(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 23

WISDOM OF TOOTH/TEETH

 

molar ke 3…rata2 pada gak bener tumbuhnya. banyak banget kasus molar ketiga gak tumbuh sempurna… tumbuhnya miring (spt saya😦 ) atau bahkan hancur karena berlubang yang dikarenakan perawatan gigi yang salah.

lalu kenapa disebut wisdom of teeth? bukannya seharusnya lebih cocok CURSE OF TEETH >?:mrgreen: tentu ada sebabnya… tapi ini akan ono jelaskan dilain postingan, sementara ini kita fokus dulu rongga mulut ono. coba perhatikan gambar dibawah yang diberi lingkaran biru, itu adalah M3 (molar ke-3) yang tumbuh tidak sempurna… posisinya kebetulan banget (sial) miring! sehingga merugikan inang nya (manusia).

secara sederhana wisdom of teeth artinya adalah kata yang dipakai untuk gigi geraham ke-3 rahang bawah dan merupakan gigi terakhir dan tumbuh paling akhir. Gigi ini sering kali memerlukan tindakan pengambilan dikarenakan arah tumbuhnya yang salah. Sebagian besar cara pengambilan hanya dapat dilakukan melalui tindakan operasi (dokternya harus punya titel Sp. BM). Hal ini dikarenakan sebagian atau seluruh bagian gigi masih tertanam di tulang rahang, sehingga pengambilan gigi tersebut dengan cara melakukan pencabutan biasa tidak mungkin dilakukan.

berikut ilustrasi foto panoramik dan ilustrasi 2D yang supaya kalian ngerti…

foto panoramik diatas meskipun bukan punya ono… tapi sangat tepat sekali menggambarkan keadaan ono saat ini hiks…😕

sedangkan dengan kamera biasa ono berhasil meng-abadikan fotonya… :

beberapa jurnal kesehatan gigi yang ono donlot dari web luar sono menjelaskan bahwa kerugian wisdom of teeth antara lain:

  1.  Cephalgia (sakit kepala), migraine, pusing.
  2. Kaku kuduk,  nyeri pundak dan punggung.
  3. Nyeri sendi-sendi;Beberapa pasien melaporkan jari-jari tangan merasa kaku dan sakit pada saat digerakkan di pagi hari
  4. Rasa lemas pada tungkai (kaki), sampai dapat terjatuh karena merasa lemas.
  5. Rasa sakit pada sendi lutut.
  6. Dispepsia (gangguan lambung): sering kali menyebabkan timbulnya gangguan lambung ringan sampai berat sampai penderita mengalami muntah-muntah.
  7. Meskipun sangat jarang, dilaporkan adanya gangguan penglihatan dan gangguan irama jantung.
  8. Sebagai penyebab kerusakan gigi di depannya karena seringnya terjadi food impaction=makanan yang terselip diantara gigi geraham ke-3 dan ke-2.
  9. Infeksi  dengan gradasi timbulnya nyeri ringan sampai hebat dan terjadi infeksi bernanah.
  10. Seringkali gigi geraham ke-3 diketemukan dengan adanya kista jenis Dentigerous Cyst (kista dentigerous).
  11. Diketemukan gigi geraham ke-3 dalam masa tumor rahang jenis Ameloblastoma dimana untuk perawatan tumor jenis ini memerlukan tindakan seringkali memerlukan tindakan pembedahan radikal yaitu pemotongan rahang.
  12. Infeksi berulang-ulang pada mukosa atau gusi disekitar gigi geraham ke-3 selalu dikhawatirkan dengan timbulnya perubahan menjadi keganasan.
  13. Infeksi kronis : pada pemeriksaan darah sering kali diketemukan nilai Laju Endap Darah (LED) . Pasien dapat mengalami demam berualang-ulang tanapa diketahui sebabnya.

sedangkan dari posisi tumbuhnya sendiri wisdom of teeth dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, mereka adalah:

  • mesial impaksi – apabila gigi molar ke-3 tumbuh miring membentuk sudut terhadap gigi di depannya.
  • vertikal impaksi – gigi molar ke-3 tumbuh dalam arah vertikal tetapi tertahan oleh gigi di depannya atau tidak terdapat cukup tempat untuk tumbuh karena ruang di belakang gigi  molar ke-2 terlalu sempit.
  • horizontal impaksi – gigi molar ke-3 tumbuh dalam arah horizontal terhadap gigi molar ke-2.
  • distal impaktion – gigi molar ke-3 tumbuh terbalik ke arah belakang dan terjepit dalam posisi terebut.
  • Dari keempat posisi tersebut di atas letak gigi molar ke-3 impaksi dapat dapat dibagi lagi menurut kedalamannya: terletak di atas leher gigi atau terletak di bawah leher gigi geraham di depannya.

dalam kasus yang ono alami saya termasuk kena MESIAL IMPLIKASI!… weewww… posisi ini sebenernya menurut pengalaman ono merugikan! karena membentuk cekungan… seperti bentuk palung laut! sehingga jika kita selesai menyikat gigi diperlukan tusuk gigi untuk mengeluarkan kemungkinan sisa makanan yang terdapat di cekungan ini… jika tidak? bahaya pembusukan mengintai anda! Streptococcus mutans dan Lactobacilli 2 bakteri ini adalah musuh sepanjang sejarah dokter gigi dan manusia yang paling menyebalkan!

sebenernya dokter gigi ono yang berpraktik di seputaran jalan sumpah pemuda udah lama menganjurkan ono untuk segera meng-ekstraksi gigi ke tiga ini. hanya saja saya masih ragu untuk melakukannya… alasannya? gak tau deh…:mrgreen:

well… cukup banyak bukan. pada ngerti gak maksud istilah kedokteran diatas? naaaa… buruan tanya doker gigi, print dan sodorkan ke mereka printout halaman ini :mrgeen:

3 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 23

  1. Hai gmn kbr ?
    hmm … bicara ttg M3 so gmn selanjutnya ? bakalan dipertahankan ato ke spesialis bedah mulut ?? klo mungkin masih ingat perbincangan kita waktu itu bahwa memang sebaiknya dilakukan tindakan operasi utk M3 yg tumbuh tidak sewajarnya, apalagi bagi pasien ortho.

    klo masih ada keraguan mungkin bs dikonsultasikan lagi aja ke dokternya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s