FIRST IMPRESSION dan kupas tuntas, tanya jawab EPSON L100/L200 CISS by Epson Japan

yup… sesuai dengan judulnya kli ini ono mau membahas tentang printer fenomenal dari EPSON JEPANG… printer yang sengaja dibuat khusus buat pasar Indonesia. printer ini sangat berbeda dari printer yg lain karena dilengkapi dengan CISS asli dari jepang, tinta asli dari jepang tapi printernya di rakit di Filipina:) sesuai standar Epson.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

yg pertama harus dilakukan dengan printer Epson L100/L200 ini adalah mengisi tinta nya… setelah membuka paket tintanya tampak 6 botol cantik dilalam kemasan bundling nya… segera ono isi satu persatu ink tank nya:) sebelum menjalankan proses “ink charging” yang memakan waktu 20 menit.

setelah Ink charging barulah kita install softwarenya dan memasukkan No. id masing-masing tinta (hal ini harus dilakukan atau jika tidak printer akan menganggap tinta ink tank kita tidak pernah diisi! setelah selesai menurut pengalaman ono… inkcharging tidak sepenuhnya menghantarkan tinta ke cartridge internal di dalam… masih butuh printhead cleaning sebelum melakukan printing… nah dan hal yang sangat penting harus dilakukan orang yg punya printer (namun kebanyakan tidak tahu!!😦 ) adalah PRINTHEAD ALIGNMENT,,, yaitu sebuah fitur yang dimiliki printer untuk meng-kalibrasi sumbu x dan y pada print head. fungsinya akan sangat berguna jika kita menceak dokumen yang ada garis/tabel atau gambarnya. akan tercetak sangat rapih dan lurus. jika ini tidak kita lakukan akan membuat garis/tabel/gambar bengkok2… patah2 kayak goyang annisa bahar:mrgreen:

KELEBIHAN EPSON L200 menurut saya:

  1. dilengkapi CISS (continous Ink Supply System) yang asli pabrik/ desain asli epson dan buka tambahan menjadi nilai utamanya
  2. warna dasar body printer hitam dengan bagian atasnya (tutup scanner) dilapisi bagian “Anti-Fingerprint” hal ini cukup membantu sehingga ketika menyentuh printer tidak terlinggal sidik jari kita… kompetitor saingannya dengan harga serupa masih menggunakan lapisan resin sehingga meninggalkan jejak sidik jari… terkesan kotor👿
  3. body printer tergolong kecil… mudah menempatkannya di tempat yang tidak terlalu luas.
  4. LOW NOISE:) polusi suara ketika printer ini ber-operasi sangatlah rendah nyaris tak terdengar… tidak perlu lagi fitur quiet mode seperti pesaingnya heheheheheh:mrgreen:

KEKURANGAN EPSON L200 menurut saya:

  1. hasil cetak PPM untuk B/W dan color menurut saya berada pada speed sedang, kompetitornya dengan harga serupa akan mencetak lebih cepat…
  2. warna black pada tinta nya kurang hitam😦 tidak terlalu pekat… mungkin ini dampak penggunaan dye base ink🙄
  3. tombol copier kurang lengkap… tidak ada tombol jumlah copy tertentu misal… jumlah copy dari angka 1-9.
  4. paper tray out susah dibuka… agak keras dan ngeri patah😦

sekilas setelah membuka box printernya kita dapat melihat sebuah printer berwarna hitam, dengan tangki tinta di sisi kirinya… 6 botol tinta standar(terdiri dari Bk 3 botol dan C,Y,M masing2 satu botol), serta perangkat standar lainnya seperti kabel USB, kabel AC power, CD driver dan Software bundling.

segini saja dulu yang ono bahas mengenai printer ke-2 di kamarku ini… klo ada pertanyaan tinggalkan saja komen dibawah sebisa mungkin saya bantu dengan tulus:mrgreen: selanjutnya ono akan bagi tips buat L100/L200 untuk membuat waste ink bottle sehingga lebih efisien… jadi gak kebanjiran deh popok di dalam printer ituuu… tunggu deh artikelnya:)

355 thoughts on “FIRST IMPRESSION dan kupas tuntas, tanya jawab EPSON L100/L200 CISS by Epson Japan

  1. Oom ONO:) Saya Ijin Nanya ! Gini Masalah Paper Jam –> remove any remaining jammed paper by hand, then press the copy button on the printer
    Apa Yang Harus Saya Lakukan ?Terimakasih..

