Membersihkan mulut untuk si pengguna behel/kawat gigi

nahhh ini tulisan yang ono janjikan 2 minggu lalu. sori agak telat😛

baiklah, akhir-akhir ini penggunaaan behel/kawat gigi atau braces semakin menjamur… laris bak kacang goreng, semua buru-buru pakai walau sebenarnya nih behel idealnya dipakai untuk orang muda. tapi ada pepatah bilang “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan? (membela diri sendiri) heheheh:mrgreen:

jargon anak muda yang menyebutkan klo gaul musti triple B (be-BB, be-mobil, be-behel) hahahahha… semakin menguatkan animo masyarakat khususnya palembang untuk semakin menggunakan alat rekonstruksi gigi ini. so jika anda pengguna behel tapi tidak rajin menyikat gigi maka akan merugikan kita sendiri lho! gak malu apa klo dilihat perawat sama dokternya klo gigi kita ternyata kotor??? banyaknya rongga yang sulit dicapai si sikat akibat memakai behel. behel akan semakin mempermudah menempelnya sisa-sisa makanan yang akan menyebabkan bakteri Streptococcus mutans dan Lactobacilli akan cepat berkembang pesat menciptakan asam pada gigi… PH untuk membentuk karies pada gigi akan berlangsung dengan cepat apabila tingkat keasaman berada dibawah level 5,5 CMIIW (setara dengan asamnya saus tomat dalam botol) , dan TARAAAAA… GIGI BERLUBANG HASILNYA! takut gigi anda berlubang? segera ikuti tips saya dibawah:

langsung saja berdasarkan pengalaman yang ono dapat, browsing sana-sini inilah yang kamu perlukan

yang kamu perlukan adalah alat alat dibawah:

  1. sikat gigi yang lembut, boleh juga pake sikat gigi ortho… jika harganya menurut kamu mahal bisa di subtitusi kan dengan merek formula discovery seri extreme clean (penulis lebih cenderung ke opsi no. 2 karena menurut saya hasilnya lebih maksimal.)
  2. pembersih lidah, menurut riset di planet bumi kita… hehehe. menyikat gigi hanya mengurangi bau mulut sebesar 25% !!!! tetapi bila kita menyikat gigi disertai dengan membersihkan lidah, maka bau mulut akan berkurang 85% !!! cihuyyyy…..
  3. Obat kumur (mouth wash), ini merupakan barang wajib bagi behel user… karena ruang di gigi yang tidak  bisa dijangkau oleh sikat akan dibantu dengan obat kumur ini…
  4. niat yang sungguh-sungguh. lanjut baca klik read more nya dong…

CARA EKSEKUSINYA…

MENYIKAT GIGI

mulailah dengan menyikat gigi seperti di gambar… posisikan sikat diantara dua sisi gigi kamu, lakukan dengan gerakan ke kiri dan ke kanan… jangkau semua gigi atas dengan gerakan ini, LANJUT KE GBR 2

—————————————————————————————————-

lakukan gerakan yang sama untuk rahang bawah ya… DENGAN GERAKAN LEMBUT! biarkan kelenturan sikat anda yang bekerja! elastisitas bulu sikat sudah cukup kok🙂

————————————————————————————————–

 

Sekarang sikat lah bagian muka gigi dengan gerakan memutar, dan dengan sudut kira-kira 45 derajat. lakukan untuk semua sisi gigi. putar…putar…putar….

———————————————————————————————–

Lakukan untuk sisi gigi seri sebelah dalam… dengan gerakan naik-turun…. lakukan dengan hati-hati. banyak kasus pasien yang mengalami penumpukan plak/karang gigi didaerah ini… karena kurang bersih dalam perawatan hariannya.

————————————————————————————————

hal yang sama untuk rahang bawah… ini juga dilakukan dengan hati-hati karena kasusnya sama spt diatas… banyak orang terkena karang gigi di tempat ini. (lihat foto di postingan ono sebelumnya!)

