(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 11

ono balik lagi!!!! yiiiiihaaaaaaa…

appointment ke-11 ini ada suka dan duka bagi ono… hiks… mau tau apa dukanya? hehehhe… lanjut bacanya juragan.

pertemuan ke-11 dengan dokter gigi saya berlangsung lancar… karena saya pasien ke-1🙂 lanjut baca klik dibawah yaaa….

kali ini gigi saya mendapat treatment yg luar biasa ngilunya… yaitu SLICING. slicing adalah salah satu metode treatment buat gigi yang tidak rata yang kemudian dilakukan pemotongan. kasus ono adalah sebagai berikut (perhatikan gbr ya…😛 )

coba deh perhatikan gambar giginya… tuh gigi seri ada semacam space sekitar 1 milimeter lebih dikit… nah supaya bagus dan “smile make over” nya benar-benar berjalan dokter saya memutuskan untuk men-slice nya… penampakannya bisa sis and bro lihat dibawah:

perhatikan kotak zoom yang ada dikiri dan kanannya, ono sudah buatkan perbanfingan before dan afternya… lumayanlah cenat-cenutnya dan ini kata bu dokternya akan terus dipantau tiap 3 minggu serta diperkirakan masih mau di slice lagi (semoga saya salah dengar… hehehehehe :mrgreen:   )  memang sih pas di slice di atas dental unit si dokter saya gak merasakan apa-apa… tapi ketika tulisan ini diketik cenat-cenut nya menggilaaaaaaa :cry:  gak sampai disitu dalam perjalanan pulang saya membayangkan gimana klo temen2 saya lihat space diantara gigi seri ini… wkqkqkkqkq habis deh jadi bahan olokan… klo dokter saya bilang NO PAIN, NO GAIN… aku tambahin yaaa dok WITH PAIN+ SHAME hasilnya GAIN oh yaaa kepang2-an kawat di rahang atas sudah dilepas sama dokternya, hal ini karena pemakaian ligature jenis power chain (ini kali pertamanya ku pake nih barang… sakiit nya seperti kembali lagi pada bulan juli 2010 pas pertama kali pasang.) dan satu lagi yg bikin saya sedih hiks….. saya gak bisa bersiul lagi (klo kemarin masih bisa bunyi walau gk keras sekarang sama sekali HENING! hiks…. hilang sudaghh kemampuan bersiul untuk cewek cantik yg lewat didepan mata ono😉

sedangkan kabar rahang bawah hanya dipasang power chain yang dikaitkan ke hook depan (dekat taring) yang ditarikkk ke geraham (M1) sip!

dan overall gigi atas bawah dapat dilihat dibawah:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

oh yaa sore pas kontrol ke-11 ini saya ketemu saya pengunjung blog ini, ARNAL namanya… berhasil deh kopi darat di klinik, karena sama-sama pasien drg. IAC. dalam pertemuan singkat tsb kami saling tukar pengalaman selama perawatan di klinik, beberapa waktu lalu saya juga sempat menanyakan testimoninya ttg dokter kami, begini dia bilang:

aku trlahir dg gigi yg trbilang ckup rapi,,tapi sewaktu usiaku sekitar 7 thn ada accident yg buat hmpr smw gigiku patah dan kepala trbentur,akibatnya ortu hanya fokus ke organ kepala.Setelah bbrp thn,akibat gigi patah yg ga sampe akar buat gigiku tumbuh ckup berantakan hal ini brtahan sampai usiaku 23 thn,stelah kerja dan ada ckup dana dan juga rekomendasi dr teman2,,akhrnya aku mmutuskan untuk datang ke imaya dental clinic….Awal masuk clinic,suasana nya udh nyaman,trus ktemu dokternya yg cantik wah tmbah adem clinicnya,trus tuh dokter kasih pnjelasan yg detail banget,busyeeet dah tmbah buat yakin nih dan finally nempel deh behel di gigi ku hahahaha…..kontrolku 3 mggu sekali,akibat kerja dluar kota,tp katanya sih gpp emg standardnya 3-4 mggu sekali,dan hasilnya wow puaaas deh…..tp kudu pasang 2 gigi palsu,,ini mslhnya…..”mahaaaal euy” wakakakak…..ada yg mo bantu ga???hehehehe……dr smw pasien dokter ima,cuma si ono yg aku kenal….koq bs y???

