Tambal Gigi Anak Tak Perlu Ekskavasi?

peneliti mencoba menguji teknik baru dalam merawat gigi anak yang berlubang tanpa menimbulkan rasa nyeri. Tidak dibor, melainkan langsung ditutup dengan tambalan. Bagaimana penjelasan mereka?

Dari penelitian awal yang sudah dilakukan tampaknya diperoleh hasil yang menjanjikan sampai-sampai National Health Services (NHS) Inggris mau memberikan tiga juta poundsterling untuk penelitian dalam skala yang lebih besar.

Pada teknik yang diberi nama teknik Hall ini (diambil dari nama dokter gigi Aberdeenshire, Norna Hall) tidak ada upaya yang dilakukan untuk membuang jaringan rusak gigi, melainkan hanya menambal gigi tersebut menggunakan mahkota logam.

tambal gigi pada anak

Tanpa anestesi, tanpa rasa sakit, proses pembentukan karies pun dapat dihentikan karena bakteri kekurangan oksigen dan nutrisi makanan.

Yang perlu digaris-bawahi adalah teknik ini harus dilakukan sebelum timbul rasa nyeri dari gigi yang berlubang dan mahkota itu pun akan terpasang sampai gigi sulung terlepas.

Dari pengujian selama dua tahun pada 132 anak antara usia tiga sampai sepuluh tahun, baik anak, orang tua, maupun dokter gigi sendiri lebih menyukai teknik Hall ini. Dan kini, peneliti mencoba menyelidiki lebih lanjut apakah teknik ini dapat dilakukan pada gigi permanen.

Dentistry.co.uk: Metal crown solves kids’ painful tooth decay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s