————————————————————————————————

terakhir sikatlah bagian atas gigi anda sesuai gambar… lakukan dengan pelan namun pasti. pastikan semua area sudah disikat!… SELESAI?? belum cuy…. heheheheh ini baru 25% nya saja (mau tau apa sisanya?) lanjut ke bawah deh…

 

MEMBERSIHKAN LIDAH

 

ambil pembersih lidahnya… julurkan lidah anda… letakkan pembersih lidah di permukaan… perlahan tarik pembersih ke ujung lidah, ulangi untuk beberapa kali sampai dirasa hasilnya sudah maksimal (biasanya 4 x). ini sisanya yang 75% guys… lengkap sudah acara menyikatnya.

 

TAMBAHAN….!

gunakanlah obat kumur yang bagus… hal ini berguna untuk membersihkan permukaan gigi dan lidah yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi dan pembersih lidah diatas. kebetulan fotonya ada yg listerine🙂 boleh kok pake merek yang lain,…

 

FLOSSING…

sebenarnya ini tidak banyak orang yang suka melakukannya, selain harganya terbilang cukup mahal…mungkin karena caranya repot dan sedikit ektra konsentrasi… karena masukin floss ke sela-sela giginya… khusunya pengguna behel harus memakai alat bantu seperti tusuk gigi untuk memasukkan flossnya, mintalah saran dokter gigi anda untuk cara yang satu ini. nahhh sebagai rujukan ono coba lihat gambar dibawah:

tekuk floss sehingga dapat dikait, lalu masukkan ke sela archwire (kawat ditengah braket) nya… lalu lanjut ke gambar 2

tarik floss dengan gerakan maju dan mundur. lakukan dengan sabar dan hati-hati ya… jgn sampe archwirenya tertarik keluar (lepas).

——————————————————————————————–

Nahhh selesai sudah tips membersihkan mulut ala onomenulis, sekali lagi ono ingatkan ya… rajin-rajin lah menggosok gigi. dan jangan lupa untuk kunjungi dokter langganan anda untuk pengecekan gigi minimal sekali dalam 6 bulan. ada penelitian bilang, “untuk menikmati makanan sampai umur 80 tahun… sekurang-kurangnya dibutuhkan 20 gigi anda” (atau 70% dari total gigi yang ada). ada gigi palsu? Teman…. apapun dan dimanapun yang namanya barang asli dari Allah itu tiada duanya, atau dalam arti lain lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak dan menikmati makanan yang enak-enak dengan gigi kita sampe tua, ketimbang harus makan bubur havermouth karena gak bisa ngunyah lagi di usia 70 th. JIIIAkakakakakakakakkakakak.😆

Sekian dulu kali ini, SALAM ONOMENULIS

 

51 thoughts on “Membersihkan mulut untuk si pengguna behel/kawat gigi

  1. mu tanya…
    2 hari belakangan ini kenapa ya behel bawah aq itu jd berbau gtu..padahal aq baru ganti karet beberapa hari yng lalu…sebelum”nya ga bau gini juga…
    baunya itu kek bau gusi berdarah..padahal gusinya ga berdarah…
    aq bukan orang yang jorok ko..
    sikat gigi 2x sehari+ ngebersihin lidah rutin aq lakuin tiap hari…
    itu kenapa ya??
    ga nyaman banget aslinya…

    • Problem yang terjadi di daerah sekitar gigi, seperti masalah gusi, gigi berlubang atau karang gigi, bisa membuat napas jadi bau. Selain itu, gangguan penyakit lain yang sedang diderita juga bisa merambat ke timbulnya bau mulut. Mulai dari infeksi saluran pernapasan, gangguan kelenjar ludah, gangguan pencernaan, bronkitis kronis, sinusitis, hingga diabetes. Tak ketinggalan kebiasaan yang kurang sehat. Misalnya pola makan yang salah yg menyebabkan konstipasi (gangguan saluran pencernaan). nahhh sista tuh gak jelasin detil kenapa bisa bau. darimana sista tau behel bisa menyebabkan bau pada mulut atau Halitosis.

      apakah ketika menggosok gigi, soda yg dihasilkan pasta gigi berwarna kemerahan? atau coba perhatikan di cermin dan lihat gusi serta gigi sista…Tanda-tanda secara fisik dapat dilihat dari adanya lapisan putih pada lidah atau gusi. klo iya berarti gusinya meradang tuh. coba temui dokter gigimu untuk curhat.
      untuk hasil yang TERbaik, sista harus meminta jasa perawatan dari ahlinya, yaitu dokter gigi. btw sista buka jasa pemasangan kawat gigi ya?

