(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 31

well artikel ini seharusnya launching 20 hari yang lalu… berhubung banyak kerjaan sana sini di even Musi Triboatton dan sekembalinya dari luar kota kondisi fisik saya drop menyebabkan tertundanya artikel rutin ini.

oke lanjut ya dengan seri ke-31:

ono pernah nulis di laporan ke seri pertengahan (#14) mengenai pemasangan button dan wing. pada waktu itu dipasang untuk muterin posisi gigi M2 dan P2 ono yg kurang sipp.

 

“Fungsi button ini sebebernya cukup penting krn buat narik gigi M2 yang kedorong M3 saya yg mengalami Wisdom of Teeth… sehingga diharapkan posisi giginya akan maju… bu dokter juga buatin Loop Archwire di sekitar M2 untuk membantu agar rahang menjadi Maju untuk memberikan ruang sehingga gigi M2 gak berdesak-desakan sama M3”

31

kemarin sih ok-ok saja pasang aksesori braket yg satu ini but kali ini beda… dipasang di M2 yg posisinya miring ke arah dalam… rasa ngeganjel wing dan button yg ditempel menekan lidah sehingga lidah saya agak sedikit terangkat. empat hari awal setelah pemasangan gak ada normalnya buat makan 4 kali kunyah bablasss langsung telen gak mikir pencernaan lagi:mrgreen: lah wong tiap kunyah si wing dan button selalu nyenggol lidah kresss-kress…

puncaknya ketika ngurusin Even Internasional Musi Triboatton di Etape I Empat lawang. si button sukses membuat luka sariawan di lidah yg menyebabkan saya susah makan… waduhhh jauh dari dokter di Palembang rasanya itu CETAARRR MEMBAHANA (gaya syahrini😛 ). kerja 18 jam sehari tapi makan gak normal gara-gara button….

Day #4 Musi Triboatton

gak lama niatan aneh ini terkabul entah Tuhan kasihan melihat penderitaan saya atau memang lemnya gak kuat Button dan wing lepas pas saya lagi makan di rumah dinas bupati Ridwan Mukti. langsung tinggalin meja makan lari ke kamar mandi… buang isi makanan yg ada di mulut dan mencari cari karet dan aksesori button yg lepas… dan aman! untung gak ketelen… masak udah nelen disuruh ganti:mrgreen:

dirasa-rasa rupanya tanpa button makan pun jadi lebih enak… ya udah lancar aja tambah hidangan sana sini hehehehehhe… sampe hari-hari berikutnya.

braket untuk beberapa Molar juga diganti sama bu dokter… hal ini dimaksudkan niatan bu dokter dalam pemasangan loop archwire tadi… kawat yg dibutuhkan untuk pemasangan loop lumayan gede diameternya jadi klo pake buccal tube standar gak iso masuk broo🙂 jadi digantilah sama braket yg punya lubang .dia yg lebih besar… jadinya posisi loop di M2 (gigi 6) bisa sukses di aplikasikan.

aneh-aneh emang yang dipasang dokter aku di gigi… cari cari artikel sejenis dan ternyata gak ada… wow super sekali ternyata memang jarang banget dokter masang ginian di Molar🙂

yg seharusnya 1 rahang ada 4 buccal tube… nah ini saya pake 8. ekstaordinary dah:mrgreen:

————–

berhubung di bagian krusial button dkk lepas pas hari ke-4 even… ato 6 hari setelah pemasangan… jadinya gak maksimal.

saya sempat nyesell banget gak nurutin saran dokter untuk ke SP.BM buat ngebuang M3 saya yg posisinya tidur… ato dalam dunia dokter gigi bilang “wisdom of teeth… dan saya bakal milih buat operasi tuh gigi instead pasang button lagi. percayalah! sakit di lidah kemaren sangat nyiksa banget!

————–

oh ya dokter saya kemaren juga sempat nyuruh untuk rontgen panoramic… mungkin untuk membuka wawasan gigi miring saya yg aduhai itu hehehehehehhe…. temen-temen boleh liat deh hasilnya dibawah🙂

scan panoramic

5 thoughts on “(Lanjutan post…) Catatan harian pasien dokter gigi bag. 31

  1. waah no,,masih brp lama lg nih pake behelnya??hehhe aku terakhir kontrol ke drg.ima kamis kemren,,,,kata dokter bulan depan udah bisa dilepas behelnya,,,,,,krn udh rapi semua. alhamdulillah dihitung2 cuma makan wktu 1 tahun 3 bulan (12 kali appointment),,,,sesuatu bangetttt yaa,,,,keep spirit no hahahh memang hebat dokter kita.
    oiya ni sebelum dilepas behelnya bulan depan,,dibekalin karet diameternya lbh kecil dr kelingking, trus dipakein di hook ngebentuk segitiga gitu jadinya. kt dokter harus dipake trus kecuali pas makan n sikat gigi. bikin susah ngomong nih,,,,,sangking senengnya behel mo dilepas bulan depan, jadi klupaan nanya dokter apa ya fungsinya hehehe,,,,kira2 apa yaa no fungsinya???? penasaran nih🙂

    • keknya saya lumayan lama nih mbak…😦
      ini aja mau rencanain buang wisdom of teeth saya.
      karet kecil yg mbak maksud adalah “ELASTICS” jenisnya banyak nih dan namanya unik-unik krn diambil dari hewan langka seperti parma wallaby; comodo dragon; siberian tiger dll. yg diameter dan kekerasan force nya beda beda🙂 mungkin bu dokter kita lebih mengerti coba tanya dia
      fungsinya adl mengkoreksi arah gigi/memutar gigi atau mengkoreksi gigitan (singkronisasi antar gigi rahang atas dan bawah CMIIW.
      semoga membantu:mrgreen:

  2. finally Ono memutuskan utk membuang wisdom of teeth nya …. (the right choice)
    saya puspita, masih ingat perbincangan kita setahun yang lalu tentang wisdom of teeht yg memang gak ada fungsinya sama sekali untuk peradaban manusia saat ini ? kalo sudah lupa, it’s ok never mind. bulan ini saya mulai proses pemakaian behel dan ketiga M3 saya yg tumbuh malang melintang dan gak jelas arahnya alhamdulilah sudah dioperasi jauhhhhhh sebelum proses pemasangan behel, semua itu atas anjuran dokter gigi saya setelah melihat dan mempelajari hasil foto panoramic. jadi memang sesungguhnya hal utama dan terpenting dalam proses pemakaian behel adalah FOTO PANORAMIC. utk ono semoga lancar operasi M3 nya dan ditunggu terus up date tulisannya yg sangat bermanfaat dan informatif. have a nice weekend ..

  3. Mas Omo mau tanya, saya berniat memakai behel dan seperti gigi saya ini, gigi serinya yang atas(yang utama) salah satunya ada yang mundur karena dulunya mungkin gigi susu tidak dicabut-cabut padahal gigi permanen udah nongol dan akibatnya gigi seri yang permanen tumbuh agak ke belakang. dan satunya gigi seri bawah juga seperti itu, ada 2 yang tumbuh dibelakang. apakah masih bisa dibehel? dan apakah harus ada yang dicabut? sedangkan gigi geraham kiri bawah yang dekat gigi taring punya saya itu sudah dicabut karena dulunya berlubang jadi sekarang menjadi ruang kosong. jadi behel yang jenis apa yang bisa saya pakai? terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s