BRUXISM di gigi saya :x

aib kok diceritakan sih… hehehhe. biarin lah. edukasi buat sesama pasien dokter gigi. kan sesuai dengan pembukaan UUD 45.  yang berbunyi:

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan..” pssssttt… Ilmu itu mesti dibagi2 biar bermanfaat buat khalayak ramai:mrgreen:

meskipun gak nyambung sebenernya dengan tujuan UU itu sediri. tapi saya suka nih dengan kata kata yang bercetak tebal diatas:mrgreen: wkqkqkkqkqqk

balik dan fokus lagi ke topik diatas, coba teman2 perhatikan gambar dibawah –>awas… BANDWITH KILLER. soalnya klo filenya aku kecilin gak jelas bruxims nya🙂

bruxims system adalah suatu perilaku menyimpang dari sebuah kebiasaan diluar kontrol manusia. gigi seri akan saling beradu/menggertak dengan keras dan cepat. beberapa kasus ditemui bruxims terjadi disaat mereka tertidur! umumnya di yang menjadi korban adalah insisif atau gigi seri. apalagi gigi seri bawah… lho kenapa parahnya dibagian bawah ya? lhaaa buka lagi ya buku fisikanya. benda yang menahan tumbukan itu dimana2 pasti akan mendapat beban lebih parah daripada media yg memukulnya. begitu pula nasib si gigi seri bagian bawah. akan lebih parah dibandingkan yang bagian atas.

Abrasi Atrasi Merupakan suatu kondisi hilangnya lapisan gigi (email ataupun dentin) akibat gesekan antar permukaan gigi. Dijumpai pada orang dengan kelainan bruxism (kebiasaan menggesek-gesekkan gigi), dan pada orang tua (karena penggunaan gigi yang sudah berlangsung lama) tks buat blogger GilangSoLamby atas koreksinya

kasus ono masih lumayan ringan lah… ada kasus seperti kawan saya yang mengalami bruxims system luamayan parah… gigi nya hampir 30%  habis dan hancur abrasi kena bruxims😯 terkejut ane melihatnya! dan yang paling ditakutkan bagi penderita bruxims ini adalah gangguan pada engsel rahamnya (TMJ__temporomandibular joint), atau di dunia pertukangan gigi:mrgreen: bilang TMJ temporomandibular joint disorder

untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan TMJ… ehhh! bukanTelor Madu Jahe yg buat orang dewasa itu ya!:mrgreen: quote dibawah yg berasal dari wikipedia:

Sendi temporomandibular adalah sendi rahang dan sering disebut sebagai TMJ. Ada dua TMJs, satu di kedua sisinya, bekerja di serempak. Nama ini berasal dari dua tulang yang membentuk sendi: tulang temporal atas yang merupakan bagian dari tempurung kepala (tengkorak), dan tulang rahang bawah disebut mandibula. Fitur unik dari TMJs adalah artikularis  disk. Disk terdiri dari jaringan fibrocartilagenous (seperti perusahaan dan tulang rawan elastis fleksibel telinga) yang diposisikan antara dua tulang yang membentuk sendi. Para TMJs adalah salah satu sendi sinovial hanya dalam tubuh manusia dengan disc artikular, lain bersama yang sedang sternoklavikular. Disk masing-masing membagi bersama menjadi dua. Kompartemen bersama rendah yang dibentuk oleh mandibula dan cakram artikular terlibat dalam gerakan rotasi – ini adalah gerakan awal dari rahang ketika mulut terbuka. Kompartemen bersama atas dibentuk oleh disk artikular dan tulang temporal yang terlibat dalam gerakan translasi – ini adalah gerakan meluncur sekunder rahang karena dibuka secara luas. Bagian dari mandibula yang pasangan ke permukaan-bawah dari disk adalah kondilus dan bagian dari tulang temporal yang pasangan ke permukaan atas disk adalah glenoid (atau mandibula) fossa.

Sakit atau disfungsi dari sendi temporomandibular sering disebut sebagai “TMJ disorders”, padahal sebenarnya, TMJ sebenarnya adalah nama dari sendi, dan gangguan Temporomandibular bersama (atau disfungsi) disingkat TMD. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada sekelompok masalah yang melibatkan TMJs dan otot, tendon, ligamen, pembuluh darah, dan jaringan lain yang terkait dengan mereka. Beberapa praktisi mungkin termasuk leher, punggung dan bahkan seluruh tubuh dalam menggambarkan masalah dengan TMJs.

