. setelah dibuka ane print gambar bergaris dan langsung aja print head ampe 5x tetep nozzle merah putus eh sekarang waste ink penuh. tolong gan minta resetternya l200 cz jarak ke sc epson 2jam x.ikhsan@gmail.com oz ane juga ada l800 kalau tinta habis ane akan coba pake tinta l200 nanti ane share tp msh lama sprty

  6. l800 kenceng buat ngeprint dan warna untuk foto tetap terjaga walaupun agak kurang tajam kalau dah lama. kalau l200 untuk foto 2minggu aja sudah pudar. saran bila l100\l200 ingin cetak foto pake kertas kodak yang permukaannya spt kulit jeruk (namanya lupa) dengan kontras ditambah sedikit

  7. kalau ane masih mending fujifilm gan. dtempat ane fuji 34rb mitshubishi 30rb kodak 28rb. kl l800 semua kertas ok tinggal menyesuaikan kontras sesuai kertas yang dipake. dan untuk foto dinuansa gelap andalan ane kodak karena ditambah edit dengan sofware HDR terlihat PALING dramatis

  8. malam bro ono..
    ane mau tanya nich..klo buat waste ink bottle sprt rekomendasi bro itu, nantinya hrs di reset lg ga?..soalnya punya ane L300 baru direset di ESC, takutnya hrs di reset ulang, ga ada resetter nya bro..klo dah punya resetternya tlg inbox ya…nuhun..nuhun.

  9. mas, ini printer epson L100 saya tintanya bocor dari bawah. padahal saya tidak pernah mengutak atik printernya. yg saya lakukan cuman pakai resetter dari internet. dari yg saya baca, waste ink di epson dibuang ke busa yg notabene kurang nyerap tinta. apa karena saya pakai resetter itu jadi waste ink-nya penuh di busa. lalu meluber?

  10. di tunggu banget cara membuat wate ink bottle untuk epson L 110,,,
    soalnya ane baru beli epson L 110, tp ane gak tau letak selang dan letak waste ink pad nya,,
    (sebelumnya ane pake epson L 100, trus nyobain cara ente berhasil)

  11. Rasanya sebel kalo punya printer L200 harus kecanduan Service Center…blum lagi jika itu tidak ada di kota yg saya tuju. jadi boleh bagi alamat restter L200nya bro, makasih sebelumnya.

    • coba dulu troubleshooting pake manual epson L110 nya bro. baca buku manualnya dan ikuti petunjuk penyelesaian masalah yang timbul, ada kok di kotak penjualan. klo udah komlex banget dan gak bisa diselesain baru datang ke saya trims :)

  12. mas kalo L300 cara membuat pembuangannya gimana dikampung saya (nunukan kaltim) tidak ada service center…mohon pencerahanya….makasi

  13. Mas Ono, kalau lagi sempat aku juga minta tolong di email program resetter nya…. soale aku tinggalnya jauh dari service center :(
    Tipsnya bener2 pas nih buat pemilik L200….. Nanti sempat mau ikutan bikin botol penampung ini
    Terima kasih banyak sebelumnya…… lasermac@yahoo.co.id

  14. mas bro ada no CP nya gak……biar lbh cpt nyambungnya,, alnya ditmpt q tinggal minus jaringan,buka halaman ini aja gak bisa keluar gambarnya jd tambah runyam….klo bisa ni email q [ratnoaza@gmail.com]

    • pasti hilang… krn ini termasuk memodifikasi jalur kerja printer kita, tp efek yg ditimbulkan pasti mempermudah kerja anda… terutama yg L series nya digunakan untuk kebutuhan mencetak dalam jumlah besar

  15. mas di l800 beda mas tidak pakai popok pad pembuangan tinta melainkan seperti kotak-kotak mas dengan selang yang dicoret warna pint, bagaimana solusinya mas. terima kasih

  16. mantep banget artikelnya Gan…. cuma saya butuh tambahan ilmu lagi gan…. saya punya epson stylus pro 7700, tapi maintenance tank-nya dah penuh jadi gak bisa jalan lagi…. katanya bisa diakalin/direset manual? mohon banget buat yang tahu caranya email saya pedro_baina@yahoo./co.id

    makasihhh, sukses buat semuanya…

Tinggalkan Balasan

