(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 15

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk memulai menulis karangannya, padahal idenya sudah ada dan data pendukungnya sudah lengkap. Bagi sebagian orang mungkin membuat paragraf pembuka merupakan hal yang sulit. saya bingung mau nulis apa di awalnya so… saya tulis saja ini:mrgreen:

fokus lagi ke perawatan gigi saya nih, akhirnya sore tadi ketemu lagi deh sama dokter “IAC” ternyata klo kontrol hari sabtu itu sepiii ya? or akunya yg datang terlalu cepat? hahaha…
gigi saya mengalami banyak kemajuan (bukan monyong yah❗ ) bisa dilihat dari gambar sesaat setelah pelepasan ligature dan setelah kontrol ke-15 ini:

foto diatas adalah sisi sebelah kiri saya… yg ini tidak banyak berubahnya karena dicabutnya yg paling belakangan… cuma bergeser sekitat 1 mm! itupun butuh waktu 4 minggu…. sipuutttt

berbeda dengan yg diatas ini adalah sisi kanannya… karena yg ini dicabut pertama kali maka pergerakannya sedikit lebih cepat! tanda panah hitam adalah space yg sudah rapat… pat… pat! padahal 11 bulan yg lalu itu bekas tempatnya kaninus lho. sampe sekarang masih ku simpan artefak giginya sebagai kenang-kenangan dari dokter heheheheh…:mrgreen: krn kaninus nya bergeser ke arah dalam menyebabkan space yg cukup besar di panah merah itu… sekitar 4 mm. cukup mengganggu estetika😦

ohhh ya waktu kontrol hari ini archwire saya yg gigi atas diganti, krn kata dokter saya premolar 2 saya mau diturunin. agak trauma  ditekuk2 gitu perasaan saya sakit bgt nge-dorongnya…klo ngikutin di awal2 postingan braket saya sering kali lepas… . coba perhatikan gigi yang saya lingkari dengan warna hijau (sebelum ganti archwire) dan kuning (setelah ganti archwire). cara nurunin premolarnya lucu juga… mengandalkan pegas archwire itu sendiri dengan cara menyelipkannya diatas braket yg menempel di P2… nahhh ngerti kan maksudnya kenapa di foto itu archwirenya ada yg gak masuk jalur braket:mrgreen:

dan ini adalah penampakan gigi di rahang bawahnya… udah banyak banget perubahannya dan menurut pengunjung blog termasuk cepat durasi yg dibutuhkan untuk menghasilkan susunan gigi seperti tampak pada gambar diatas. tak salah saya memilih dokter ini!

dan secara overall ini dia:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


ok..lah sampe disini dulu laporan nya…  silahkan dikunyah-kunyah dulu artikelnya. kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan comment dibawah🙂

9 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 15

  1. dari postingan satu sampe ke-15 ini aku dah baca mas… ternyata keren bgt yahhh. rajin bgt sampe dibikinin ilustrasi nya. sayangnya saya tinggalnya di lampung, disini dokternya mahal dan kayaknya gak sebagus klinik Imaya yg diceritakan mas lewat blog ini😦
    jadi pingin pindah ke dokter kamu deh…
    klo disini kontrol rutinya aja berkisar 150-250 ribuan. cukup mahal untuk kelas dokter gigi biasa.

  2. owhhh…diturunin jg toh? berarti nnti aku jg dong, soalnya graham aku jg pendek2.. klo mutar gigi gmn lg caranya? kamu pernah diputar ga giginya?
    makasih ya infonya..jd lumayan bnyak tau jg.slama ini aku baca blog mbak ummul jg tapi infonya lbh beragam yg di blog kamu deh kayaknya..

    • coba perhatikan aku lupa kontrol keberapa itu… tapi yg jelas aku pake ligature karet warna biru dan ligaturenya di tarik melintang diantara geraham… buat muter giginya.

  3. mas aq mo tanya,, gigi mas itu grahamny ga saling bentur yah? jd yg bentur gigi depanny aja.. gmn makan daging?
    dan kalau makan mie selama perawatan mieny ga bs dikunyah sampai hancur kah?.. cz ane mo masang behel jg…
    sblmny thx,,,😀

    • gak kok… normal saja krn udah di koreksi sama dokternya…. makan mie, daging or ayam santai sajaaaa:mrgreen:
      dulu 15 bulan yg lalu sewaktu belum dicabut dan diputer giginya parahhhh bgt bro. kategori crowdednya benar2 sangat memprihatinkan. gigi saya gak bisa normal ngunyahnya. cuma berfungsi sebelah gitu (geraham kiri doang yg bisa ngunyah, yg kanan gak bisa krn gigi atas malah berbenturan dgn behel yg ditempel di M1, dan M2. akibatnya sering lepas😦

    • banyak faktor gigi seseorang mengalami relaps setelah perawatan orthodonti… Traksi ligamen periodontal, Faktor tumbuh kembang, Adaptasi tulang, Kekuatan otot, Kegagalan menghilangkan faktor etiologi, Erupsi molar tiga, Oklusi (perubahan hub. gigi pada maksila dan mandibula)… setahu saya untuk mempertahankan adaptasi setelah perawatan gigi biasanya sih dokter gigi akan memberikan retainer yaitu suatu alat yang digunakan untuk mempertahankan susunan gigi yang telah mengalami perubahan, menstabilkannya pada posisi baru. retainernya ada yg fixed ada yg lepasan untuk lebih lanjut kamu bisa cari di google🙂

      masalah relaps atau tidak tergantung sama pasien dan dokternya, kenapa? klo opini saya selama pasien mematuhi apa yang diinstruksikan dokter giginya contoh kasus saya ilustrasikan sbb: ” setelah dilakukan observasi si A mesti pake retainer jangka pendek 6 bulan… oleh dokternya” dan dipatuhi oleh pasien tersebut… kemungkinan besar relaps tersebut tidak akan terjadi:mrgreen:

      seperti kasus teman saya udah pake kawat gigi selama satu tahun lebih dan gak rajin pake retainer lepasan yang dianjurkan dokternya selama 6 bulan walhasil dua gigi insisif (Serinya) relaps.
      itu saja pendapat dari saya, semoga berguna dan salam ONOMENULIS:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

