(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 2

tak terasa benda asing ini sudah menghuni rongga mulut ku selama sebulan, melanjutkan pengalaman pertama yg kutulis di blog(bagi yang belum melihat klik disini)

kontrol ke-2 jatuh pada tanggal 23 april jam 4 sore atau 4 jam yang lalu ketika hal ini ditulis. hal yang tidak mengenakkan membayangi dalam perjalanan ke klinik karena braketnya lepas 3 biji!😦

lanjut dan sampai di klinik, resepsionisnya bilang… “mas hari ini dokter ima gak ada, sedang cuti… dia digantikan oleh dokter lain yaitu drg. Hanie Anastasia. yang satu praktek di klinik

GUBRAAAAKKKK… (dalam hati kecewa juga sihhh, tapi gak papalah toh semua  dokternya sama, tentunya jika dokter saya telah memilih pasti yang dipilih yang terbaik sebagai penggantinya untuk sementara waktu) yg penting perawat nya sama cantiknya xiixixixixixixi.😀 (update, des 2010… “belakangan baru tau kalo dokter penggantiku satu klinik sama dokter saya)➡ ribet dah ngomongnya klo kena sensor🙂

foto perbandingan bulan ke-1 dan setelah kontrol ke-2:

perbedaan  kesejajaran archwire (kawat) pada foto dengan ligature power O warna hitam (ini foto bulan ke-2 sedangkan yang putih adalah bulan ke-1)

setelah kontrol dan dokter selesai memasang kesialan menimpaku! …lanjut teruss kalo mau tau hehehe

sampai dirumah >makan gado-gado> foto-foto buat arsip dan “KLAKKK” bunyi aneh berasal dari mulut, ternyata karet behel atau yg dikenal dengan “LIGATURE” (oh yang aku pake dari jenis “power o”   lepas dari tempatnya oh tidak! perjalanan ke klinik bolak balik 18 km harus kutempuh ulang… (mulai dehh buruk sangka, krn dokternya pengganti lah, dokternya kurang teliti lah apa lah…).

lanjut sampe ke klinik baru kusadari bahwa stopper (bentuknya mirip bgt dgn stopper pelampung di pancing ikan, tapi beda lho) kawatnya kebalik (lhaaaa sial lagi dong!) sampe-sampe perawat disana tertawa melihat kesialanku😦

but foto diatas adalah foto ketika stopper dan archwire sudah dirapikan kembali (foto yg lepas gak ada, kelupaan ngambilnya)

untungnya karena lepasnya ligature dan kesalahan pemasangan stopper masih digaransi oleh klinik jadinya gratisss:mrgreen:

dibalik semua itu layanan imaya dental klinik the best laaghhh, yg mau pasang buruan!

kalo ada pertanyaan seputar behel or ada yang mau membantu memperbaiki tulisanku jika terdapat kesalahan silahkan tinggalkan komentar, pasti aku respon!

ok sampe disini dulu pengalamanku, keep in touch!

INFO:

foto ligature power O:

Ligature power O

dan ligature power chain:



perhatian:
"post ini telah mengalami edit tanpa striketrough I am apologize for any inconvenience."

27 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 2

    • haha… iya bro!
      blognya ttg motor bang.
      btw masuk indomotoblog ya,,, hmmmm satu aliran dong sama mas tri, taufik, nadi, eyang, sattar dll. salamkan pada mereka, saya adalah pembaca setia mereka! posisi saya jauh di sumatera selatan:mrgreen:

  1. walah, maksude newbie make behelnya kok,😀
    uda molai kerasa perubahan nya ya.. padahal baru berapa bulan make’nya? sy juga pembaca saja kok, komengtatator indomotoblog🙂 gara2 itu lama-lama jadi pengen bikin nge-blog sendiri, tp yah masih malu-malu in gini lah blog nya, he2.. wah jauh bgt di sum sel ya,, ok . salam bikers..

