Kenapa ada karang gigi?

Karang gigi terjadi karena adanya sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Sisa makanan tersebut akan didemineralisasi oleh bakteri yang berada di dalam mulut. Karang gigi terbagi menjadi dua, suprangingival (di atas gusi) dan subgingival (di bawah gusi). kalo sudah dibawah gusi berabe nihh… susah kejadiannya n repot juga dibersihinnya.

Daerah yang paling sering terdapat karang gigi yaitu pada gigi depan bawah bagian belakang, gigi geraham atas sebelah pipi, dan pada sekitar gigi lubang yang jarang digunakan untuk makan. Ciri- ciri karang gigi adlah permukaan kasar, berwarna kuning sampai kehitaman, keras dan susah dihilangkan dengan sikat gigi. Sekarang Anda sudah tahu ciri – ciri karang gigi? Jika sudah, saatnya memperhatikan gigi Anda.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bagaimana mengatasinya? Dengan scaling. Bisa dengan cara manual, yaitu dengan alat logam berujung lengkung, karang gigi dikorek- korek sampai bersih (hal ini biasanya dipake sama dokter jaman jeboottt “jadi inget waktu kecil maen2 ke dokter gigi ngeliat papa saya dibersihin pake alat manual ini”…. Tetapi kalau anda tidak ahli jangan coba sendiri deh, soalnya mungkin nanti bukan karang giginya yang bersih email gigi anda bakalan ANCUURRRRR atau Malah gusinya yang luka kena alatnya hal ini dapat berakibat fatal bikin gigi ngilu saat makan/minum panas or dingin CMIIW.

Cara yang kedua adalah metode scalling dengan menggunakan alat yang bernama scaller dewasa ini para dokter gigi sudah melengkapi atau boleh dibilang sudah menjadi sebuah peralatan standar bagi dokter gigi di DENTAL UNIT NYA…. Kelebihan alat ini, pekerjaan pembersihan bisa lebih cepat dan halus (cara awamnya mirip gerinda besi lah… cuma bentuknya mini sekali seperti pena dan rasanya juga gak sakit… percayalah! saya tiap bulan pake ini alat karena perawatan gigi pake behel…

Pada umunya, dalam menangani karang gigi, dilakukan kombinasi keduanya. Memang kelihatannya peralatan dokter gigi seperti ini mengerikan, tetapi ditangan yang ahli, insya Allah semuanya jadi lancar.

Bagaimana menjaga agar gigi kita tidak mudah terbentuk karang gigi? Rajin- rajinlah sikat gigi setelah makan atau berkumur setelah makan dan minum manis serta gosok gigi menjelang tidur (ingat iklan pepsodent ayah dan adik sama yang anak dan ibu tuhhh… dari nenek, ke ibu sampe ke balik ke cucunya RAJIN SEMUA SIKAT GIGI :mrgreen:

oh yaaa satu lagi Terbentuknya karang gigi juga dipengaruhi ole pH air liur (derajat keasaman air liur). Oleh karena itu sebelum karang gigi bertambah banyak, cepatlah periksa dan bersihkan ke dokter gigi anda. Agar gigi sehat sehingga senyum indah Anda tetap mengembang. untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi dokter gigi langganan or kesayangan juga boooleeeehhh🙂

4 thoughts on “Kenapa ada karang gigi?

  1. wahhh boleh juga ilmu mu bro, dapat dari mana sih?

    selama ini saya kurang ngeh,,, sama yg beginian, karena takut ke dokter gigi… padahal udah gede dan kerja masihh takut.

    saya juga dulu merokok tapi sudah berhenti sekarang gimana ya cara ngilangin efek nikotin yg nempel di gigi? bisa bantu😉

    • wahh baru 3 menit terbit udah kedatangan pengunjung… tengkyu mr. broniz di sulawesi.

      gini ya bro… banyak sih cara menghilangkan noda tar dan nikotin dari gigi masbro… cara tradisional ada ada juga cara internasional alias ke dokter gigi hehehehehe…. atau kalo mau DIY dirumah juga ada alatnya, ini saya jelasin satu-satu:

      1. tradisional, Caranya : ambil beberapa lembar daun kelapa kering yang telah dibuang lidinya. Bakarlah daun tadi sampai menjadi abu. Gosoklah gigi anda dengan menggunakan abu dari daun kelapa tersebut. Nisacaya gigi anda akan putih berseri.

      2. cara ke dokter gigi: pergi deh ke dokter gigi langganan anda, yang memiliki reputasi ok lah biar gak kecewa di sulawesi sono… dan tanyakan adakah program whitening or bleaching biayanya agak mahal sihhh tapi tergantung pasaran dokter disana. klo di tempat saya yg saya dengar nih yaaa… ada yg matok 400k sampe 800k. dan tidak berlaku secara generalisasi… artinya lain lubuk lain ikannya…lain dokter lain pula pasarannya.

      3. nahhh cara DIY bisa bro lakukan di rumah, mengenai alat dan bahan sebenarnya saya sendiri belum pernah mencobanya… hanya lihat2 di KASKUS, coba masbro main-main ke link berikut KLIK DISINI

      tingkat keberhasilannya tidak bisa saya prediksi karena lum pernah mengalaminya, coba tinggalkan PM sama owner lapak nya kali aja dia bisa bantu

      semoga berguna

  2. wah mas ono artikelnya asik berat nih… Aku posisiny di palembang, dokter yg bgs n recomend km dimana? Pasang behel jg kan… Dmn?

    • halo shinta…

      mengenai dokter itu semua sama saja, tinggal bagaimana kita menyikapinya sukanya dokter yang mana, karena pada dasarnya semua dokter mempunyai alat yg standar dan sama tinggal “profil” si dokter sendiri yang membawa alat tersebut apakah akan membuat konsumen merasa satisfied, worth, atau malah kecewa. sebuah surel sudah dikirimkan ke email anda tentang dokter saya. semoga berguna🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s