tuh dokter dipuji-puji sama si arnal wkqkqkqk….psssttt….ini bukan promosi lho…

dan sekarang ke ceweknya biar adil, ini namanya mbak SARI WAHYUNI (perhatikan… mirip sama mbak endang gk?) kenal juga lewat blog ini, mbak ini merupakan pasien pindahan, sempat juga tanya2 lewat blog ini. Alhamdullilah berbagi ilmu dan pengetahuan untuk membantu orang lain itu menyenangkan! eh ya klo mbak sari testimoninya begini nih:

Alhamdulillah, sejauh ini mbak sari secara pribadi merasa puas ditangani oleh dokter Ima dan perawat yang ada disana.
Tempat yang nyaman & perawat yang ramah.
hanya sedikit tambahan ajah, kayaknya harus dipegang 1 org perawat saja, khusus untuk me “manage” untuk masalah penyimpanan data pasien (spt : data ronsen & replika gigi yg lama). agar ketika pasien sdh siap untuk diperiksa dokter,tidak hrs mencari terlalu lama. karena pasien disana sudah sangat banyak sekali.
Sepertinya hanya itu saja tambahan dari saya. agar Imaya Dental Clinic bisa menjadi yang terbaik di daerah Sumatera Selatan ini.
Maaf apabila ada salah dalam perkataan saya. Terima kasih

hmmm makasih juga buat mbak sari atas partisipasinya. tapi klo menurut ono rasanya cepat2 saja… mbak… bukan mencari datanya… tapi karena antri pasiennya nya yang wahhh rame sekaleeeeee, atau mungkin ada yg pasang braces atau treatment yg membutuhkan waktu yg lama…🙂;

sekian dulu diary bulanannya… semoga bermanfaat dan tetap pantengin terus onomenulis untuk hal-hal absurd namun berguna lainnya:mrgreen:

 

 

note: buat cowok dan cewek yg suka sama JEANS WRANGLER… dalam 4 hari lagi ono mau bikinkan panduan fitting jeans nya! rubrik ini menjadi rubrik perdana dalam TAG FASHION di blog onomenulis.

 

 

18 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 11

  1. setuju banget….
    gw udah 1thn pake beghel nih. biarpun udah uzur.

    muka jadi lebih ramping.
    bibir makin imut.
    pokoknya top deh dokter gigi gw.
    dia bilang salah cabut gigi, muka jadi menyong.
    eh bener. hasilnya org2 bilang muka gw yg dulu gemuk, keliatan makin langsing skrg.
    hehehe
    beghel emang TOP dah.

    • iyakkk…betul. tambahkan kepercayaan diri anda dengan merapikan gigi. konon katanya… orang pertama kali melihat subjek itu dari senyumnya dulu (itu jika klo dia tersenyum),… hehehehe😛
      congrat buat usahamu bro!

    • sebelumnya saya ucapkan: terima kasih sudah mampir di blog saya…
      coba-coba dijawab ya bro.
      Pemakaian kawat gigi/pesawat orthodonti sudah bisa dimulai sejak masa gigi bercampur/masa pergantian gigi, sekitar usia 8 tahun OK, jadi gigi serinya sudah tumbuh semua sehingga analisa model lebih mudah dilakukan. Kalau paling tua, sebenarnya tidak bisa diberi batasan pasti juga, karena di jurnal ilmiah (di luar negeri) pernah memakai subjek usia 58 tahun, researchnya mengenai pemakaian implan sebagai penjangkar kawat gigi. hasilnya keren banget, udah kakek2, sisa giginya tinggal yang depan, jadi gigi belakang dipasang implan sebagai tempat penjangkar (seperti cincin yang dipasang di gigi geraham). setelah gigi depannya terkoreksi/rapi, baru mahkota implannya dipasang. Hasilnya KEREN.

      Hanya saja, seperti yang saya tulis di pembuka trit, pada usia di atas 40 tahun, proses pembentukan tulang lebih lambat dibandingkan proses penghancuran, jadi lebih banyak penghancuran daripada pembentukan kembali. yang ada nantinya malah jadi kacau, karena kalau tidak seimbang bisa jadi perubahan profil/penampakan wajah. Jadi perlu dipertimbangkan lagi baik buruknya. sejauh yang ada sih memang masih relatif aman2 saja, namun tentu masih ada resiko yang perlu dipertimbangkan seperti yang saya sebutkan di atas.

      Detailnya panjang nih kalau mau diketik semua..coba deh bro Aaron googling dengan keyword: remodelling-resorpsi-aposisi-orthodonti appliances mechanism.

  2. Siang…

    Pengen tanya, gw kmrn abis cetak gigi di salah satu sp.ort di jakarta, menurut beliau ga perlu dicabut, karena susunan gigi gw dah bagus, sayang. Nanti gigi seri gw akan di slicing aja..