  2. Ping-balik: PP (premier post): Catatan pasien dokter gigi bag. 1 « Laporan Ono kepada Dunia

  3. mo tanya nih,,waktu pasang behel gigi km ada yang dicabut ga??soalnya aku baca di banyak blog2 bule sana rata2 cuma 30% pasien yang dicabut giginya untuk pasang behel,itupun yang mengalami severe crowded tooth alias mulutnya penuh gigi.. :D…
    jadi kepikiran nih,,sayang banget kalo ada yang dicabut,,apalagi sehat semua..udah gitu banyak juga yang ngeluh setelah dicabut giginya mundur terlalu banyak malah jadi aneh gitu,,aku tak rela…ditunggu tanggepannya ya…. thx

    • wahhh di postingan selanjutnya christine bisa liat klo gigi saya dicabut, totalnya ada 4 buah🙄
      perhatikan lagi beberapa poin dibawah:
      1. apakah rahang anda termasuk besar (lebar seperti orang batak?)
      2. apakah bentuk gigi anda termasuk besar-besar?
      3. apakah shape gigi anda rapat (tidak ada celah diantara kedua gigi), shape yg bagus adalah jika gigi anda mempunyai sisi yg lurus seperti huruf “I” bukan seperti huruf A (agak miring) i
      ———————🙂
      banyak sekali faktor dilakukannya ekstraksi atau non ekstraksi pada gigi pasien. mungkin orang barat yg anda lihat mengalami severe crowded namun masih memiliki space (ruang) cukup untuk pergeseran gigi-giginya klo saya gak salah cuma ada dua alternatif klo gak ekstraksi ya di slicing (dipotong/dikikir sisi gigi anda untuk mendapatkan ruang yg cukup). jika gigi anda tidak mau dicabut sihh bisa saja tapi biasanya orang yg severe crowded jika tidak dilakukan ekstraksi maka secara estetika kurang baik, atau dalam arti lain gigi kamu bakalan maju alias susah nutup seperti orang yg monyong (apalagi kasusnya seperti saya… crowded parahhh, giginya besar-besar, shape gigi insisif (seri) nya ada yg bentuk A).

      ok christine, perhatikan kata-kata ini dan resapilah…
      ” ekstraksi maupun nonekstraksi pasti sudah direncanakan dengan baik oleh dokter gigi, percayalah kepada penangangan dokter gigi… karena dengan sebuah “kepercayaanlah” akan menentukan sukses atau tidaknya sebuah perawatan”, tanyakan segi positif dan negatifnya apabila dilakukan pencabutan atau tidak pada gigi anda.”

      saya saja dicabut 4 buah, masak anda gak berani? apa kata dunia….:mrgreen: SEMANGATLAH… sis,

  4. Hmmmmm….gitu ya??haha..iya nih,ada beberapa juga yg bentuknya “A” tp kalo menurut aku sih masih ada space haha *ngarep*…ya deh,,tar aku konsultasiin lebih lanjut lagi sama dokternya,,tp masih cari pendapat sebanyak mungkin juga🙂 ….
    Thx pendapatnya yaaa..oke nih buat dipertimbngkan,,hihi…
    Salam senyum jutaan rupiah..

    • oh yaa christine… ini ada jawaban dari saya ttg pertanyaan bro Imran pengunjung blog ini juga… pertanyaannya kurang lebih mirip sama yg kamu ajukan.

      kalau kekurangan ruang dibawah 4 mm bisa dengan ekspansi rahang (rahangnya dipacu supaya tumbuh meluas agar diperoleh ruang kosong) atau dengan pencabutan gigi geraham kecil (di belakang gigi taring, sebelah kiri dan kanan–sama seperti saya klo kasus yg ini), setelah diperoleh ruangan yang cukup untuk tempat giginya berbaris rapi sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan sebelumnya, baru gigi geliginya diatur sesuai dengan kaidah oklusi gigi yang ideal. semoga membantu dan dapat dipahami.” penanganan ekspansi rahang biasanya diberikan untuk pasien dengan kasus crowded ringan dan menengah. klo seperti saya mahhh sudah sangat parahhh alias berat makanya diekstraksi.

      tuh kan selalu ada jalan lain ke ROMA…:mrgreen:

    • klo baru pasang: 3 hari pertama setelah pasang bener2 lumpuh total (klo saya) gak bisa ngunyah apapun semuanya serba blender, susu dan bubur…paling seminggu-2 minggu kemudian ngilunya bener bener hilang… (adaptasi pertama kali dalam mulut).

      dan setiap sehabis kontrol, 3 hari kemudian baru ngilunya hilang lagi. hal ini disebabkan gigi kita dipaksa bergeser (istilah dokternya resorbsi dan oposisi gigi lahhh…) abis itu normal normal saja.
      kalau saya biasanya pake pastagigi sensodyne, hal ini berguna banget untuk me “relax” kan saraf gigi kita yang sakit… lumayanlah.

