Menggosok gigi bagusnya sebelum atau sesudah makan?

Dr Phil Stemmer, seorang ahli gigi di London mengemukakan untuk menahan keinginan Anda untuk berkumur usai menggosok gigi. Pasalnya, berkumur akan menghilangkan fluoride yang ditinggalkan pasta gigi, yang jika tidak berkumur dapat melindungi gigi beberapa jam lebih baik!
Usai menggosok gigi, saya terbiasa tidak berkumur setidaknya setengah jam (1), dan saya tidak pernah membasahi sikat gigi terlebih dulu karena air dapat mengurangi khasiat pasta gigi(2). Ingat juga untuk tidak menggosok gigi langsung usai makan. Tunggulah hingga setengah jam baru menggosok gigi,” jelasnya.
Dr Phil menjelaskan lebih lanjut alasannya asam makanan dan gula secara sementara akan melemahkan enamel gigi, maka jika kita menggosok gigi saat itu, Anda sebenarnya sedang mengikis lapisan enamel sebelum gigi kembali mengeras.
“Sebenarnya, kebiasaan yang baik adalah menyikat gigi sebelum makan, lalu menyegarkan mulut kembali dengan berkumur dengan mouthwash tanpa alkohol sesudah makan,” (3) tutupnya.
analisa:
1. masuk akal juga sihh… krn sisa fluoride yang terkandanung di rongga mulut sangat berguna untuk kesehatan gigi (but awasss jgn langsung minum setelah menggosok gigi, bisa ketelen tuh pasta giginya:mrgreen: )
2. masih bisa dimasukin akal hehehehe… soalnya klo pasta gigi kita dibasahin (menurut pengalaman saya) pasta gigi justru susah melekat di gigi dan akan jatuh cepat keluar dari rongga mulut karena air yg ada di sikat memicu ekskresi air liur. hummm….. bener gal ya?🙄
3. nahhh yg bercetak cebal warna merah ini yg agak nyeleneh menurut saya. yg saya tau menggosok sesudah makan justru dianjurkan untuk menyingkirkan sisa makanan yang menempel di gigi, setidaknya 2 jam setelah makan. krn pembusukan akan segera dimulai! nahhh ahli ini anehnya justru tidak menganjurkan menggosok gigi. BAGAIMANA PENDAPAT ANDA??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s