Panduan dokter gigi menghadapi pasien autis

sebuah organisasi yang menangani masalah autisme baru-baru ini telah menerbitkan sebuah panduan untuk membantu dokter gigi, dental hygienist, dan stafnya agar dapat memahami lebih baik mengenai kebutuhan khusus dari pasien penderita autism spectrum disorder (ASD). Panduan ini berisi informasi umum mengenai ASD dan cara-cara menghadapi dan merawat pasien penderita ASD.

The Autism Speaks Autism Treatment Network merupakan sebuah organisasi keilmuan dan advokasi mengenai masalah autisme di Amerika Utara. Dokter gigi dan ahli terapi mereka akhirnya merancang sebuah panduan penanganan pasien autis bagi praktisi kesehatan gigi karena setelah mereka amati sebelumnya banyak dokter gigi yang belum siap untuk berinteraksi dengan pasien anak penderita autis.

Panduan ini berfokus kepada berbagai masalah yang harus diperhatikan ketika merawat pasien penderita ASD yang pada umumnya memiliki kesulitan dalam hal sensor stimulus, mengkomunikasikan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, serta mengerti apa yang diminta orang lain.

Dokter gigi perlu mengerti gejala dan perilaku yang dimiliki pasien ini. Misalnya, pasien ini juga memiliki rasa cemas terhadap perawatan gigi seperti anak lain pada umumnya. Namun, tidak seperti anak lain, pasien penderita ASD sulit untuk memperlihatkan perasaan dan emosi mereka serta biasanya akan menunjukkan perilaku yang tidak kooperatif.

Oleh karena itu perlu dikembangkan teknik penanganan tingkah laku untuk memaksimalkan keberhasilan suatu perawatan gigi. Seperti misalnya membuat jadwal kunjungan di jam-jam yang tidak terlalu sibuk agar pasien lebih merasa nyaman, memilih staf yang sama agar pasien semakin akrab, serta perlu dilakukan pendekatan secara bertahap terhadap sang anak. Hal ini meliputi beberapa kunjungan singkat yang bisa diawali dengan hanya memasuki ruang praktik dokter gigi, ataupun dengan mendudukkan anak di kursi gigi selama beberapa menit.

Diharapkan dengan panduan ini dokter gigi dapat membuat kunjungan pasien ASD sebagai pengalaman yang positif dan menyenangkan bagi sang anak. Lebih lengkap mengenai panduan ini, “Treating Children with Autism
Spectrum Disorders: A Tool Kit for Dental Professionals” dapat didownload secara gratis di situs ini (klik disini) :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s