    Ngeliat pic diatas kok kayaknya linu banget ya, seberapa lama ya bisa rapet?? awalnya bersyukur ga perlu cabut karena gw ga pd ompong, tapi kl 6 gg depan gw di slicing… walahhh lebih ga pd kali ya😮

    Tks penjelasannya…🙂

    • slicing itu bertahap sis… setiap kali slicing biasanya 3 minggu udah rapet. (untuk tiap kali slicing). berdsarkan pengalaman saya slicing itu tidak sakit sama sekali karena yg dipotong kan cuma lapisan terluar dan gak sampe merusak/mengganggu saraf gigi (kayak dicabut).

  3. kalo umur 30an ke atas mah, mending urungkan pakek behel.. daripada umur 50an giginy rontok.. sebab pakek behel itu giginya bergerak/goyang 3 derajat yah kalo ga salah? sbnrny umur 20an jg kurang efisien lagi..
    paling efisian umur 8 tahunan.. atau pergantian gigi susu..
    CMIIW

    • hummm….. memang benar klo memasang kawat gigi untuk bite reconstruction, orthodontic treatment, harus dilakukan setelah tanggalnya semua gigi susu/bungsu (umumnya dilakukan 13 tahun keatas).
      edukasi yang benar adalah:
      Respon jaringan pada anak-anak lebih cepat.
      Rilep pada orang dewasa lebih kecil pergerakan gigi lebih lambat sehingga waktu untuk menstabiliser pada tempat yang baru lebih banyak.

      dan satu lagi…
      Tulang alveolar mempunyai sifat adaptive respon (suatu sifat yang dapat beradaptasi terhadap tekanan yang diterimanya)

      “intinya adalah: bisa sih bisa lala… cuma waktu yang diperlukan orang dewasa, dalam rekonstruksi akan berjalan lebih lambat karena kesimpulan diatas.”

      semoga berguna. salam onomenulis.:mrgreen:

  4. ikutan comment yaa. gw nedia. rada bingung sih knp lo bikin report lgkp bgt soal behel,lo dokter gigi? gw kan pk behel jg nih udh 3 taunan,skrg ini arcus gigi gw udah bagus,tp blkgn ini gw ngerasa antara gigi seri gw (yg tengah) tingginya kok ga sama.kayak yg satu lebih njelesep ke dalem gitu.krn skrg gw lg d tmpt nun jauh dr mana2 gw ga bs jg ketemu ama orthodontist gw.btw,lo pk behel d jkt?drg sapa?minta alamatnya dong,kayanya hasilnya memuaskan tuh drg lo.thankks

    • nedia… sayangnya saya domisilinya di palembang dan dokternya juga cuma praktek di palembang😦

      kenapa saya bikin report ini?🙂 pada mulanya blog ini saya dirikan iseng untuk menyalurkan hobi saya nge-blog yg dimulai 1 tahunan lalu… dan aku pikir topik laporan personal orthodonti keknya lum ada yg bikin di palembang, dan coba2 bikin deh… akhirnya ya… nedia bisa lihatlah sekarang. banyak sesama pasien orth. yg mampir dimari saling tukar informasi, sharing pendapat tentang ajaibnya pengalaman sama dok. gi masing2:mrgreen:

  5. eh eh.. saya baru cetak dan nanti tanggal 31 ini pasang behel.. umur saya 26 tahun.. masalah gk sih? haha telat banget yah.. abisan nunggu punya duit.. biar bisa ngambil dokter yg beneran spesialis😛 makasih ya jwbannya😉

  6. aku lg pasang behel nih. dokter bilang suruh cabut atau slicing. mau tanya, brp lama yah rapetnya waktu pengalaman ono di slicing dan cabut?

    trims loh

    • cabut itu progressnya bertahap…
      pada umumnya dan berdasarkan pengalaman saya butuh satu tahun buat ngerapetin gap nya.
      trus maintenance sesudah cabut yg bikin mumett…hehehehe.
      klo saya:
      1. pasang elastics
      2. pake loop archwire
      3. pake power chain (ini yg paling sering)

      search aja pengalaman saya di blog lengkap kok. liat category imaya dental clinic. baca ampe abiss..:mrgreen:

      klo slicing mah gampang banget rapetnya… 2 bulan udah ok kok. nothing worry about it. NO PAIN NO GAIN! semangat!

  7. Ping-balik: (Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 28 « Laporan Ono kepada Dunia

Tinggalkan Balasan

