TUSUK GIGI berbahayakah untuk gigi & gusi kita?

lagi-lagi, saya harus ketemu sama paragraf pembuka. sebuah paragraf yang selalu ingin saya hindari kalo nulis. tapi ya mau gimana lagi? saya harus tetep nulis. jadi ya begini lah paragraf pembukanya. tak berbobot. daripada semakin ga jelas, lebih baik langsung aja saya nulis paragraf isi, yuks:mrgreen:

Sebagian besar diantara kita mungkin akrab dengan tusuk gigi. benda kecil panjaaaang… dengan ujung meruncing itu kerap ditemui di meja makan rumah hingga kelas restoran berbintang. tak dipungkiri… fungsi benda tersebut memang membantu, apalagi behel user seperti saya🙂 ada nyelippp dikit SIKAAAT dengan tusuk gigi😮

sayangnya meski bermanfaat, penggunaan tusuk gigi ini ternyata tidak disarankan oleh dokter gigi.?!? lho kenapa toh mas… BEGINI CERITANYA:

saat mengorek makanan  di sela gigi, otomatis gigi ikut tertekan. jika sering dilakukan, dalam jangka waktu tertentu, posisi gusi bisa menurun (gingvitis). sebab gusi akan kalah dengan tusuk gigi yang berukuran lebih besar.

biasanya hal ini kerap terjadi di area molar (geraham) karena memang daerah tersebut memang TKP-nya barang terselip, dan paling banyak kasus kerusakan gigi ditemui disini mulai dari gigi berlubang, karang dll. yg dapat memicu terselipnya sisa makanan di molar. hmmmm… ujung-ujungnya tusukkkk gigi😦

lanjutnya, posisi gusi yang menurun ini menurun akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman, gigi terasa seperti berlubang… padahal ngak. sebab gusi yang biasanya mengisi beberapa milimeter ruang diantara gigi akan turun kebawah. karena kasus ini banyak juga orang-orang yang meminta ditambal giginya (mungkin dikiranya berlubang/ ada lubang mikro) padahal yang sebenarnya terjadi gigi mereka baik-baik saja hanya karena gusi mereka yg terbuka akan menyebabkan ngilu tersebut😦 dan celakanya masihhhh ada juga yg tetap ngotot minta ditambal. tapi tahukah kamu… dengan menambalnya hanya akan menambah beban gusi… ujung-ujungnya posisi gusi akan semakin menurun dan tidak tertutup kemungkinan gusi akan terluka atau bleeding (mengeluarkan darah) ketika menggosok gigi CMIIW🙄

bahkan beberapa literatur yg dibaca oleh saya… dengan mencongkel sisa makanan tersebut malah akan mendorong masuk sisa makanan ke selah yg lebih dalam diantara gigi… yg akan menyebabkan gigi busuk ditengah, dan ngiluuuu😦

makanya kebanyakan dokter gigi malah menyarankan penggunaan dental floss (benang gigi) untuk menyingkirkan sisa makanan tersebut…. memang sih harganya lumayan deh mahalnya tapi ingat deh. “tanpa efek samping” cara penggunaanya pun mudah dan tidak terlalu sulit, benang flossing dimasukkan ke sela gigi dengan menekannya dengan lembut… setelah itu tarik perlahan ke atas dan dijamin kotoran akan keluar tanpa perlawanan dan tanpa sisa.

dipasaran banyak sekali dental floss berbagai merek dan jenis, diantaranya:

sebenarnya ono lebih suka dengan dental floss di gambar kedua (yang paling bawah)… karena gak perlu lagi potong2 floss nya, tinggal pake karena udah ada gagangnya dari pabrik, dan harganya pun lebih murah😉

akhir kata sekian dulu artikel ringan sebelum saya menemui dokter gigi saya hari ini 8) silahkan dikunyah-kunyah dahulu dan ambil maknanya. semoga berguna dan salam ONOMENULIS:mrgreen:

3 thoughts on “TUSUK GIGI berbahayakah untuk gigi & gusi kita?

    • gambar yg paling bawah itu floss yg paling gampang dipake… tinggal dorong floss nya diantara sela-sela gigi dari arah dalam keluar untuk membersihkan daerah yg tidak terjangkau sikat gigi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s