perhatikan juga gambar TMJ yang ditunjukkan panah hitam pada gambar tengkorak  dibawah:

bagaimana klo kita mengabaikan abrasi gigi ini…

Apabila lapisan email hilang, atau akar gigi terbuka yang menyebabkan tabung-tabung kecil dari dentin ini terbuka, maka dapat terjadi sensasi linu sampai sakit bila diberikan rangsang seperti rangsang suhu (makanan atau minuman yang panas atau dingin), rangsang sentuhan, rangsang osmotik (makanan manis), dan rangsang kimia (asam, obat kimia pemutih gigi). tks buat drg. zusans imran

nah apakah gigi anda mengalami BRUXIMS SYSTEM? klo iya harus cepet2 ke dokter gigi tuhhh…  sekarang banyak sekali cara agar abrasi di gigi bisa dihilangkan dengan sempurna, saya kurang tau juga treatment apa yg cocok utuk atrasi gigi ini… silahkan tanyakan ke dokter gigi langganan anda. jgn dibiarkan berlarut-larut ntar tambah parah gigi kamu bisa ngilu lho karena abrasi atrasi yg parah. ok sekian dulu artikelnya silahkan dikunyah-kunyah dahulu sebelum ketemu sama dokter giginya. klo mau tanya siapa sih dokter gigi saya sms saya saja ya, atau korespondensi lewat email… jgn disini nanti melanggar UU lho:mrgreen:

10 thoughts on “BRUXISM di gigi saya :x

  1. like thissss, meski bingung sih.. :p

    Temenku lg pake behel, br 2 bulanan, tau2 rahangya geser, smpt ke UGD RSPI tp bisa balik sih dan sekarang lanjut terapi ke pakar TMJ dr UI..

    Nah ada hubungannya antara behel dgn pergeseran rahang? atau memang dr awal udah ada penyebabnya? oh iya, dy emang punya kebiasaan, kl lg stress gertakin gg atas nya ke gg bawah.. *sepertinya sudah menjelaskan yah* hehhe…

    Eh, posting soal slicing dong, ngeri nih :((

    • hummm… kan waktu gigi saya di slicing kemaren udah ku posting klik disini nah waktu aku bikin artikel ini kan baca2 gitu di berbagai sumber, kesimpulan sementara adalah: “gak ada hubungannya sis antara pakai behel dengan pergeseran rahangnya, justru bad habit kawannya yg suka menggertakkan giginya–walau sebenarnya dia juga gak sadar melakukannya yg mempunyai efek samping sama TMJ. bruxims akan menyebabkan gigi pelakunya atrasi (seperti tergerus perlahan-lahan) yg akan menyebabkan trauma pada TMJ nya–> CMIIW.

  2. mas ono… keren artikelnya, kebanyakan artikel yg mengulas bruxims pake bhs inggris, jadi gak ngerti. untung ketemu sama blog nya ono.

    mau tanya nih: klo gigi yang terkena atrasi seperti yang mas jelaskan diatas, apakah ada cara yg dilakukan seorang dokter gigi untuk merestorasi gigi tersebut seperti sedia kala? ditunggu ya mas…🙂

    • ini saya coba bantu menjawab permasalahan sista, jawaban ini datangnya dari seorang yg ahli di bidangnya, tks for drg. IAC saya copas disini:
      Tergantung tingkat keparahannya
      Kl ringan masih memungkinkan utk di tambal komposite yg full esthetic
      Bisa di Veneer..sampai d Crown sebenernya Veneer kontra indikasi utk pasien bruxism
      Intinya kalo restorasi gg sih gampang..tergantung seberapa parah ggnya atrisi..
      Kl da sampe mengganggu esthetic..gg nya jd pendek2 bgt ya di-crown da plg bener..
      Nanti udah dicrown..dia wajib..kudu..harus pake Night guard…
      Utk melindungi restorasi yg sdh dbuat
      kl ga terlalu parah..kyk Wahyu kan jg gg nya atrisi tu..
      Ya ditambal aja..pake resin komposite
      Trus tetp jg pk night guard..
      Kl gak pasti abis jg tambelannya..
      Krn gaya mekanik bruxism tu guedee bgt..
      gg kita yg buatan Tuhan aja bisa kalah..apalagi buatan manusia (tambelan, crown Zirconia yg katanya plg kuat aja bisa pecah jg..🙂

  3. Menurut aku ada hbngnnya memakai behel dengan pergeseran rahang, yh sprti kasus sy dulu rahang saya digeser keposisi yg smstinya mnggunakan kawat gigi karena sebelumx rahang sy miring ke kanan..

  4. Ping-balik: (Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 14 « Laporan Ono kepada Dunia

  5. mas ono..bruxism itu kan terjadi saat kita tidur, dalam keadaan tidak sadar. selain pakai night guard perawatannya juga harus dicari penyebabnya. Biasanya stres yang berkepanjangan dan muncul saat tidur jadi di bawah alam sadar… ayo, lagi stres apa?

    • waaa… ada bu dokter yg mampir dimari🙂 welcome.

      wah saya juga gak tau nih stress apa dok, hidup saya ini penuh tantangan… suka ini suka itu… orangnya penasaran tingkat tinggi akan sesuatu hal. heheheheh:mrgreen:
      tapi klo di golek lebih lanjut tuh atrisi gig saya mungkin juga karena susunan gigi crowded saya sebelum pemasangan behel. eniwei nih dokter domisili dmn?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s