ketahui lebih dalam tentang Veneers/porcelain veneers

Edukasi kali ini mengenai veneers… so bagi yang belum tau keajaiban ilmu kedokteran gigi yang satu ini silahkan baca lebih lanjut… avra kedabra!!! :mrgreen:

veneers merupakan lapisan tipis porcelain pada gigi yang dilekatkan dengan resin luting. Keuntungan porcelain veneers dibandingkan mahkota porcelain-logam, mahkota selubung (jaket) adalah dipertahankannya struktur gigi. Pada tehnik ini, karena preparasi gigi dilakukan terbatas pada email bagian luar  saja, struktur gigi dipertahankan dan pulpa terlindung, oleh karena itu mengurangi gejala-gejala tidak nyaman seperti karies sekunder dan hipersensitivitas… veneers itu seperti make up di wajah yang bisa menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang dicapai tanpa merusak gigi asli anda atau dengan kata lain veneer sebenarnya menyempurnakan bentuk gigi anda yang rusak sehingga didapat “smile make over” yang kereeeen 8)

beberapa indikasi seseorang dapat meng-aplikasikan veneers di giginya:

  1. gigi anda pendek… atau gigi insisif/seri anda lebih pendek dari saudara-saudara disekitarnya :) sehingga ketika anda senyum orang malah kaburrr… karena bukan gigi yg menonjol tapi malah gusi anda (gummy smile) hehhehehe. upss bukan kok! maksudnya ketika anda senyum gigi anda tidak berada pada smile line yang tepat (posisi ujung gigi seri atas anda/insisal TIDAK mengikuti lengkung bibir bawah anda ketika senyum.
  2. karies yang meluas pada permukaan gig depan anda atau gigi anda… atau bisa juga dibilang penghancuran gigi yang disebabkan infeksi dan menghancurkan struktur gigi anda (bisa keropos diantara gigi dll. coba search di google).
  3. perubahan warna gigi karena devitalisasi, tetrasiklin (karena obat-obatan yang digunakan dlm jangka panjang, fluor dll.),
  4. diastema (ruang yang terdapat diantara dua buah gigi yang berdekatan yang terjadi karena ketidaksesuaian antara lengkung gigi dengan lengkung rahang. Misalnya ukuran rahangnya normal, tapi ukuran gigi nya kecil kecil…) tapi khusus untuk no. 4 ada cara lain yaitu pemasangan braces/kawat gigi sudah bisa dilakukan dengan beberapa syarat tertentu. ;). PERHATIKAN MY AUNTY MADONNA ternyata gigi dia tuh diastema lho… :mrgreen:

sementara ini anda semakin penasaran dengan veneeers? mari kita lihat beberapa ilustrasi pemasangan veneers, serta before n after nya:

BERKILAU SENYUMNYA KARENA VENEERS:


gambar yg terakhir ada kumisnya… :mrgreen:

LHO DITEMPEL-TEMPEL GITU YA???… iya dong… penjelasannya ono kasi dibawah:

gigi yang akan di veneer diobservasi dulu ama dokternya… klo udah ketemu case nya dan diagnosa yang tepat mengapa hal tsb terjadi maka akan dilakukan tindakan sebelum veneer… preparasi atau membuang sedikit jaringan gigi (ingat yaa… dikitttt sekaleeee! hanya berkisar 1-2mm atau tergantung dari jenis veneer yg dipakai__dan berbeda banget sama di jacket yaitu preparasinya lumayan tebal krn memasukkan lapisan jaketnya kan dibutuhkan ruang yang cukup… CMIIW) oh ya,,, pengerjaannya terbagi direct dan indirect…direct Veneers langsung dilakukan dalam satu kunjungan dan dengan material komposit atau plastik. Veneers tidak langsung biasanya dilakukan dalam dua kunjungan atau lebih dan memerlukan pengawasan dokter gigi sampe  pemulihan akhir. indirect veneer dapat berupa material komposit atau lebih umum, sebuah bahan porselen…

beberapa macam veneers yang bisa dijumpai di dokter gigi (semakin kebawah semakin advanced!):