      • Knapa gigi depan saya sebelahnya goyang, setelah memakai behel.
        Memang, gigi tersebut sudah maju k depan data dgn yg d sebelahnya.
        Apa tidak berbahaya?
        Bisa kuat lagi tidak?

      • Dlm proses menggunakan kawat gigi ada yg namanya mobility (yaitu keadaan dimana gigi goyang karena efek force dari archwire) seharusnya kamu senang dgn kejadian begini… Ini merupakan tanda gigimu sedang bergeser dan berubah ke susunan yg lebih baik, sesuai harapan dokter kamu. Jadi tidak ada yg perlu kamu kkuatirkan🙂

  2. gimana sih ngilangin karang2 gigi?? soalnya smenjak aq pake behel, karang gigi ku tuh menumpuk, pdhl stiap mkn aq rajin sikat gigi kok..!! klo kita ke dokter gigi , apa dokternya mau ngebersihin??? tkutnya giginya goyang,sakit, dn ngilu>>>… soalnya gigiku tuh lg masa2 goyang(joget kali).. mksud sy, gigi sy goyang klo digerakin pke jari…

    • klo gigi bergerak itu mah biasa klo dalam proses perawatan (mobility) krn gigi anda sedang digerakkan oleh perawatan ortho. dan gak ada masalah yang serius selama masih dalam penangannan yang ahli (dalam konteks ini ya dokter gigi kamu). itulah sebabnya ketika selesai kita akan dikasii retainer untuk fiksasi spy resorbsi dan aposisi tidak terjadi lagi sama gigi kamu.

      masalah karang gigi itu wajib dibersihkan selama pemakaian behel. krn yang saya tau karang gigi bisa menghambat pergerakan gigi yang sedang di treatment sama si behel.
      proses terbentuknya karang itu banyak faktor salah satunya krn kurangnya aktivitas dalam mulut dan sedikitnya produksi air liur… dengan banyaknya air liur maka mulut kita akan melakukan self cleansing (hebatnya ciptaan Allah🙄 )
      kebanyakan pasien behel pada bulan2 pertama pemasangan kurang aktif makannya (mungkin karena sakit) sehingga proses pembentukan karang (kalkulus) akan cepat terbentuk. saran saya minta saja penanganan dokter anda dia pasti mau kok ngebersihannya (pake scaller).

      itu saja pendapat saya… silahkan dikunyah-kunyah dulu. semoga berguna🙂

  3. hmm,smjak gw pake behel np gigi gw jd goyang gt…pengaruhnya ap tuh..? gigi qw bz tercabut nggak kl msh D’lanjutin pake behelnyx..?

    • Kalo dlm masa pemakaian kawat gigi adl wajar kalo gigi anda bergerak ( istilahnya mobility)….. Kan esensi dsr dlm pemasangan behel adl menggeser, merapikan, dll.
      Intinya itu normal kok jadi dk ada yg perlu kamu khawatirkan. gigi saya pun sama saja seperti yang anda alami🙂

  4. sy br 2mgg pake behel.wkt itu dokter sy blg klo slama 3hr makan yg lunak2 dl aja.sy ngrasain linu cm di hr ptama.hr berikutnya dah gak linu lg.hr ke4 dah brani makan mendoan (tempe goreng tepung),hr ke5 dah makan pizza.setelah 1mgg lwt dah gak brasa pake behel lg,smua makanan diembat aja.padahal sepupu sy yg pake behel jg ngeluh slama 1mgg gak bs makan slain bubur,katanya ngilu bgt.nah lohhh,yg gak normal yg mana neh??:-/
    mohon infonya ya,tq…🙂

    • Adaptasi tiap individu tuh beda-beda sis… Tergantung dengan tingkat parah-tidaknya gigi dan keadaan gigi serta tipe pesawatt orthodonti yg digunakan Ada yg cuma 3 harian. Ada juga yang kurang dari 3 hari atau bahkan lebih dari itu… Jadi tidak bisa digeneralisir (di seragamkan) yah… Tiap tiap habis kontrol rutin kamu akan merasakan sakit juga kok… Hal ini dikarenakan pergerakan gigi krn force dari ligature mu yg sedang kencang… setelah berapa hari enjoy sazaaaaa.:mrgreen:

