Konosuke Matsushita, siapa sih dia?


Konosuke Matsushita lahir tahun 1894, dari kelaurga kurang mampu… karena kurang mampu jadi nggak sekolah… kemudian pada umur 9 tahun jadi pekerja di toko sepeda Ia sudah ‘cerdik’… jika diminta beli rokok… maka ia akan membeli lebih banyak untuk ‘stock’ … karena membeli lebih banyak akan mendapat discount… dan jika boss nya menyuruh beli rokok lagiii… ia tinggal ngambil dari ‘stock’ nya… thuz ngambil profit dari situ

Umur 16 tahun ia, bekerja di Osaka Electric Light Company…Dan pada umur 24 tahun ia keluar dan mendirikan usaha sendiri… Matsushita Electic Appliance …!!! Perusahaannya membuat stop contact, battery untuk lampu sepeda Perusahaan terus berkembang… bahkan di tahun 1953 ia mengadakan technical alliances dengan Phillips Belanda …!!! Tahun 1980, perusahaan nya sukses… revenue perusahaan mencapai USD 42 milyar… dengan 20 rebu pegawai… brand yang diproduksi meliputi National, Panasonic dan Technics …!!! Kesuksesannya membuat ia menjadi milyuner … dan yang menarik adalah pemikirannya mengenai creating customer value… sehingga membuat perusahan nya melakukan customer-driven innovation

Pemikirannya jika disummarykan ada 10 hal,… yaitu (i) Misi perusahaan adalah mensejahterakan masyarakat, (ii) Visi perusahaan haruslah didasarkan pada keinginan customers, (iii) Dalam jangka panjang, opini publik adalah benar, (iv) jangan jual barang karena menarik tapi jual barang yang ada valuenya. (v) Perlakukan product mu seperti anakmu (vi) Setiap pemborosan akan meningkatkan harga product. (vii) Pegang teguh fair prices (viii) After Sales Services lebih penting ketimbang bantuan sebelum terjadinya sales. (ix) Gunakan complaint untuk memperkuat hubungan dengan customer (x) Indent adalah bentuk ketidakpedulian, jika ini terjadi, minta maaf laagh kepada customer dan deliver product secepat-cepatnya

pemikiran konosuke yang terakhir sedang gencar2 nya terjadi di Indonesia… klo barusan beli motor or mobil pasti tahu lah dengan kata2 orang showroom “kalau ambil via leasing nanti kamu usahakan motornya sore ini diantar” but klo ambil cash kami gak bisa janji, kemungkinan 4 bulan lagi motor baru tiba… WAAAAAAAAA… jargon pembeli adl raja musnah sudah, yg bener adalah LEASING IS THE ‘damn’ KING!👿

apakah perusahanan multinasional yg suka ikut balapan internasional, perusahaannya hampir di tiap negara di belahan dunia ini, yang pabrikannya berhektar-hektar di thailand, vietnam, di Indonesia juga ada, dan yg paling penting adalah INDONESIA MENYUMBANG PENJUALAN MOTOR LEBIH DARI 40% PENJUALAN GLOBAL (total dari seluruh dunia) MASIH KENA INDENT BERBULAN-BULAN ? TANYA💡 KENAPA ??? gak malu apa sama konosuke matsushita heheheheh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s