(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 18

gak luwesss buka mulut, semenjak dipasang elastic bermerek Eumetopias Jubatus alias singa laut🙂 di bracket saya… the function elastic are placed to achieve symmetry in this teeth braces patients smile. Orthodontics treats the dental midline disharmony seen at pictures below, please do not laugh … because when onomenulis use it I can’t laugh together with you ahhahahahhaa or klo mother language nya-begini: elastis fungsi ditempatkan untuk mencapai simetri dalam senyum gigi kawat gigi pasien. perawatan Ortodonti ini mengkoreksi  ketidakharmonisan garis gigi terlihat pada gambar di bawah, jangan tertawa … karena ketika onomenulis menggunakan itu saya tidak bisa tertawa bersama Anda ahhahahahhaa:mrgreen:

gambar diatas diambil sebelum dipasang elastics… nahh cekidot deh setelah dipasang:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

karet ini mesti dipasang ketika tidak dilakukan aktivitas berat seperti makan, n cuma makan aja nih karet dilepas

klo kasus saya karet ini mesti menghubungkan (link) antara buccal tube (braket yg di geraham/molar) mandibula ke braket gigi taring/kaninus maxila… dan mesti rutin dipake selama sebulan penuh😦 bahkan dokternya memberikan cadangannya 1 bungkus buat diganti-ganti klo seandainya si karet gak elastis lagi… dan kalian mesti tau gak enaknya nih make karet, “menguap jadi tertahan” karena mulut kita gak bisa dibuka lebarrrr, mau ketawa sendiri pas nyetir tadi mulut nguap krn ngantuk malah gak jadi…  heheheheheh😦 trus ngomong juga jadi cadel karena untuk membuka mulut lebar saja gak bisa…

tapi keuntungannya posisi gigi saya bisa dikoreksi! yaaa ada take and gift nya lahhh… posisi rahang bawah yg terlalu mundur mesti dituker dengan elastics ini.

sebenernya ada banyak sekali kasus yang bisa diberi tindakan dengan pemasangan elastics ini… karena gak mungkin ono masukin di page ini  semuanya, saya ambil aj beberapa video dan gambar yang bisa menjelaskan apa yg dialami oleh onomenulis. siapa tau yg baca kasusnya sama dan mirip dengan salah satu penjelasan dibawah dan yg kasusnya beda silahkan dicari di youtube dengan kata kunci “elastics for braces”, cekidoot ya:

tampilan visual 3D untuk kasus ono:

nahh yg seger-seger ini nih… hehehehe:

sekian dulu dari onomenulis… silahkan dikunyah-kunyah dulu, dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah..

kamus kecil:

maxila: barisan gigi atas/rahang atas,

mandibular: barisan gigi bawah/rahang bawah

kaninus: gigi taring/K1

Molar: gigi geraham… untuk usia dewasa normalnya jumlah molar di mandibular dan maxila ada 12 biji… M1,M2,M3 (curhat saya: m3 ini musuh terbesar saya saat ini.. soalnya dokter ku nyuruh aku buat mengoperasi nih gigi/ekstraksi, ibarat makan buah simalakama… hidup segan mati tak mau… dibilang gigi tumbuh bukan, klo mau dibilang gigi geraham yg berfungsi gak bisa coz.. penampakannya cuma 1/4 dari dari temen-temen nya 3/4 adem terkubur di bawah gusi :(  dan yang paling menyebalkan kerjaannya cuma jadi base camp bakteri gigi, kuciwa dehhhhh:mrgreen: )

 

14 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 18

  1. saya juga lagi make elastic bro… udah jalan 3 bulan dan mulai bosen… oh ya sebagai tambahan elastic’s ini selain berguna untuk mundurin taring ono juga berguna untuk nemuin pola gigitan yang ok buat gigi agan…

    • iya betul… bau mulut (halitosis) selain gigi berlubang faktor lainnya adl karang gigi, gusi berdarah dan kurang bersih menyikat gigi (apalagi klo gak bersihin lidah… alamakkk:mrgreen: )

  2. ane kan ada gigi yg lubang nih pas di geraham.. nah dulu itu pernah di cabut syaraf nya dan ditambal temporer… karna saya agak bandel.. saya ga kembali lagi dan membiarkan tambalan temporer ini sampai pada akhirnya tambalannya pecah, dan gigi saya biarkan berlubang (mengunyah hanya 1 sisi saja). nah.. kira2 2 bulan terakhir, gigi saya pecah dan hanya bersisa separuh saja.. dan tumbuh daging yg setau ane baca2 di google pulpa polip..

    daging tumbuh ini kayaknya udah parah karna hampir menutupi gigi ane.. warna nya kemerahan…dulu sempat kempes, trus jd gede lg..

    kira2 kasus sperti ane ini harus ke dokter yg bener2 pinter (maap ga tau gelar nya) atau dokter gigi biasa(.drg)? dan kira2 butuh berapa lama perawatan dan berapa biaya nya ya?

    • sisa gigi yang patah dicabut aja gan… dan daging tumbuhnya di ekstraksi aj (dibuang)… klo masalah ginian dan cari-cari di google sih kerjaannnya drg.Sp.BM alias dokter gigi spesialis bedah mulut. silahkan cari referensinya di rumah sakit dan praktik dokter terdekat🙂 or klo gak mau repot sih dokter gigi biasa aj kemungkinan bisa (klo alatnya lengkap).

  3. Ping-balik: (Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 19 « Laporan Ono kepada Dunia

  4. saya menggunakan kawat gigi ditempat bukan dokter gigi, baru saya dapat info ne, sdkit menyesal, apa yang harus saya lakukan boLEhkah saya ke klinik ini untuk konsultasi walau saya tidak memasang kawat gigi disini??

  5. karet elasticnya itu dijual dimana ya? soalnya saya cuma dikasih untuk persediaan 14hari dan banyak yg udah putus karna kegores sama kawat giginya . pengen beli tapi gatau yg jual dimana . boleh infonya gak? makasih…

Tinggalkan Balasan

