Pentingnya Keselamatan Berkendara!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

well artikel ini saya dedikasikan untuk semua yang belum “ngeh” akan arti pentingnya keselamatan berkendara. sebagaimana kita liat bahwa kesadaran berkendara di Indonesia khususnya masih jauh dari kata “safety” dan “concern”. bisa kita liat arogansi pengguna jalan ketika ada salah satu kerabatnya meninggal… rame2 mereka konvoi di jalan pake peci sebagai pengganti helm! wow… semua orang tau bahwa peci tidak lebih keras daripada asphalt… orang yang pake helm aj belum tentu 100% aman dari risiko kecelakaan apalagi yang beginian, cornering dari gang menuju jalan besar sering tidak perhatikan kiri dan kanan lageee… langsung tancaaaappp… “urusan pengguna yg lain yg buru2 ngerem mendadak”, riding/berkendara motor gak pake jaket yang melindungi tubuh… mereka lebih menyenangi estetika dengan menggunakan jaket tipissss… “seng penting gaya mas!” katanya. haduuuhhhh sodara-sodara sebangsa dan setanah air, kecelakaan itu amatlah sakit, selama berkendara 5 tahunan ini udah sering melihat lakalantas yang merenggut nyawa atau yang membuat cacat! orang yang kepalanya kelindes ban truk, orang yang kulit tangannya terkelupas karena bergesekan dengan asphalt dan masihh banyak lagi.


bagaimana dengan saya sendiri, saya pernah 2x mengalami kecelakaan serius yang menyebabkan motor saya hancur 40% dan hancur 10% tapi untungnya pada saat itu menggunakan safety gear yg cukup lengkap, mulai dari helm standar D.O.T., sarung tangan, jaket tebal (walau tanpa protektor), celana panjang, dan sepatu. alhamdulillah cuma memar di tangan dan kaki sajaaa…. gak parah2 amat, cuma motornya yg parah:mrgreen:

apapun kendaraan anda mau itu mobil kek, motor kek… concern lah sama safety ride! mulailah dari hal kecil seperti:
1. servis kendaraan anda secara teratur, cek fast moving parts yang sudah waktunya diganti. jgn lupa juga buat slow moving part yang harus di cek apakah fungsi dan cara kerjanya sudah sebagaimana mestinya.
2. cek tekanan angin ban secara periodik (gak perlu pake N2 segala… cukup angin biasa udah bagus kok! kecuali anda emang mau riding/driving pada kecepatan tinggi konstan dan jarak yang cukup jauh >100kM baru perlu N2. karena N2 itu pada dasarnya hanya digunakan untuk balap, pesawat dan drifting… dimana dalam kondisi ini kestabilan suhu di dalam ban menentukan keawetan dan tingkat “panas” yang sesuai untuk aplikasinya.
3. khusus mobil, gak usah lah pake velg dia. diatas 17″ nahhh tau sendiri kan jalan di Indonesia mulusnya begimana?:mrgreen: ane tau ente punya duit lebih tapi efeknya buat sesama pengguna jalan yang lain?? karena takut velgnya rusak kena jalan aduhai Indoensia😛 mobilnya jalan sangat pelaaann sampe2 dikatain percuma mobil bagus kalo jalannya masi kayak kijang doyok xixixiixixixixixi… no offsense ya tapi pikir sendiri deh,. mending duitnya dibeliin aksesoris lain yang lebih bermanfaat.
4. pergunakannlah jaket, helm, sepatu, dan sarung tangan yang dapat melindungi tubuh dari kalo seandainya terjadi kecelakaan ringan ataupun fatal.
5. hormati sesama pengguna jalan! ngebutlah pada tempatnya, lambatlah pada tempatnya… klo di jalur highway atau marka jalan yang mempersilahkan anda ngebut yooo silahkan dibejek gasnya dengan kesadaran tinggi (alias jgn dipengaruhi alkohol or drugs!). klo mo alon-alon asal kelakon (lambat asal selamat) yahhh silakakan masuk jalur lambat dan jangan sekali2 masuk jalur cepat tapi maunya lari santai… makan sumpah nanti kamu heheheheh…:mrgreen:

sebenarnya masih banyak yg bisa dipelajari mengenai keamaanan berkendara, syukurlah ada yang berempati sama keselamatan berkendara dan menulis blog tentang ini silahkan diikuti tips2 mantap! dari site indonesia RSA (road safety associaton) DISINI yg ngerti bahasa inggris monggo digolek situs amerika MSF disini

akhir kata,,, musibah memang tidak bisa dihindari, tapi setidaknya musibah bisa diminimalisir dengan kesadaran yang tinggi sebagaimana yg saya jabarkan pada poin diatas. dalam agama saya islam mengajarkan bahwa pentingnya arti ikhtiar (berusaha) dalam segala hal… dan dalam keselamatan berkendara juga tentunya!
silahkan direnungkan “apakah saya sudah berkendara secara aman dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya” hanya anda yang tahu. 8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s