TIPS: buat sendiri “waste ink bottle” EPSON L100/L200/L800

lanjutan artikel kemaren… ini ono bagikan tips bagaimana membuat waste ink bottle untuk produk EPSON L100/L200/L800 anda.

menurut ono sendiri kekurangan printer infus yang satu ini adalah tidak disediakannya waste ink tank yang memadai untuk sebuah printer infus asli pabrikan epson… karena kebanyakan kasus yang ditemui di lapangan adalah… perlunya sebuah wadah waste ink yang besar untuk printer infus dikarenakan print head yang telah dipasang CISS (continous ink supply system) menuntut print head cleaning yang lebih “extra” dibandingkan inkjet cartridge… CMIIW

setelah berbikir selama beberapa hari dan telah dilakukan eksperimen ringan mengenai percobaan saya ini, saya berhasil membuat “waste ink bottle sederhana dengan botol asli epson jepang! lho kok bisa… :mrgreen:  ” serta saya sudah coba sendiri di printer epson L200 saya dan hasilnya LUAR BIASA! ok. ikuti tipsnya dibawah…

yang anda perlukan adalah

BAHAN YANG DIPERLUKAN:

  1. obeng minus kecil
  2. mata bor buat ngelubangin botolnya… atau pake apa saja yg bisa bikin “round hole” di botol…
  3. cutter
  4. double foam tape
  5. selang aquarium diameter sedang… 30 cm saja (klo ada yg jenis silikon… lebih bagus buat bhn kimia kayak tinta :) )
  6. elbow selang aquarium 3 buah
  7. sambungan lurus selang aquarium 2 buah
  8. korek api gas secukupnya :mrgreen:
  9. dan bahan utamanya adl…. BOTOL TINTA BEKAS EPSON nya… pake aj yang bekas warna hitam biar matching :roll:
  10. kapas facial wajah, 2 lembar saja

CARA MEMBUAT :

step by step perhatikan gambar dibawah ya,,, pastikan anda melakukannya dengan benar.

LANGKAH 1 :arrow: Buka cover waste ink pad pada bagian belakang printer… letaknya persis dibawah stiker yang terdapat serial number printer anda… nah klo udah kebuka, akan terlihat popok pad pembuangan tinta dengan selang yang dicoret warna pint spt gambar diatas 8)

Langkah 2 :arrow: Lubangi cover waste ink pad yang anda buka tadi dengan mata bor… gunakan saya tangan untuk memutarnya, karena media yang di bor tidaklah terlalu keras… lakukan pelan2 agar hasilnya rapi, klo caranya benar hasilnya akan tampak seperti gamabr dibawah

Langkah 3 :buat konstruksi selang dari botol pembuangan seperti tampak pada gambar dibawah… gambar yang pertama adalah gambar mulut botolnya, ada dibikin lubang pernapasannya supaya gak ada kickback ke printhead klo lagi bersihin printhead…

JIKA ANDA SUKSES HASILNYA AKAN TAMPAK SEPERTI GAMBAR DIBAWAH.. :)

masukkan juga 2 lembar kapas ke dalam botol, gunanya untuk mencegah agar tinta tidak “leak” sebelum kering di botol. otreeeee :)

Langkah 4 :arrow: cabut selang dari waste ink pad… perhatikan gambar selang yang pertama (ada bekas tinta pink) nahhh itu yang dicabut… dan sambungkan dengan selang dari botol… (yg ada sambungan I di selang silikonnya… (perhatikan gambar diatas).

langkah pamungkas :arrow: setelah selesai… bentuk selang seperti gambar dibawah, dan rekatkan botol dengan double foam tape sepanjang 5 cm dibelakang printer… lakukan proses cleaning untuk memastikan karya anda bekerja. SELESAI!

Ini prakaryanya ketika sudah jadi di di printer L200 saya…

kenapa gak mau pake waste ink pad pabrik mas..? karena waste ink pad pabrik gampang penuh, apalagi klo sering proses cleaning head yg notabenenya sering dilakukan klo printhead tersendat kerjanya. nahhh klo sudah bisa ngoprek waste ink bottle di L200. ada lagi cara nge-reset printernya… softwarenya asli pabrik deh kayaknya, but disebarkan oleh orang lain. salah satu tools disana adl meng-restart counter ink pad menjadi =0 kembali. sehingga printer bisa digunakan seperti sedia kala jika terjadi blinking. silahkan ngulik situs http://www.print2share.net untuk mendapatkan filenya.,,, ngulik aj ke topik yg membahas “adjustment program EPSON L200” pasti ketemu.

silahkan di oprek=oprek dulu alatnya agar sukses menjadi dokter printer… akhir kata: salam onomenulis :mrgreen:

170 thoughts on “TIPS: buat sendiri “waste ink bottle” EPSON L100/L200/L800

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s