    • klo baru pasang: 3 hari pertama setelah pasang bener2 lumpuh total (klo saya) gak bisa ngunyah apapun semuanya serba blender, susu dan bubur…paling seminggu-2 minggu kemudian ngilunya bener bener hilang… (adaptasi pertama kali dalam mulut).

      dan setiap sehabis kontrol, 3 hari kemudian baru ngilunya hilang lagi. hal ini disebabkan gigi kita dipaksa bergeser (istilah dokternya resorbsi dan oposisi gigi lahhh…) abis itu normal normal saja.
      kalau saya biasanya pake pastagigi sensodyne, hal ini berguna banget untuk me “relax” kan saraf gigi kita yang sakit… lumayanlah.

  5. apa sesakit itu yah hr prtama pasang behel??? soalnya hr ptama smpe skrg aq mkn nya nasi , bkn bubur, atopun mknan lunak yg lain..bahkan sempat2nya aq makan mangga yg belum matang… gigiku mmg terasa sakit , ngilu, dn sperti dtarik keluar.. tp msh bs mkn nasi, cuma ngunyah nya , pelaaaannn………

    apa reaksi org b’beda2 yah..?

    • tergantung tingkat keparahan giginya. mbak lihat kan gigi saya di awal2 posting… semerawut anchuurrr. mangkanya sakit bgt. jgn kan ngunyahh… gigi rahang atas dan bawah bersenggolan pun rasannya sakit minta ampunn. tapi sekarang tidak lagi…

  6. halo..
    salam kenal mas..
    aku udah masang behel juni 2010, gigi atasku agak maju beberapa inci kedepan. dan gigi bawahnya berantakan..
    waktu masang behel dulu dokternya gak mencabut gigi aku lho…. dia bilang cuma perlu dikikis aja. tapi sampe sekarang, april 2011 keadaan gigiku masih gitu2 aja. gigi bawah masih berantakan.
    aku bingung, apa sebaiknya aku bertanya sama dokter yang ngerawat aku itu ya? perlu apa tidaknya pencabutan 4 gigi geraham kecil dibelakang taring?

    kalo mas dulu gimana? ada gigi yang dicabut nggak?

    terima kasih sebelumnya ^ ^

    • salam kenal balik… buat ririn.
      klo ririn liat postingan disini mana yg lebih parah antara gigi saya dan kamu???:mrgreen: dan hasilnya setelah 1 tahun berselang coba liat yg disini sudah nampak rapi kan.
      gigi saya dilakukan ekstraksi (cabut) pada kontrol ke 4 dan 5… pada tiap kontrol dilakukan 2x pencabutan P1 atas dan bawah) krn menurut dokter saya IAC rahang saya dah terlalu crowded untuk meratakan posisi giginya dan diperlukan ruang yg cukup, sebenarnya bisa saja tidak dicabut cuma yaaa itu resikonya jadi monyong dan saya gak mau itu terjadi… bikin minder

      klo kontrol behel itu seharusnya kamu tidak diam… konsultasikan keluhan dan unek2 mu pada dokter yg bersangkutan sehingga dokter mu tau perkembangan gigimu baik secara psikologis dan real ny… jgn cuma datang, duduk, tunggu antrian, tindakan, bayar, selesai😦
      coba kamu ikuti semua postingan saya di sini… udah dalam bentuk satu bundle jadi kamu bisa ikuti perkembangan dan tips dari saya seputar behel silahkan klik archive disini

      eniwei kamu pasang behel dimana sis?

  7. Wah, kalo liat keadaan gigi kamu waktu belum masang behel sih, kayanya masih mendingan punya saya. Tapi perubahan pada gigi kamu setelah pasang behel nampak lebih baik dari gigi saya..
    Kebetulan saya pasang sama dokter gigi di Lampung, tapi bukan spesialis orto. Waktu itu saya dapet rekomendasi temen yang pasang di dokter itu jg.

