jangan asal pilih pasta gigi…

produsen pasta gigi di Indonesia udah banyak banget gan! mulai dari produk lokal, impor membanjiri tempat retail, mall bahkan warung AMIGOS (Agak MInggir GOt Sedikit:mrgreen: ) banyak mengeluarkan berbagai macam pasta gigi ada yang diberi rasa mint segar, buah-buahan, hingga herbal seperti daun sirih dan siwak, ada juga yg make teknologi rahasia yg sebenernya pengembangan pasta gigi sebelumnya…” dengan teknologi gel biru di dalamnya…” Ada pula yang ditambahkan pemutih gigi dan baking soda yang membuat rasa pasta gigi menjadi berbeda.

Di samping rasa pasta gigi yang berbeda-beda, penampilan pasta gigi pun beragam. Ada yang diberi warna biru, kombinasi putih biru, merah atau transparant.

Yang menjadi pertanyaan adalah bahan atau kandungan apakah yang sebenarnya betul-betul bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut kita apakah mesti dicoba satu-satu sampe ketemu yg cocok🙂 . Dari hasil penelitian di banyak negara fluoride merupakan bahan yang terbukti dapat menurunkan prevalensi karies… karies adalah suatu penghancuran destruksi struktur tulang dan gigi… karies dapat mempengaruhi bagian dari gigi, termasuk enamel, dentin pada mahkota atau akar gigi

Penambahan zat aditif sebagai desinfektan juga dapat membunuh kuman-kuman yang ada di plaque gigi hingga beberapa jam setelah melakukan sikat gigi. Bahan lain yang ditambahkan adalah pyrophosphates yang membantu mencegah timbulnya calculus (karang gigi)… dipasaran ada merek “P” yang dapat melindungi gigi 12 jam setelah menyikat gigi dll.  Beberapa merk pasta gigi juga menambahkan bahan pemutih gigi yang membantu untuk memutihkan gigi… tapi kamu mesti hati-hati, bahan pemutih disini yang dimaksud dapat mengandung formula yg bersifat abrasif (mengikis)

Karena tiap pasta gigi mempunyai kelebihan masing-masing, maka sebaiknya konsumen tidak hanya memakai satu pasta gigi saja tapi bergantian dengan merk yang lain. Namun pergantian pasta gigi ini tidak perlu dilakukan setiap hari…. sekali pake dibuang… JANGAN…., cukup dihabiskan satu tube pasta gigi kemudian baru diganti dengan merk yang lain. lagian juga gak bosen apa pake pasta gigi yg monoton? xixixixiixixi

Ada pula pasta gigi yang ditujukan untuk mengurangi gigi sensitif. Tapi yang perlu diingat adalah pemakaian pasta gigi ini tidak akan efektif apabila rasa ngilu yang timbul pada gigi tersebut disebabkan karena adanya lubang yang sudah mencapai syaraf gigi. Perawatan kasus demikian harus dilakukan oleh dokter gigi dengan cara melakukan perawatan saraf gigi (endodontic intra canal). atau dokter gigi yang telah berpengalaman💡

Pemakaian Pasta gigi yang mengandung bahan pemutih gigi juga tidak dapat membuat gigi menjadi putih cemerlang. Jadi, kalau warna giginya pada dasarnya sudah gelap atau kecoklatan karena antibiotik, giginya juga tetap coklat/gelap. Gigi tidak akan berubah menjadi putih cemerlang, paling hanya lebih bersih. Jadi konsumen jangan berharap banyak pada pasta gigi pemutih yang dijual bebas dipasaran. Pemutihan gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman…. catet ya “berpengalaman” meskipun ada juga pihak-pihak yang menjual pemutih gigi DIY (do it yourself).

nah mudah mudahan pencerahan sedikit ini dapat membuat kita bijak memilih pasta gigi… jangan termakan iklan coz iklan itu ratjun dunia kata changchutter:mrgreen: sekian dulu dari onomenulis silahkan dikunyah-kunyah dulu artikelnya… klo ada pertanyaan eave comment aj dibawah ciiiiaaaaooooooooo 8)

2 thoughts on “jangan asal pilih pasta gigi…

    • hindari merokok, kurangi minum kopi or teh… karena 3 jenis konsumsi yg saya sebut adl faktor terbesar penyebab stain/noda pada gigi… dan stain ini sangat sulit untuk dihilangkan. memutihkan gigi dengan alami? sebenernya hanya dengan menyikat gigi dengan benar saya rasa debris/stain/plaque tidak akan berkembang, asal tau menyikat dengan cara yang benar. alternatif lain untuk menghilangkan secara alami tanpa perlu ke dokter adl menggunakan pasta gigi yg bersifat abrasif seperti ZACT, dll. atau mencampurkan sedikit abu gosok kedalam pasta gigi:mrgreen: tp tips terakhir jgn digunakan terlalu sering ya… takutnya malah email gigi nya rusak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s