  5. sbenernya sakitnya itu cuma 1 sampe 3 hari aja tp setelah itu uda nggk bersa lg.. Jd nggk usah takut pasang behel.
    Aku baru 1 hari pasangnya tp sakitnya nggk terlalu. (alhamdulillah)

    • cari aja yang umum dan dijual bebas “pasta gigi non detergen” alias pasta gigi yang gak pake soda. nah pasaran yg paling mudah ditemui adalah sensodyne dll.

    • menggunakan behel menyebabkan gigi kita susah untuk dibersihkan, banyak sudut-sudut dan celah yang karena behel yang tidak terjangkau sikat gigi… klo opini pribadi saya sih wajar wajar aja hal tersebut terjadi… biasanya tiap kontrol dokter gigi kita akan membantu membersihkan dengan scaller sehingga peluang untuk terjadinya plak bisa diminimalisir.
      untuk mita, ada baiknya menggunakan sikat khusus orthodonti yang mempunya shape bulu sikat khusus… banyak kok yg jual. dan gunakan obat kumur setelah menyikat gigi🙂

  6. hola, makasi untuk info nya, sangat bermanfaat :)) saya baru pasang behel 3minggu lalu , problemnya krn gigi saya berjarak, tp tumbuh bagus ,gak gingsul dsb. agak panik karna di awal2 minggu ke 3 saya merasa gigi2 saya goyang semua –” ..yang sy mau tanyakan, sy merasa gigi geraham bawah bergeser mundur, dan ini menyulitkan saya mengunyah, rasa ngilu nya luar biasa di semua bagian gigi blkg, kenapa rasa ngilu ini justru muncul di minggu ke 3? apakah ini wajar? terima kasih :))

  7. saya fran , mw tanya ni, jika seandainya kita pakai behel pada usia 23 tahn , apakah ada efeknya pada gigi, dan apakah dapat membuat gigi menjadi rata dan bagus???

  8. aku umur 22 tahun baru pakai behel , gigi aku di cabut 1 , itu pasti rapet ga ya kok jadi deg2an mana kalau abis ganti karet itu sakit bangett huahhhh ,. jadi berasa hoplles,, share dong biarr ga kepikiran negatif terus😥

  9. mau nanya makanan apa aja ya yang harus dihindari bagi pengguna behel ?
    soalnya kayanya tiap bulan behel q copot terus minimal 1 malah pas lebaran kemarin 3 sekaligus padahal barusan diganti breketnya cuma berapa hari makan keripik copot lagi

  10. saya mau tanya nie kenapa ya pas pakai behel ni gigi aku kuning trus ad item2 nyapadahal slalu gosok gigi 2x 1hari.,trus gigi aku gak pernah secerah dlu lgi jd mkin gelap aja warnanya…

  11. saya mau pasang behel tapi saya takut😮
    karna katanya ada beberapa gigi yg dicabut😦
    dan dan membuat gigi terasa ngilu
    tapi gak tahan juga dengar ejekan teman2 sekelas hee,,!!!
    klao bleh tau harga keseluruhan memakai behel brapa ya,,,???
    klo kmu biaya keseluruhanya brapa,,,???🙂

  12. saya pake behel sudah lebih dari 1 tahun..
    selama (rajin kontrol) itu dokter gigi saya tidak pernah melakukan scaling😥
    dan akibatnya gigi saya ada karang nya..

    Yang saya tanyakan, biasanya dokter ortho itu juga melakukan scaling atau ga?
    kalau saya scaling di dokter lain (dalam keadaan pasang behel) apakah tidak apa-apa?

  13. Mau tanya nih, katanya kalau mau pasang behel giginya ada yang dicabut. Terus kalau gingsung ke dalam, giginya harus dibonengin (dimajuin) dulu.. Apa benar?

  14. makasi banyak kak infonya bermanfaat bgt
    jadwal konsul ke dokter gigi khusus buat pemakai behel
    maximal selambat”nya tiap brapa bulan / brapa minggu sekali ya kak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s