(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 16

lanjut lagi ke postingan 16… gak kerasa udah sejauh ini nulis dan masih enjoy saja…

kli ini ono agak fokus ngejelasin yg rapet-rapetan… premolar ono yang sebelah atas (kiri dan kanan) kan ditarik buat ngerapetin gap bekas cabutan kemaren dan waktu kontrol ke-15 bulan mei dokter saya nurunin gigi premolar saya dengan cara tidak memasukkan archwirenya ke braket, melainkan melewati sisi atas braketnya sehingga pegas braket tsb mendorong gigi saya kebawah… rasa sakitnya? LUAR BIASA,,, dan gak pake lama… cukup 3 hari saja. selidik menyelidik pas nanya disana-sini ternyata ada istilah dalam kedokteran gigi buat gigi saya tersebut. dalam dunia kedokteran gigi dikenal dengan nama Rollercoaster Effect atau Vertical Bowing Effect… efek ini secara sederhana ala orang awam diartikan sebagai melengkungnya track gigi kayak rel rollercoaster (betul gak yah? xixixixi :mrgreen:) yang disebabkan oleh penarikan gigi oleh powerchain yang telah dilakukan dokter ono belakangan ini… dan ternyata ini lumrah lho terjadi untuk setiap pasien yang giginya dicabut, dan dilakukannya penarikan dari premolar ke molar ehem… pembaca blog jgn parno ya! nah buat ngebalikin lagi ke posisi semula maka dilakukanlah metode yang ono alamin… cekidott gambar dibawah ya:

nah ini foto ketika dokter saya mau nurunin gigi premolarnya… dengan diperlukannya extruded menngunakan archwire Nickel Titanium…  agar kembali lagi ke posisi semula…nahh setelah 4 minggu berjalan perhatikan gambar dibawah, khususnya di kawat/archwirenya… gak melengkung lagi kan!!! itu artinya giginya udah turun (bener gak ya?) CMIIW(correct me if Iam wrong:mrgreen: )

nah ini gambar setelah 4 minggu berselang… maaf ya gambarnya tidak fokus alias blur, saya belum terbiasa men-setting kamera di gadget barunya hehehe…

dan secara keseluruhan inilah penampakannya:

udah rapi banget yah…:mrgreen: oh ya hal menakutkan timbul setelah dokter saya memperhatikan adanya molar yang baru tumbuh… hmmm 21 tahun masih ada juga yang tumbuh… mungkin kejepit waktu gigi saya crowded kemaren kaleee yaghhh akhirnya si molar ini mengalah:mrgreen: dan kata dokter saya ini bagusnya dioperasi saja supaya gak mengganggu yang lain, karena katanya tumbuhnya bakalan miring… (elahhh nyusahin deh si molar ini!😦 )

yang sebelah kanan kelihatan tuh… yg kiri masih belum… saya masih bingung, mau dicabut or gak ya… masalah nyabutnya sih gak papa tapi pasca operasi nya itu lho… bikin susah makan, dan ngilunya lama banget,,, bisa sampe sebulanan lho… hmmmm.

sekian dulu tulisan kali ini, silahkan dikunyah-kunyah dulu… klo ada pertanyaan silahkan leave comment dibawah, salam onomenulis!

10 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 16

  1. mas ono, grahamny saat ini ga saling sentuhan kah?
    maksutny yg saling bersentuhan itu hanya gigi depan atas dan bawahnya aja, sedangkan graham atas bawahny ga?

    • Itu dulu… Pada awal awal pemasangan sis… Bukan saja tidak bersentuhan tapi juga miring… Sehingga braket ku yg di premolar dan molar sering banget lepas, dikarenakan geraham atas bertumpunya sama braket bwh. Untungnya sekarang tidak lagi, berkat dokter gigi saya semuanya beres! Emang gigi sista knp?🙂

  2. operasi M3 sakitnya gak separah yg kamu bayangkan koq. rasa sakit pasti ada, tapi gak sampe lama sebulan. paling2 pada minggu pertama sampe kedua setalah operasi, cuma bubur yg bs dikonsumsi. klo mo konsumsi makanan yg laen sih kata dokter gak masalah, tapi gak kebayang gmn rasanya pas makanan yg kita kunyah nyangkut di benang bekas operasi, alamakkk… jadi utk amannya mending makan bubur aja deh. M3 yg atas jg tumbuh melintang? klo iya selamat deh, krn paling gak hrs merogoh kocek dalam2 utk operasi 4 M3 yg ada. punyaku dari 4 M3 yg ada, 1 diantaranya tumbuh normal ke bawah. dan dari 3 yg tumbuh gak jelas, baru 1 yg udah dioperasi, sisanya nunggu tabungan, hehehh ….

    • aku juga pernah ekstraksi gigi premolar 4 biji mungkin rasanya gak jauh beda sama operasi kecil buat calon M3 yg tumbuh itu.
      nahhh rencananya sih saya gak mau operasi… selain gak terlalu mengganggu (menurut saya) dan lumayan menghemat duit.. coz kayaknya harganya mungkin sama kayak pasang behel baru:mrgreen:
      saya belum tanya lebih lanjut sama dokter saya apakah untuk kedepannya si M3 ini mengganggu atau tidak… oh ya yg perlu di operasi itu klo gak salah cuma M3 yg bawah saja… yg atas aman kok🙂
      tks sis udah mampir

  3. setauku M3 yg bandel itu mau gak mau hrs dioperasi apalagi bagi pasien ortho, karena kata dokterku M3 itu akan terus tumbuh ke depan ke arah M2 dan ini akan mengganggu pergerakan gigi di depannya. belum lagi pada celah kecil antara M3 dan M2 adalah tempat paling asyik bagi kuman berkembangbiak klo kita gak jaga kebersihan daerah M3. sambil nunggu tabungan cukup utk operasi selanjutnya, dokterku terus wanti2 utk jaga kebersihan di sekitar M3. jujur kacang ijo, heheh …biaya operasinya bener2 bikin keselek, wkwkk …

  4. mas ono..dulu first premolarnya dicabut kan?
    brapa lama mas baru bs rapet kayak gini?
    aku jg mau dicabut bulan depan
    traumaaaaaa T_T

  5. saya berumur 20 tahun udah tumbuh semua premolarnya mas, kata dokter saya kalau tumbuhny bagus tidak perlu dilakukan operasi, cuma problem gigi saya gigi taring saya besar sebelah jadi miring gigitannya, setelah gigi taringnya lurus malah ada gab antra gigi taring dengan gigi seri. -_-

Tinggalkan Balasan

