Matriks Kolagen Untuk Resesi Gusi

resesi gusi merupakan salah satu masalah di dalam rongga mulut yang dapat memicu masalah lain seperti sensitivitas gigi, karies akar, ataupun peradangan margin gusi yang persisten. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Head and Face Medicine menemukan bahwa sebuah metode yang menggunakan bovine collagen dapat membantu mempercepat penyembuhan gusi. Hasilnya diperoleh margin gusi yang lebih tebal, dan pada hampir setengah kasus didapatkan penutupan akar terbuka secara sempurna.

resesi gusi

Penelitian yang dilakukan di Jerman dan Switzerland ini dipimpin oleh Dr Shahram Ghanaati dan Dr Markus Schlee. Mereka menyelidiki potensi penggunaan kolagen yang diekstrak dari bovine
pericardium untuk memperbaiki resesi gusi. Kolagen diekstraksi melalui proses osmotik, oksidatif, dan alkaline treatment. Hal ini untuk memastikan dinding sel telah hancur, protein dan lemak larut, sehingga bakteri, virus, dan patogen lainnya menjadi tidak aktif.

Penelitian ini dilakukan terhadap 60 gigi yang mengalami resesi gusi pada 14 orang pasien. Gigi dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses bedah lalu implan kolagen dijahitkan pada gusi. Pasien tidak diberikan antibiotik. Dua minggu kemudian jahitan dibuka.

Enam bulan selanjutnya pasien dievaluasi. Dari hasil penelitian ini Dr Schlee menjelaskan bahwa dari semua kasus terlihat adanya penyembuhan. Bahkan lebih dari setengah kasus yang diamati, tampak terjadi penutupan secara total dari akar yang terbuka.

Hasil perawatan ini tampaknya cukup menjanjikan. Bahkan bisa disandingkan dengan hasil dari perawatan pencangkokan gusi. Dengan keberhasilannya ini, maka bovine collagen bisa menjadi solusi bagi kasus-kasus di mana ketersediaan jaringan donor tidak mencukupi untuk dilakukan pencangkokan gusi, ataupun pada kasus di mana operasi multipel tidak dapat dilakukan.

Medical News Today: Gum Healing Promoted Around Exposed Roots By Collagen Matrix

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s