(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 7

kontrol ketujuh… 3 hari yang lalu saat tulisan ini terbit.

gak banyak perubahan sama gigiku pada kontrol kali ini, masih tetap seperti yang bulan kemaren: pake kepang kawat atas bawah untuk membentuk susunan gigi depan. pake ligature o chain untuk narik gigi seri dan taring agar merapat ke geraham.

progressnya dapat teman-teman lihat di tiga gambar dibawah. oh yaaa,,,, maaf ni banyak sisa makanan menempel di giginya, soalne abis makan pempek dan martabak :mrgreen:         gigi perkembangan gigi yang atas cukup signifikan, sampe tulisan ini dibuat celah antara gigi taring dan geraham (bekas cabutan) hanya tertinggal 1/2 cm an! sedangkan yang bawah justru sangat lammmmbattttttt😕 hal ini sudah diwanti-wanti dokter sendiri karena untuk yang bawah waktu tindakan cabut kemarin di ekstraksi geraham nya beda dgn yg atas, cabang akarnya dua! panjangnya kira-kira sebesar logo windows vista di laptop (dkt keyboard) hiiiiiiii🙄

mungkin perubahan besar dapat teman lihat sekitar 2 or 3 bulanan lagi lah. saat semua gigi sudah rapat, disaat itu pula gigi saya akan dikikir! nag lo… kenapa dikikir? soalnya kata dokter Ima gigi saya bentuknya unik (spt huruf A) sehingga kalo dirapatkan akan menyisakan celah selebar 0,1/0,2 mm diantara gigi seri! :(   gak kebayang dah rasanya pasti ngilu abissss.

 

catatan:
"post ini telah mengalami edit tanpa striketrough I am apologize for any inconvenience."

14 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 7

    • hai kunta haha…

      gigi yg saya belum dipakein power o chain krn sepertinya dokter ku memprioritaskan untuk merapikan geraham belakang yang tidak sama permukaannya (kalo aku mengatupkan gigi, gak rapet kelihatannya di bag. geraham).

    • sakit ya bisa dibilang sAKIITTTT. dokter Ima bilang “No pain, no gain”
      ada yang harus dikorbankan untuk mendapatkan yang diinginkan.

      sakitnya cuma diawal-awal pasang dan sehabis kontrol bulanan saja mas:roll:
      yang berkisar 3hr-1minggu setelah kontrol, setelah itu sikkkattt makanan seperti biasa😎
      mengenai berapa lama kita memakai kawat gigi yaaa tergantung tingkat ke-kacauan giginya mas sendiri dan treatment yg ditempuh, dan faktor rahang kita sendiri.
      ada rahang yang cepat beradaptasi dengan perubahan (spt gigi saya…) dan ada yang lambat, ada yang giginya dicabut (saya cabut 4 buah) yang ini akan memakan waktu yang lebih lama dari pada tidak mencabut, ada susunan gigi atas dan bawah tidak singkron (saya lagi…😉 ) yang ini juga memakan waktu lama.
      jadi lama tidaknya kembali lagi pada kondisi masing2…. secara rata-rata dapat diperkirakan waktu yang diperlukan untuk make overnya butuh 1th 8 bulan sampe 2th lebih…

      ada faktor yg dapat mempercepat proses rapinya mas, seperti menggunakan advanced technology di bidang orthodonti (pake braces kristal safir, dll. silahkan tanyakan dokter anda)

      tinggal di palembang? jika ya, saya menyarankan anda untuk menemui dokter Ima (Imaya dental clinic) … dpn momea FM

  1. aku tinggal di purwakarta mas ono,…bakal pengaruh gak sih ke kesehatan kalo sampe ada gigi yang dicabut..pdhl gigi giginya msh sehat gitu (jd konsul nih)…

    • halo yg tinggal di puerto rico…
      sebenarnya efek sampingnya TIDAK ADA. itu jika dilakukan sesuai prosedur yg benar seperti observasi terlebih dahulu dengan rontgen chepalomatrik & panoramik untuk mengetahui susunan saraf dan akar gigi dll.

      karena jika salah prosedur beberapa saraf yang ada bisa terganggu,

      kadangkala dokter tidak melakukan observasi lagi, itu yg dilakukan dokter saya… langsung cabut saja, gak tau kenapa udah biasa kali. hehehehe🙂
      sedangkan kondisi gigi saya waktu itu sangat sehat sekali dan tanpa keluhan sebelumnya (dicabut untuk memberikan ruang pergeseran kawat gigi),
      coba kamu ambil mistar panjang akar gigi sampai ke crown saya 1,6 cm… dan itu dicabut paksa (ada 4 buah) sampai sekarang tidak terjadi apa2

  2. mas aku jg pasang nih di palembang bukan di drg.imaya tp sm drg lain.. tapi gigiku gag da yang di cabut mas., coz kata dokterku pencabutan gigi dilakukan kalau memang nda ada lagi ruang untuk gigi yg lain masuk., kalau emang butuh besar, kemungkinan baru dicabut., tapi kalau butuh ruang yang sedikit dikikir cukup.., krn gigi itu harganya sangat mahal(tak ternilai) dibanding dicabut..,

    jadi observasi terlebih dahulu itu ‘sangat penting’… perawatan orthodonti itu sendiri, bukan cuma untuk senyum terlihat bagus, tapi tetap kembali kepada fungsinya.., soalny kalo cabut2 aja., rahang jadi kecil., dan dagu naik ke atas.., dan satu lagi gigi yang dicabut ga bakal tumbuh lagi.. dan proses ortodonti itu ga boleh instan(cepat) bs2 nutrisi sama gigi kedepannya berkurang.., sehingga membuat gigi menjadi berubah warna.., (atau giginya mati)

    itu kata dokter saya, ketika sy konsul pertama kali.. hehe..

  3. Ping-balik: PP (premier post): Catatan pasien dokter gigi bag. 1 « Laporan Ono kepada Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s