kenapa dokter gigi selalu “HAND GLOVES mode: ON?”

jadi bukan jijik ya… hehehehe:mrgreen: saya rasa udah jadi risiko dokter gigi untuk bermain-main dengan liur dan kawan-kawan. ini dia penjelasan masuk akal nya:

handscoon/gloves/sarung tangan lateks merupakan bagian dari Personal Protective Equipment (PPE) yang harus dipenuhi ketika melakukan perawatan pasien gigi dan mulut. PPE sendiri didesain untuk melindungi bapak, ibu dokter gigi serta para mas dan embak dental hygienist dari paparan darah dan material infeksius lainnya.

 

 

Kapan handscoon harus digunakan? 
Handscoon digunakan untuk mencegah kontaminasi terhadap tangan dokter dan perawat ketika menyentuh membran mukosa, darah, saliva, dan material infeksius lainnya. Selain itu, handscoon juga berfungsi untuk mengurangi kemungkinan perpindahan mikroorganisme yang ada di tangan operator ke pasien selama perawatan berlangsung. yaaa dokter dan perawat  meskipun mereka mempunyai pengetahuan lebih di bidang kesehatan. mereka juga  manusia dan bisa sakit juga hehehe. (hak untuk hidup) wqkqkkq

Apakah dengan memakai handscoon kita tidak perlu lagi mencuci tangan? 
Handscoon bukanlah pengganti prosedur mencuci tangan. Operator tetap harus mencuci tangan (tuh dokter gigi yang baik mesti ada wastafel di area prakteknya… klo gak ada pikir2 lagi deh… small thing but high impact!) dan mengeringkannya dengan baik sebelum menggunakan handscoon. Apabila tangan tidak dicuci, bakteri di tangan dapat menggandakan diri dengan cepat ketika memakai handscoon karena lingkungan yang lembap. Setelah menggunakan handscoon, tangan juga harus segera dicuci kembali. Hal ini semua dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kebocoran pada handscoon, yang dapat terbentuk baik sebelum maupun selama prosedur perawatan pasien… dokter yang baik pasti mengganti gloves untuk pasien selanjutnya, catet!

Apakah handscoon dapat dicuci sebelum digunakan?
Mencuci handscoon yang terbuat dari latex menggunakan sabun, chlorhexidine, atau alkohol dapat menimbulkan sobekan mikro. Kondisi ini disebut wicking, yaitu suatu kondisi yang memungkinkan cairan untuk menembus lubang yang tidak tampak oleh mata padahandscoon. Oleh karena itu hal ini tidak dianjurkan. pada dasarnya handscoon emang single use only alias sekali pakeee…

Dental material apa saja yang dapat memengaruhi kekuatanhandscoon?
Handscoon yang terbuat dari latex, vinyl, nitrile dan bahan sintetis lainnya dapat melemah apabila terpapar oleh glutaraldehid, hidrogen peroksida, dan alkohol. Dental material lain yang memiliki pengaruh yang sama diantaranya adalah monomer akrilik, chloroform, orange solvent, eugenol, cavity varnish, asam etsa, dan dimetakrilat… dan bahan kimia lain yang bersifat oksidator, asam, korosif dll.

Apa saja jenis-jenis handscoon?

  • Patient examination gloves.

Indikasi: Pemeriksaan dan prosedur non bedah lainnya, termasuk pemeriksaan yang memungkinkan kontak dengan membran mukosa, dan prosedur laboratorium.
Catatan: Terdiri dari steril dan non-steril, penggunaannya sekali pakai untuk satu pasien.
Bahan: Natural rubber latex (NRL), nitrile, polivinyl chloride, polyethylene

  • Surgeon’s Gloves

Indikasi: Prosedur pembedahan.
Catatan: Steril, penggunaan sekali pakai untuk satu pasien.
Bahan: NRL, nitrile, kombinasi latex dan/atau sintetis.

  • Non-medical Gloves
Indikasi: pembersihan dan disinfeksi alat, memegang bahan kimia dan benda tajam yang sudah terkontaminasi, tidak digunakan ketika merawat pasien.
Catatan: Sarung tangan serba guna yang tahan sobek, tahan bahan kimia. Dapat dicuci setelah digunakan, dan dapat digunakan berulang kali.
Bahan: NRL dan nitrile atau campuran chloroprene, nenoprene, nitrile, butyl rubber.
sekian artikel tentang sarung tangan ini… akhirnya saya tahu setelah sebelumnya saya berasumsi bahwa dokter gigi “geli” bersentuhan dengan liur pasien. setelah membaca artikel ini saya paham bahwa  itu “prosedur” heheheh.:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s