    Lain kali kalo kontrol behel saya akan coba konsultasikan keluhan2 saya.

    Mudah2an selama ini saya gak salah pilih dokter. Ngeri, ntar yang ada gigi saya makin aneh.. err.. dan.. monyong..😄

    Oiya mas, setelah giginya dicabut gitu gimana rasanya? Apakah ada perbedaan seperti rasa gak nyaman saat mengunyah? Soalnya kan giginya berkurang 4..

    • rasanya,, mengguncang dunia:mrgreen: xixixixixixixixi.
      yg jelas rasa sakitnya akan lebih daripada sebelumnya krn untuk merapatkan gap bekas cabutan tsb kamu akan dipasangkan power chain (karet ligature yg bentuknya seperti rantai, monggo digolek artikel saya terdahulu pasti kmu ngeliat hehehe…) unek sakitnya udah saya ceritain disitu, but lama2 kamu akan terbiasa juga.
      singkatnya begini: “1 minggu pasca ekstraksi gigi bakalan ngences darah di bantal🙄 “, krn radix giginya kan sehat dan panjang trus dipaksa cabut mangkanya rada2 agak banyak darahnya. tapi krn dalam pengawasan dokter gigi aman kok jgn kuatir
      klo mengunyah pake teknik sebelah-belah rin… misalnya sebelah kiri dicabut, kamu selama sebulan pake yg sebelah kanan dulu. no pain no gain… rasa sakit untuk senyum indah bakalan terbayar🙂

  8. Iya aku udah baca semua artikel2nya mas ono yang ada behelnya (^.̮ ^)a
    Itu ngambil foto giginya pake kamera apa ya mas hehehe.. Soalnya aku jg kepengen liat perkembangan dan perubahan gigi aku tiap bulannya.😀

    Ileran darah berarti tidurnya gak bisa mingkem ya. sakit banget kayanya. Tapi emang bener kata pepatah,”bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.”

    • fotonya bisa diambil pake kamera apa saja rin… mau HP, pocket camera atau DSLR sekalipun bisa… (klo dslr keknya mesti minta bantuan teman🙂 ) syaratnya kamera mesti ada autofocus dan flash nya biar jelass detailnya.
      ileran darah tuh klo saya tanya ke semua teman saya yg giginya dicabut waktu treatment kawat ya emang gt, pasti ngences+darah xixixixixiixi:mrgreen:

      mungkin saya nya juga bandel rin… waktu kita dicabut kan lubang bekas cabutannya disempal dgn soket agar pendarahannya sedikit berkurang, nahhh saya pny kebiasaan jahat yg sepatutntnya jgn rin tiruuu klo cabut gigi ntar, yaitu menghisap-hisap dan penekanan pada lubang bks cabutannya (kejadiannya mirip klo ad makanan nyelip, nah biasanya kan menghisap2 gitu… biar lepas nyelipnya:mrgreen: ).
      ketika saya tanya hal ini sesama pasien orth. ternyata hal ini tidak diperbolehkan krn dapat memperlambat proses penyembuhannya, ok semoga berguna

  9. Mau share dkit ah , saya juga mengalami hal serupa, dimana gigi saya berjejal sekali bagian bawah karena rahang kecil, namun kebalikannya rahang atas sangat rapi, nah akhirnya saya memutuskan untuk pkai behel, setelah perawatan berjalan setahun, dokter mengatakan gerakan gigi saya yg bawah sudah maksimal, alias tidak bisa digerakkan lagi karena ruang sudah tdk cukup, dan menyarankan saya untuk mencabut dua gigi premolar, jika dicabit maka rahang bawah saya akan semakin kecil, dan oleh sebab itu dokter menyarankan agar gigi atas dua buah jga ikut dicabut, lalu saya menolak utk tdk dicabut, akhirnya behel saya minta lepas saja, walau gigi bawah sudah tidak berjejal, namun terlihat maju dan kurang enak dipandang, habis sayang banget gigi bungsu udh 4 dicabut ditambah dgn 4 gigi premolar, 8 gigi dicabut, gw ga relaaa huaaa ( pasiennya yg bandel sih haha)

Tinggalkan Balasan