  2. kenapa printer L800 saya yang warna hitam tidak normal keluarnya…. padahal sudah di cleanin… tolong bantuannya…. thanks

  3. mas mau tanya cara mengatasi epson L100 kalau ngeprint kertasnya tertarik semua ga bisa satu-satu..mohon bantuan pencerahannya…..

  4. gan tolongin ane, epson ane L200 salah isi tinta,pada saat tinta hitammau habis dalm tangki, saya isi pake tinta biasa yng pk suntik…jadi tercampur dengan tinta asli dari epson, kmudian hasil print nya untuk yang hitam jelek, buram, dan bergaris. mhon solusi gan

  5. gan….ane mau tanya…printer epson l200 ane lampu indikatornya menyala smua hal itu terjadi setelah ane power cleaner tu printer. kira2 apa ya yg nyebabin hal itu?apa karena waste ink pad nya penuh atau apa?mohon bantuanya ya gan.
    kirim ke email ane : tito_gn85@yahoo.com
    terimakasih.

  6. Barokallohufik, maaf mas ono mau tanya apa penyebab matinya printer L100 secara tiba2. kemarin bisa tapi besoknya mati total. apa ada solusi sebelum kita meski ke servis? trimakasih. oya maaf mas Ono, waktu pertama buka web saya pikir Ono adl pak Ono W. Purbo yang suka berbagi ilmu..eh ternyata berbeda orang tapi sama kebiasaannya…

  7. kang mas mo numpang tanya nih kira-kira klo lampu led 33nya plip plop pada epson l200 yang rusak apanya hardware apa software… solusinya gimana kangmas makasih yo

  8. mas ono, saya punya L 110… permasalahan saya ada adalah ketika printer paper jam saya matikan saya cabut kertas yg nyangkut di dalam printer searah roller print out. nah ketika dinyalah kembali ada indikasi lampu power dan resume ngeblink secara bersamaan.. mohon pencerahannya. terima kasih.
    advent Surabaya

  9. Permisi Gan numpang tanya dan mohon bantuannya.,

    knpa disaat kita lagi ngeprint, selalu keluar hasil print lainnya yaitu laporan sumber dokumnet yg di kita print. gimana cara menghilangkan atau agar tak keluar lagi disaat kita ngeprint.,

  10. bro aku punya printer epson l800, setiap aku print full color pada hasil print ke lembar 10 sampai seterusnya muncul garis2, udah dicoba head cleaning, tapi hasilnya setelah lembar ke 10 muncul lagi garis2nya, mohon pencerahannya terima kasih

  11. Ane share L200 ke jaringan, tapi waktu coba print yang kecetak cuma 1/2 halaman terus berhenti dan kertas masih ketahan di salam printer (kaya mode pause di Lx series). Mohon solusi masgan. Tq

  12. mas ono bagimana lau pengisian tinta.x tidak muncul permintaan ID number.x pada epson L 200,, n tinta.x msih ada namun pda ket. udh habis,,, baru tombol how to nda muncul jga…. mohon d. bantu ya mass

  13. mas saya kan mw cleaning printer, tapi saya klik menjadi power cleaning .
    trus tiba-tiba saya mau ngeprint lagi sudah gak bisa.
    lampu tanda power pun di printer kelap kelip, dan lampu kertas sama lampu tinta nya berwarna merah..
    tolong mas solusinya..

  14. Numpang nanya bos..
    Sy br aja mmbeli printer ep l100 dan menggunakan tinta sublim, awalnya baik2 aja bos sampai bbrp kali pemakaian ada peringatan tinta hitamnya minta segera diisi. Pas cek di tabung ternyata masih banyak banget bos. Mohon pencerahannya..

  15. mas.. mau tanya.. printer saya epson L200.. tinta masih ada.. waktu mau print lampu tinta dan kertas menyala terus.. kira” kenapa ya.. thanks

  16. Mas Ono saya mo nanya nih, saya mempunyai printer L200 tetapi setiap mo ngeprint kertas tidak mo masuk alias mental. Baru setelah saya bantu masukkan secara manual baru bisa masuk ( kertas yang saya gunakan rata
    rata 180 – 230 g. Trus kemaren buat poto copi sekitar 10 lembar….eh malah sekarang ketika printer dinyalakan malah kertasnya jalan terus…ngeprint ga bisa. Tks ya atas responnya

  17. sy punya L800 bru sy beli sekitar satu minggu,,waktu saya pake cetak photo kok gambar nya muncul setengah tolong solusinya.terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s