mengapa perawatan orthodontie harus dimulai sejak dini

saya sudah memulai perawatan orthodontie saya semenjak bulan ke-2 tahun 2010 lalu.. atau kurang lebih sudah jalan satu tahun enam bulan

Kembali ketika saya SMP-SMA… orthodonsi tidak begitu “terkenal” di palembang, entah karena gak banyak artis idola kita yg pake:mrgreen: atau kurangnya informasi karena dokter gak boleh berpromosi xixixiixixi… hmmm pokoknya klo ada yg pake kawat  pasti kena kata abis-abisan… jadi keinget sama temen saya adhityan yg sekolah di smp pusri, dia dapet julukan adit “manik-manik” krn warna karet ligature yg masih aneh dikebanyakan mata orang…

saya kira cukup deh epilog nya hehehehhe🙂 sekarang balik lagi ke judul, kenapa mesti ada waktu ideal untuk memakai kawat gigi? krn ya emang begitu… sebenarnya gak ada patokan pasti sih… tapi idealnya dokter akan sangat senang klo usia pasiennya sekitar 15-24 tahun (saya pas kan ke 24 karena umur saya 23 tahun:mrgreen: ) karena pada umur segini syarat orang bisa dipasang kawat gigi udah tampak dan jelas…  lho kenapa gak boleh terlalu muda? karena ketika kita berusia 5-14 tahun adalah waktu dimana periode gigi bercampur,,, gigi bercampur adalah kondisi dimana gigi susu tanggal digantikan gigi dewasa, dan rilep atau pergerakan di usia muda ini belum teratur… dan gak boleh juga ketua-an… hal ini karena pada usia dewasa umur 35 keatas… penghancuran sel akan lebih besar daripada perbaikan dan pembentukan sel baru sehingga rilep akan lebih kecil dan memakan jadual perawatan yang lebih lama! kan sayang uangnya🙂

syarat tsb beberapa diantaranya adalah:

  1. Kesehatan umum baik
  2. Oral hygiene baik (min. giginya gak berlubang…)
  3. Paling sedikit ¾ akar gigi terletak dalam alveolus
  4. periodontium memuaskan
  5. Gigi-gigi tidak mobiliti yang abnormal
  6. Tidak ada sisa akar gigi karena gigi patah/berlubang… atau anak gigi yg gak tertinggal (biasanya dokter mengetahui nya dengan jalan rontgen panoramik

Pengobatan untuk anak / remaja lebih mudah daripada untuk orang dewasa.
pertama penentuan jadual… tau sendiri lah,,, klo udah kerja paling susah yg namanya nentuin jadual apalagi kalo sama-sama sibuk… kamu nya super sibuk dikejar deadline tugas sana-sini dan dokternya punya seabrek pasien yg siap di obrak-abrik mulut nya :mrgeen: kadang kala suka mesem-mesem juga liat front desk officer (biar keren dikit istilahnya) sebut saja “ema” hahahha… suka pusing ngatur jadual pasien yg reschedule, krn kesibukan kerja… dll.

Dari sudut pandang sosial, anak-anak memiliki lebih mudah.
Mari kita mengatakan bahwa itu normal untuk melihat remaja dengan kawat gigi. Ketika setengah teman sekelas Anda memiliki kawat gigi, untuk remaja itu bukan masalah besar lagi… malahan di abad 22 sekarang braces udah menjadi lifestyle! dan bukan cuma dokter gigi saja yg bisa memasangnya… ahli gigi pun bisa menghias mulut anda hanya dengan bermodalkan 800rb! tapi tentunya ini hanyalah estetika dan tidak bisa disamakan dengan keahlian seorang dokter yg udah belajar bagaimana mereposisikan gigi yg crowded ke jalur yg benar… dengan gonta ganti kawat dari Rekta, SS, NiTi dll. pasang karet sana sini dan aksesoris penunjang lainnya yg membantu pergeseran gigi seperti loop, pin, wing dll.

dimata seorang Profesional, yg memakai  kawat gigi dapat dipandang “kurang baik”
mungkin ini sedikit “nyeleneh” menurut anda… tapi pernahkan anda terpikir ketika sedang wawancara kerja dan anda menggunakan kawat gigi… pewawancara anda bersedia mem-perkerjakan anda asalkan siap melepas kawat gigi?

memang tidak semua posisi kerja yg mengharuskan anda “tanpa braces” cerita teman-teman yg udah kerja posisi yg rawan adl front officer… entah itu teller or customer service kantor bonafide! boss nya kurang suka sama pegawai yg pake braces. onomenulis sendiri berpendapat bukannya malah bagus klo individu punya niat merapikan giginya agar sedap dipandang? agar senyum mereka mengikuti garis bibir bag. bawah? dan yg paling penting agar senyum mereka LEPAS DAN TIDAK TERTAHAN…

jaman dulu mengkin terlahir dengan gigi  crowded adalah suatu “fakta” yg harus diterima dengan lapang dada dan gak boleh protes sampe tua… tapi jaman sekarang tekno udah berkembang dengan pesat gigi yg patah bisa disambung, gigi yg hilang bisa di jangkar, gigi yg crowded bisa dirapikan dengan bantuan kawat gigi… ada lubuk ada belalang… dan haruslah kita mengikuti perkembangan zaman! jangan mentang-mentang boss nya dari generasi 60 an… protes ke generasi karyawan 90 an… protes mengenai pemakaian kawat di dunia kerja,,, waduhhh… bukankah lebih banyak manfaatnya dibandingan kekurangannya? ayolah boss… berpikir ala moderen dong🙂

Jadi berdasarkan alasan diatas, jika  Anda tidak memiliki gigi yang baik, jangan menunggu. cepat cari referensi dokter yang ok seperti yg saya lakukan:mrgreen: buatlah perubahan sesegera mungkin, karena kepercayaan diri datang dari sebuah senyum yang indah!

let’s get smile make over!💡

One thought on “mengapa perawatan orthodontie harus dimulai sejak dini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s