  1. komposite veneers
  2. porcelain veneers
  3. ceramic veneers
  4. lumineer veneers (khusus modifikasi veneer yg satu ni lapisan veneers-nya paling tipisss) dibandingkan 1-3. hampir seperti kulit telur! dan tanpa preparasi!

masalah harganya bermacam macam tergantung pasaran dokternya coz dimana2 harga sebuah jasa dalam ilmu ekonomi berbeda penilaiannya tergantung kualitas dan kuantitas ;) untuk pasaran palembang range nya 300rb- sampe 2 juta per gigi. dan konon katanya di ibukota jakarta veneers dihargai 3-7 juta per gigi. what a wonderful price!!!

setelah mengerti kelebihan yang bisa ditonjolkan oleh veneers mari kita bahas kontra nya, atau kekurangannya… ya setiap kelebihan pasti ada kekurangan… silahkan dilanjuti:

  • pemakaian veneers adalah sebuah komitment seumur hidup! dengan kata lain rata2 gigi yang telah di veneers sebelumnya dipreparasi dulu (baca diatas) sehingga jika tempelan veneer tersebut lepas akan mengakibatkan gigi asli anda yang di tempel veneer akan sangat kontras dengan gigi disekitarnya.
  • yang namanya bikinan manusia, veneer pun bisa rusak/crack–retak/pecah akibat beberapa kasus… hampir seluruh orang yang pernah di veneers meng-aplikasikan night guard jika mereka tidur! night guard adalah sebuah plat yang diletakkan di salah satu barisan gigi anda… (search di google untuk detil gambarnya!)
  • siap keluar duit… hehhhehe. krn jujur saja veneers ini bisa dibilang tidak murah!

nahh sekian dulu artikel tentang veneer. silahkan dikunyah-kunyah dulu uraian diatas… saya sudah membuatnya semerik mungkin dengan bahasa yang sederhana… klo ada yg kurang mengerti silahkan tinggalkan komentar di kolom bawah, jgn di simpan di dalam hati ya… 8)

lalu pertanyaan saya adalah… apakah anda tertarik untuk mengaplikasikan veneer di gigi anda?

appendix:

sumber: wikipedia, video courtesy of youtube (dr. Jerry Gordon), gambar google, :mrgreen:

About these ads

4 gagasan untuk “ketahui lebih dalam tentang Veneers/porcelain veneers

  1. hi ono, saya pengen pasang porcelain veneer, bisa tolong rekomen spesialis didaerah jkt/tangerang yg bagus dan pengalaman ngerjain porcelain veneer..ato mgkn ada tmn ono yg perna pasang porcelain veneer? krn ini termasuk dental cosmetic jadi tdk setiap spesialis konservasi gigi bisa ngerjain dgn rapi..thanks banget yah! lisa

    • klo daerah jakarta coba dilirik RS. AL Mintoharjo dengan Drg. Maya prakteknya pagi kecuali hari selasa.
      atau klo mau yg pro bener bisa lirik LADOKGI (lembaga dokter gigi) itu masih punya AL juga… dan bener2 khusus buat penangangan gigi. spesialisnya pasti banyak disana tinggal milih aj… masalah esthetic gituan sih ladokgi saya yakin bisa! coz orang2 terkenal macam SBY pun klo ada masalah gigi kesitu. semoga berguna :mrgreen:

      eniwei… mbak lisa ini yg bekerja di TVSN ya?

      • wah thanks banget infonya! coba nanti saya cari info dari rekomendasi kamu. kalo saya mao tanya2 lanjut boleh kirim lewat email ga? kalo bole tolong reply ke email saya aja..kayanya kamu tau banyak soal gigi2an nih :) tau dr mana saya di tvsn? :)

      • mau reply diblog boleh, mau YM sama saya juga bisa silahkan di add “wahyu_untung” tanpa tanda kutip… kalo email saya agak jarang buka krn HP saya gak dukung push email jadinya klo di depan laptop baru buka…
        ahhh masa sih lisa yg di tvsn? aku cuma nebak-nebak saja dan ternyata 100% akurat ya? aku cuma search berdasarkan namamu di FB, iseng2 aj sih… :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s